Nuzulul Quran


Selasa, 08 September 2009 | 14:25

Al-QuranNuzulul Quran ( Nuzul al-Quran ) secara literal berarti turunnya Al-Quran. Nuzul berasal dari kata nazala yang secata etimologis memiliki dua pengertian. Pertama, berarti singgah atau menempati. Kedua, berarti turun atau berjalan dari atas ke bawah.

Kedua pengertian ini, menurut Syaikh Abdul ‘Adhim al-Zurqani, tidak tepat untuk diterapkan pada Al-Quran. Sebab, singgah, menempati atau turun itu hanya tepat digunakan untuk sesuatu yang bersifat material. Sedangkan Al-Quran tidaklah demikian.

Pakar ilmu Al-Quran itu memaknai kata nuzul secara majazi (konotatif) , yaitu al-I’lam (pemberitahuan). Jadi, ini berarti bahwa Allah SWT itu memberitahukan Al-Quran kepada Nabi Muhammad SAW.

Kapan Nuzulul Quran itu terjadi ? Kebanyakan tentu akan menjawab tanggal 17 Ramadhan. Mengapa 17 Ramadhan ? Ini berawal dari pendapat Ibnu Ishaq (wafat 150 H), seorang pakar tarikh Islam. Ia menyatakan bahwa ayat Al-Quran pertama kali turun adalah pada tanggal 17 Ramadhan. Ini didasarkan pada firman Allah , “…jika kamu beriman kepada Allah dan kepada apa yang kami turunkan kepada hamba Kami  (Muhammad) di hari Furqan yaitu di hari bertemunya  dua pasukan” ( QS Al- Anfal [8]: 41).

Furqan adalah pemisah antara hak dan yang batil. Yang dimaksud dengan hari Al-Furqan ialah hari  kemenangan kaum Muslimin dan kekalahan orang kafir, yaitu hari bertemunya dua pasukan di peperangan Badar

Bertemunya dua pasukan, Muslimin dan musyrikin, itu terjadi pada hari Jumat tanggal 17 Ramadhan tahun 2 H. Dan hari Furqan adalah hari ketika Al-Quran pertama kali diturunkan. Kedua hari itu sama-sama hari Jumat dan tanggal 17 Ramadhan, tapi tahunnya berbeda.

Pendapat Ibnu Ishaq ini diterima secara meluas di Indonesia. Tapi Al-Zurqani membantah pendapat ini, walau pun  ia tidak menyebutkan secara jelas tanggal berapa ayat Al-Quran itu pertama kali turun.

Ada juga yang berpendapat bahwa Nuzulul Quran itu terjadi pada tanggal 24 Ramadhan. Pendapat ini didasarkan kepada tiga buah hadits yang menyatakan tentang tanggalnya itu.

Pertama, hadits dari Watsilah bin al-Aqsa yang diriwayatkan oleh Ahmad bin Hanbal,”Lembaran-lembaran Ibrahim diturunkan pada hari pertama bulan Ramadhan. Taurat diturunkan pada hari keenam bulan Ramadhan, Injil diturunkan pada hari ketiga belas bulan Ramadhan. Sedangkan Al-Quran diturunkan pada hari kedua puluh empat bulan Ramadhan.”

Kedua, hadits dari Jabir bin Abdullah yang diriwayatkan oleh Imam Ibnu Mardawaih, Nabi SAW bersabda seperti di atas.

Ketiga, hadits dari Watsilah bin al-Aqsa yang diriwayatkan oleh Imam al-Baihaqi, Nabi SAW bersabda seperti di atas.

Hadits pertama tergolong hadits dhaif (lemah), sedangkan hadits kedua dan ketiga belum diketahui secara pasti. Tapi kalau hadits kedua dan ketiga dhaif , maka hadits pertama dapat meningkat kualitasnya menjadi hasan lighairih ( hadits baik karena dukungan eksternal), karena kelemahan Imran Abu al-Awwam pada sanad hadits pertama bukan karena ia pendusta atau fasik. Jadi secara umum hadits-hadits tersebut dapat dipakai sebagai argumen bahwa Al-Quran pertama kali diturunkan pada tanggal 24 Ramadhan.

Kapan yang sebenarnya Nuzulul Quran itu, barangkali tidak terlalu perlu untuk dipermasalahkan. Karena kewajiban kita kepada Al-Quran adalah mengimaninya, mempelajarinya, dan mengamalkannya. Yang pasti Al-Quran itu turun pada bulan Ramadhan ( QS Al-Baqarah [2] : 185 ).

Rujukan :

Yaqub, Ali Mustafa. 2001. Islam Masa Kini. Jakarta : Pustaka Firdaus

About these ads

7 Comments (+add yours?)

  1. Batavusqu
    Sep 08, 2009 @ 23:19:29

    Salam Takjim
    Jika mendengar kapan turunnya Alqur’an, ya dengan mantab saya juga menjawab 17 Romadhan, tapi ketika ditanya tahun berapa, gemetar badan saya karena baru kali ini ada penjelasan yang akurat mengenai tahun turun Al-Furqon. Saya setuju untuk tidak memperdebatkannya, yang jika dibesar-besarkan menjadi tontonan baru non muslim dan tepukan setan. Terima kasih pak Aziz yang telah membentang suatu tarikh islam kontemporer dan menjadikan wawasan khasanah islam.
    Salam Takjim Batavusqu
    ——————————————————————-

    Betul Mas, tidak perlu diperdebatkan. Yang penting keyakinan kita terhadap Al-Quran, mempelajarinya, dan secara konsisten mengamalkannya.

    Salam,
    abdaz

    Reply

  2. indra kh
    Sep 09, 2009 @ 14:11:52

    Assalamu’alaikum WR Wb.

    Salam kenal pak, baru mampir kali ini. Tulisannya bagus2.

    ——————————————————————-

    Hatur nuhun yi, atoh dianjangan ku urang Lembang. Bapak mah ieu teh pipilueun we blog-blogan teh, da teu ngarti kana IT teh. Semua berawal dari keinginan untuk bersilaturahim dan berbagi saja. Sekali lagi terima kasih. Sering-sering saja mampir.

    Mudah-mudahan ukhuwah kita berlanjut.
    Salam buat keluarga.

    abdaz

    Reply

  3. BOY
    Sep 10, 2009 @ 04:53:54

    Yang pasti 17 Ramadhan al-Quran diturunkan untuk menjadi petunjuk bagi sekalian manusia. Kita beriman kepadanya sebagai bagian dari rukun iman. Namun kebanyakan kita enggan berpegang teguh kepadanya dalam kehidupan sehari-hari sehingga al-Quran sering dijadikan buku pajangan tanpa mengamalkan isi. Seharusnya tidak demikian… :)

    —————————————————-

    Betul. Setuju. Memang Al-Quran itu untuk diimani, kemudian dipelajari, dan diamalkan dalam keseharian hidup kita. Karena Al-Quran diturunkan untuk menjadi pedoman hidup kita semua.

    Salam,

    abdaz

    Reply

  4. zacky4style
    Sep 10, 2009 @ 20:42:00

    Terima kasih sekali infonya, yang terbaik turunnya Alqur’an sangat berfaedah untuk kehidupan, yang tidak akan menyesatkan manusia kepada kehancuran. Tentang kapan dan turunnya jangan diperdebatkan, yang terpenting adalah kualitas akhlak terpuji yang terkandung didalamnya dan ilmu-ilmu yang dibawanya.

    terima kasih juga telah menambah http://silaturahmikita.wordpress.com/ kedalam blogroll dan akan dilakukan hal yang sama. salam sukses untuk anda.
    ——————————————————————–

    Betul mas, yang penting kemampuan kita untuk mengaplikasikan nilai-nilai Al-Qur’an itu dalam kehidupan sehari-hari.
    Terima kasih kembali.

    Salam,

    abdaz

    Reply

  5. atsepudin ajiz
    Oct 27, 2009 @ 14:55:10

    saya sependapat dengan mas abdaz tidak perlu di perdebat kan yang penting kita sebagai umat islam wajib mengimani dan mengamalkan al qur’an?salam kenal mas abdaz dari q asep wong indramayu

    ——————————————————————————————————

    Iya Mas, betul sekali. Salam kenal juga.
    Terima kasih.
    Salam hangat dari Cianjur

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

IP
My Popularity (by popuri.us)
Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 40 other followers

%d bloggers like this: