Halal Bihalal dan Silaturahim


Sabtu, Malam 1 Syawal 1430 H | 20:34

Halal bihalal merupakan istilah yang sudah sangat dikenal di negeri ini. Sebagian besar masyarakat kita menganggap kata-kata ini berasal dari bahasa Arab. Nikolaos Van Dam, seorang ahli sastra Arab pun mengira demikian. Ketika ia bertugas sebagai duta besar di Indonesia tahun 2005 lalu, baru mengenal istilah itu. Sebelumnya ia hanya mengenal kata halal. Ia mencari-cari dalam kamus bahasa Arab , tapi tidak menemukannya. Kata halal bihalal tentu tidak akan kita temukan di dalam kamus , juga dalam Al-Qur’an maupun dalam hadits, karena bukan bahasa Arab.

Halal bihalal merupakan kata majemuk yang terdiri dari kata halal, kata penghubung ba ( dibaca bi ) dan kata halal lagi. Halal berarti “boleh”, “diizinkan”, atau “tidak dilarang”. Bi berarti “dengan”. Ketiga kata itu berasal dari bahasa Arab. Tapi penggabungan tiga kata ini tidak dikenal dalam kosa kata bahasa Arab. Halal dengan halal, artinya saling menghapus segala hal yang dilarang, seperti dosa dan kesalahan terhadap orang lain.

Halal bihalal dimaksudkan sebagai suatu acara bermaaf-maafan setelah selesai melaksanakan puasa Ramadhan atau pada hari raya dan sesudahnya. Istilah ini memang khas Indonesia, sehingga bagi yang bukan orang Indonesia pengertiannya akan kabur, walaupun ia mengerti bahasa Arab, seperti dubes Belanda itu.

Secara etimologis kata halal berasal dari kata halla atau halala yang mempunyai berbagai bentuk dan makna sesuai dengan rangkaian kalimatnya. Menurut Quraish Shihab, makna-makna tersebut antara lain adalah”menyelesaikan problem atau kesulitan”; ”meluruskan benang kusut”; mencairkan yang membeku”, atau “melepaskan ikatan yang membelenggu”.

Dengan demikian bisa kita pahami kata halal bihalal ini dimaksudkan sebagai keinginan adanya sesuatu yang mengubah hubungan kita dari yang tadinya keruh menjadi jernih, dari yang beku menjadi cair, dan dari yang terikat menjadi terlepas atau bebas.

Walau pun istilah halal bihalal itu khas Indonesia dan tidak ada pada zaman Nabi saw, namun bukan berarti pada masa itu tidak ada ungkapan silaturahim. Hanya pada waktu itu tidak ada acara seremonial yang khusus untuk silaturahim.

Watsilah, seorang sahabat Nabi, menuturkan, ketika ia bertemu Nabi saw pada hari raya, ia berkata,”Taqabbalallahu minna wa minka” (Semoga Allah menerima ibadah kami dan anda ). Nabi saw kemudian menjawab,”Na’am, taqabbalallahu minna wa minka” ( Ya, semoga Allah menerima ibadah kami dan anda ). Ucapan ini merupakan salah satu bentuk ungkapan silaturahim, karena saling mendoakan.

Para sahabat Nabi pada hari raya apabila bertemu juga mengucapkan kata-kata itu. Kata minka ( dari anda ) merupakan bentuk tunggal, sedang bentuk jamaknya adalah minkum. Dalam bahasa Arab bentuk jamak sering digunakan sebagai penghormatan kepada lawan bicara, seperti ucapan Assalamu’laikum, walaupun diucapkan hanya kepada satu orang.

Kata silaturahim merupakan kata majemuk yang berasal dari kata-kata Arab, shilat dan rahim . Shilat berarti “menyambung”, ”menjalin” atau “menghimpun”. Sedangkan kata rahim berarti “kasih sayang”, kemudian pengertian kata ini berkembang sehingga berarti “kandungan”, karena anak yang dikandung selalu mendapatkan curahan kasih sayang.

Dengan demikian silaturahim ini dapat dipahami sebagai suatu bentuk sikap atau perilaku yang bisa menjalin dan mempererat rasa kasih sayang di antara kita.

Ada istilah lain yang sering digunakan masyarakat kita yaitu silaturahmi. Banyak yang menyebut istilah ini salah, yang benar silaturahim. Tetapi kata serapan dari suatu bahasa tidak selalu harus sama persis dengan bahasa aslinya. Kita mengerti kalau ada yang mengatakan silaturahmi berarti maksudnya adalah silaturahim.Bahkan banyak kata dari bahasa Arab berbentuk jamak tapi dalam bahasa Indonesia berarti tunggal, seperti kata “ulama” dalam bahasa kita berbentuk tunggal. Pada hal aslinya jamak, bentuk tunggalnya “alim”, tapi kata ini artinya berubah. Kuliah dalam bahasa kita sama dengan lecture, sedangkan dalam bahasa Arab kuliyyah itu berarti fakultas.

Mungkin kata serapan bahasa Indonesia yang berasal dari bahasa Arab itu paling banyak, dalam Pancasila saja ada enam kata serapan dari bahasa Arab. Dengan demikian tidak mungkin harus selalu mengikuti secara persis bahasa aslinya.

Jadi kalau kita menggunakan kata silaturahmi sebenarnya boleh-boleh saja. Atau semua kata serapan dari bahasa Arab harus dikembalikan seperti bahasa aslinya ? Tentu tidak mungkin.

Mengenai istilah silaturahmi ini ada satu hal yang menarik. Menurut Prof. Ahmad Mansur Suryanegara, sejarawan dari Unpad, kata silaturahmi ini semula dipopulerkan oleh aktivis-aktivis HMI. Tahu kenapa ? Karena tiga huruf terakhirnya adalah HMI.

HAPPY EID AL-FITR TO EVERYONE !

About these ads

46 Comments (+add yours?)

  1. Hafid Algristian
    Sep 19, 2009 @ 20:55:32

    mungkin perlu disoroti tentang asal kata lalu proses asimilasinya, pak?
    hehe..

    hatta, taqabbalallau minna wa minka ;)
    salam buat keluarga, ya..

    ——————————————————————-
    >>> Betul, tapi sayang saya tidak punya referensi untuk itu .
    Taqabbalallahu minna wa minkum. Mohon maaf lahir batin.
    Terima kasih
    Salam juga buat keluarga

    Reply

    • KangBoed
      Sep 20, 2009 @ 09:53:05

      Satu kata yang tiada tergantikan
      Kata MAAF nan tulus dan ikhlas
      Keluar dari lubuk hati terdalam
      Terselip khilaf dalam candaku,
      Tergores luka dalam tawaku,
      Terbelit pilu dalam tingkahku,
      Tersinggung rasa dalam bicaraku.
      Buruk laku tindak tandukku
      Hanya Harap dan MAAF terucap
      Mudah mudahan esok lebih baik
      Saat Hari Kemenangan telah tiba,
      Semoga diampuni salah dan dosa.
      Mari bersama bersihkan diri,
      Murnikan Jiwa dalam genggamanNYA
      sucikan keping hati di hari nan Fitri.
      Selamat Hari Raya Idul Fitri 1430 H
      Taqoba lallahu minnaa wa minkum
      Shiyamanaa wa shiyamakum
      Minal ‘aidin wal faizin
      Mohon maaf lahir dan batin

      Dari :
      “Kang Boed Sekeluarga”

      Salam Cinta Damai dan Kasih Sayang
      ‘tuk Sahabat Sahabatku terchayaaaaaaaank
      I Love U fuuulllllllllllllllllll

      —————————————————————–

      >>> Dengan hati yang setulus-tulusnya, saya pun dan keluarga mohon maaf yang sebesar-besarnya. Mungkin ada kata-kata yang kurang merenah yang pernah saya tulis, tapi semua itu sama sekali tidak ada unsur kesengajaan, semata-mata karena ketidakmampuan saya dalam merangkai kata.

      Mudah-mudahan segala amal kita diterima Allah swt. dan noda yang ada dalam diri kembali bersih.

      Salam buat seluruh keluarga

      Reply

  2. zipoer7
    Sep 19, 2009 @ 22:09:13

    الله أكبرالله أكبرالله أكبرالله أكبرالله أكبرالله أكبرالله أكبرالله أكبرالله أكبرالله أكبرالله أكبرالله أكبرالله أكبرالله أكبر
    ..
    Allahuakbar 3x
    Lailahaillallohhu wallohu akbar
    Allahuakbar walillahilhamd
    ..
    Gemuruh takbir berkumandang di penjuru negeri, tanda hari raya akan tiba
    Bila ada salah kata mohon dilepaskan bila ada tutur yang ngawur mohon dilebur.
    Seluruh umat islam bermuhasabah dengan tetap berharap rindu akan RamadhonMu Ya Robb yang maha Menghidupkan lagi Maha Mematikan
    ..
    Salam Takzim 1430H

    الله أكبرالله أكبرالله أكبرالله أكبرالله أكبرالله أكبرالله أكبرالله أكبرالله أكبرالله أكبرالله أكبرالله أكبرالله أكبرالله أكبر

    ——————————————————————-

    >>> Allahu akbar wa lillahil hamd
    Sekali lagi saya pun mohon maaf bila ada hal-hal yang tidak berkenan. Sejak awal ngeblog sudah diniatkan untuk menjalin ukhuwah dan silaturahim, serta untuk berbagi . Dan saya harap itu tetap terjaga dengan baik.

    Salam untuk keluarga

    Reply

  3. richocean
    Sep 19, 2009 @ 23:50:55

    setuju … :)

    Taqabbalallahu Minna Wa Minkum Wa Ja’alanallahu Minal ‘Aidin Wal Faizin

    Baru gempa lebaran di Bali
    -http://richocean.wordpress.com/2009/09/19/gempa-lebaran-1430h-balijawasumatra/

    Hati2 gempa saat lebaran:
    -http://richocean.wordpress.com/2009/09/17/hati-hati-gempa-lebaran-1430h-sumatra-jawa/

    Yang mau tahu kondisi live jalan lewat kamera dari jalan mudik boleh mampir ke sini
    -http://richocean.wordpress.com/2009/09/19/video-live-h-1-malam-situasi-jalan-lebaran-idul-fitri-1430h-jalur-utara-selatan-jawa-merak/
    -http://richocean.wordpress.com/2009/09/19/video-live-h-1-malam-situasi-jalan-lebaran-idul-fitri-1430h-jawa-tengah-solo/

    Yang mau mudik naik mobil pribadi boleh mampir ke blog saya
    -http://richocean.wordpress.com/2009/09/15/tips-mudik-mobil-pribadi-bandung-malang-lewat-jalur-tengah-jawa/

    Buat rekan2 yang mau berikirim2 ucapan Idul Fitri, boleh mampir ke tempat saya,
    -http://richocean.wordpress.com/2009/09/14/kirim-sekarang-ucapan-idul-fitri-anda/

    atau jika sempat main ke blog saya ttg wisata alam:
    -http://richmountain.wordpress.com/wisata/rizqi-firdaus-agro-wana-widya-wisata-1/

    salam kenal :lol:

    —————————————————————-

    >>> Selamat Idul Fitri 1430 H. Mohon maaf lahir dan batin
    Taqabbalallahu minna wa minkum.
    Salam buat keluarga

    abdaz & keluarga

    Reply

  4. kawanlama95
    Sep 20, 2009 @ 01:16:12

    ibarat kate mah biar cair gitu ya pak Jadi normal lagi kan kalo udah gini jadi enak dah berhubungan lagi. iyakan pak

    Dimalam dingin yang merabah pagi aku ingin katakan kepadamu sahabat yang kucintai
    Selamat Hari Raya Idul Fitri 1430 H, Mohon Maaf Lahir Dan Batin
    “Taqabbalallahu minnaa wa minkum. Taqabbalallahu yaa kariim. Waja’alnallah. Wa iyyakum minal ‘aidiin wal faa iziin..
    Selamat Hari Raya Idul Fitri, Mohon Maaf Lahir Dan Batin”

    Amir azzam

    ===================================================

    Ditunggu kedatangannya untuk silahturahim

    —————————————————————–

    >>> Kami sekeluarga mengucapkan SELAMAT IDUL FITRI 1430 H.
    Mohon maaf yang sebesar-besarnya bila ada kata-kata yang tidak berkenan selama ini. Mudah-mudahan kita bisa mencapai tujuan puasa sebagaimana yang ditetapkan-Nya, yaitu menjadi manusia yang bertakwa. Amin.

    Salam buat selruh keluarga
    abdaz & keluarga

    Reply

  5. alamendah
    Sep 20, 2009 @ 02:00:23

    Selamat idul fitri.
    Semoga kita semua keluar sebagai pemenang setelah sebulan penuh menjalankan ibadah puasa.
    Mohon maaf jika selama ini ada salah dan khilaf.
    Taqobballahu minna wa minkum Wa ja’alana minal aidin wal faidzin

    ——————————————————————-
    >>> Saya sekeluarga juga mengucapkan Selamat Idul Fitri 1430 H.
    Mohon maaf bila ada hal-hal yang tidak berkenan di hati.
    Semoga ibadah kita diterima diterima Allah swt. dan senantiasa dalam Ridha-Nya . Amin

    Salam buat keluarga

    Reply

  6. myimajination
    Sep 20, 2009 @ 04:42:25

    Selamat Hari Raya Idul Fitri Minalaidzin Walfaidzin Mhon Maaf Lahir Batin.

    Regard:Noer &klrg(myimajination)
    http://myimajination.wordpress.com,
    dan yg mau bisnis dapat pasif income silahkan kunjungi dan daftar disini
    http://mauduit.42y.biz

    ——————————————————————

    >>> Sama-sama mbak, saya pun mohon maaf lahir batin.
    SELAMAT HARI RAYA IDUL FITRI 1430 H
    Taqabbalallahu minna wa minkum.

    Salam buat keluarga

    Reply

  7. dedekusn
    Sep 20, 2009 @ 05:25:17

    Selamat idul Fitri, sebelum shalat Ied nyempatkeun kapalih dieu…
    Selamat Hari Raya Idul Fitri 1430 H, Mohon Maaf Lahir Dan Batin
    “Taqabbalallahu minnaa wa minkum. Taqabbalallahu yaa kariim. Waja’alnallah. Wa iyyakum minal ‘aidiin wal faa iziin..
    Nedapangapunten sadaya kalepatan…

    Salam untuk keluarga di Cianjur!

    —————————————————————-

    >>> Wilujeng Boboran Shiyam 1430 H.
    Sim kuring sakulawarga neda dihapunten pisan. Maklum hoyong tulas-tulis bari teu diajar heula, tungtungna mah dina kekecapan ge teu pararuguh. Padahal ti dituna mah ngeblog teh keur ngaraketkeun silaturahim.
    Mudah-mudahan tujuan puasa ku urang tiasa kahontal saeutik-eutikeun mah.
    Nuhun tos ngahaja nyimpang heula.

    Salam ka sadaya kulawarga di Ciamis

    Reply

  8. Trackback: Malem Takbiran « Kopral Cepot
  9. balisugar.com
    Sep 20, 2009 @ 09:04:38

    Punten. Nyuhunkeun dihapunten sagala kalepatan

    Silaturahmi kepada semua teman-teman

    Minal Aidin Wal Faizin, Mohon maaf lahir bathin

    —————————————————————-

    >>> Wilujeng Boboran Shiyam 1430 H. Neda dihapunten samudaya kalepatan.
    Taqabbalallahu minna wa minkum.

    Salam buat keluraga,
    abdaz

    Reply

  10. KangBoed
    Sep 20, 2009 @ 09:55:37

    Lebaran telah tiba !!!..

    Sebulan sudah kita jalani Ramadhan bersama
    Malam penghujung hari yang indah ini
    Genderang Perang sudah di tabuh.
    Pekik Kemenangan dikumandangkan
    Alunan Nada Pengagungan dinyanyikan
    Suara Riang Gembira berkeliling kota
    Ramadhan dengan segala perniknya telah kita lewati bersama

    “Demi Masa sesungguhnya manusia itu merugi”

    Mudah mudahan Jerit kemenangan ada dalam diri kita semua
    Sebab tiadalah semua ini kecuali kembali kepada Fitrah Diri
    Mari bersama kita saling mensucikan diri menuju Illahi Robby
    Membersihkan diri melangkah menemukan diri sebenar diri
    Mulai menghampiri DIA tulus ikhlas karena CINTA
    Meraih keselarasan diri dalam Ketenangan Jiwa
    Bebenah dan jadikan momentum kemenangan ini
    Menjadi Manusia seutuhnya meliputi lahir bathin
    Dahulu datang putih suci bersih
    Mudah mudahan kembali suci putih bersih
    Tiada kata yang terungkap lagi
    Mari kita bersama menyambut hari yang FITRI
    Selamat Hari Raya Idul Fitri 1430 H
    Taqoba lallahu minnaa wa minkum
    Shiyamanaa wa shiyamakum
    Minal ‘aidin wal faizin
    Mohon maaf lahir dan batin

    Dari :
    ” Kang Boed Sekeluarga “

    Salam Cinta Damai dan Kasih Sayang
    ‘tuk Sahabat Sahabatku terchayaaaaaaaank

    I Love U fuuulllllllllllllllllll

    ————————————————————-

    >>> Semoga kita semua kembali fitri. Amal ibadah kita diterima Allah swt., dan puasa kita sampai tujuannya, yaitu menjadi manusia yang bertakwa.
    Saya sekeluarga mohon maaf lahir dan batin.
    Salam buat seluruh keluaraga.

    Reply

  11. ruanghatiberbagi
    Sep 20, 2009 @ 12:15:52

    Ngaturaken sedaya kelepatan ing riyadin niki mugi-mugi Gusti Allah maringi barokah lan rahmanipun. Mangga kita lalekake ingkang sampun kalawingi.. ya intine ngunu lah.
    Jika jiwa sebening air, maka jangan keruhkan. Jika hati seputih awan, jangan mendungkan. Raih kemenangan dengan saling memaafkan. Selamat Idul Fitri 1 Syawal 1430 H. Mohon Maaf Lahir dan Batin

    ——————————————————————-
    >>> Selamat Idul Fitri 1430 H. Mohon maaf lahir dan batin.
    Mudah-mudahan airnya bening kembali dan awan tak mendung lagi.
    Semoga kita dapat sampai di tujuan dari puasa kita, yaitu ketakwaan.
    Amin.

    Salam buat kelurga,

    abdaz

    Reply

  12. Blogger Indonesia Menulis
    Sep 20, 2009 @ 14:50:04

    Salam kemenangan, salam kenal, salam kunjungan sambil istirahat, salam persahabat dan salam tukeran link yuk sahabat…

    ——————————————————————

    >>> Terima kasih sudah mampir, salam kenal.
    SELAMAT IDUL FITRI 1430 H . Mohon maaf lahir dan batin.
    OK saya link.

    Salam buat keluarga,
    abdaz

    Reply

  13. kawanlama95
    Sep 21, 2009 @ 06:06:20

    Di pagi aku ingin katakan kepadamu sahabat yang kucintai
    Selamat Hari Raya Idul Fitri 1430 H, Mohon Maaf Lahir Dan Batin
    “Taqabbalallahu minnaa wa minkum. Taqabbalallahu yaa kariim. Waja’alnallah. Wa iyyakum minal ‘aidiin wal faa iziin..
    Selamat Hari Raya Idul Fitri, Mohon Maaf Lahir Dan Batin”

    Amir azzam

    ==================================================
    Ditunggu kedatangannya untuk silahturahim
    wah keluarga dari ciseupan udah dateng ke Abdi

    —————————————————————

    >>> Selamat Idul Fitri 1430 H. Mohon maaf bila selama ini ada kata yang kurang pas di hati. Taqabbalallahu minna wa minkum.

    Ciseupan mana ? Cianjur ?

    Salam buat seluruh keluarga,
    abdaz & keluarga

    Reply

  14. andif
    Sep 21, 2009 @ 07:27:38

    Selamat Hari raya lebaran 1430H
    Taqabalallahu minna wa minkum
    Mohon maaf lahir dan bathin
    —————————————————————–

    >>> Somoga puasa yang baru kita selesaikan bisa mengantarkan kita ke tujuan yang telah ditetapkan-Nya : Ketakwaan.
    Selamat Hari Raya Idul; Fitri . Mohon maaf lahir dan batin.

    Salam untuk seluruh keluarga

    Reply

  15. digituck
    Sep 21, 2009 @ 08:41:57

    Ketupat udah dipotong
    Opor udah dibikin
    Nastar udah dimeja
    Kacang udah digaremin
    Gak afdhol kalo gak Minal Aidin wal Faizin
    Taqobalallahu minna wa minkum

    Selamat idul fitri 1430 H

    —————————————————————-

    >>> Salamat Idul Fitri 1430 H. Mohon maaf lahir dan batin.
    Terima kasih sudah mampir, tapi kok cuma sebentar, ketupat opornya lagi disiapkan.

    Salam buat keluarga,
    abdaz

    Reply

  16. Berry Devanda
    Sep 21, 2009 @ 09:41:03

    happy lebaran sobat…
    moga kembali suci…
    salam

    ——————————————————————-
    >>> Selamat Hari Raya Idul Fitri. Maaf lahir dan batin.
    Terima kasih sudah mampir di sini.

    Salam buat keluarga

    Reply

  17. حَنِيفًا
    Sep 21, 2009 @ 09:53:41

    Assalamu’alaikum,
    Minal Aidzin Wal Fa’idzin @Kang Abdul Aziz .
    Terima kasih teh manisnya :D

    Salam hangat selalu saudaraku.

    ——————————————————————
    >>> Wa’alaikumussalam,

    Taqabbalallahu minna wa minkum.
    Jangan cepat-cepat pulang, ketupatnya lagi disiapkan.
    Terima kasih kunjungannya, sayang tidak bawa parsel.

    Salam buat seluruh keluarga,
    abdaz & keluarga

    Reply

  18. Fatima
    Sep 21, 2009 @ 10:35:46

    Selamat Hari Raya Idul Fitri 1430 H
    Taqobballallahu minna wa minkum, Syiamana wa syiamakum
    Minal aidin wal faizin

    baru sempat buka internet :)

    —————————————————————–

    >>> Selamat Hari raya Idul Fitri 1430 H. Mohon maaf lahir dan batin.
    Terima kasih atas kunjungannya. Semoga Rumah Belanjanya semakin sukses.

    Salam buat keluarga

    Reply

  19. حَنِيفًا
    Sep 21, 2009 @ 10:57:32

    Jangan cepat-cepat pulang, ketupatnya lagi disiapkan.
    ____________________________________________
    Alhamdulillah
    Duhhh… jadi ngerepotin – padahal perut emang laper :D

    Terima kasih kunjungannya, sayang tidak bawa parsel.
    ____________________________________________
    Parselnya dibongkar anak-anak tadi dijalan. :(

    Reply

    • Abdul Aziz
      Sep 21, 2009 @ 11:01:48

      Ari Akang teh di mana ? Di Kuningan ?
      Insya Allah engke dikintunkaeun lewat email.
      Antosan we.
      Nuhun

      Reply

      • حَنِيفًا
        Sep 21, 2009 @ 11:18:14

        Cobi we titip via @Kang Kopral Cepot… (perkawis email.) :D

        Hatur tengkiu, @Kang, sateuacana
        ——————————————————————-
        >>> Ari Kang Cepot urang mana deuih ?
        Upami pendak ge tos seep panginten.
        Punten ah masih lebaran.

  20. sawali tuhusetya
    Sep 21, 2009 @ 11:18:38

    selamat idul fitri juga, mas azis, mohon dimaafkan segala salah dan khilaf saya selama ini, semoga idul fitri kali ini benar2 mampu membawa kita kembali kepada fitrah-Nya, amiin.

    ——————————————————————
    >>> Mohon dimaafkan Pak, kalau tulisan-tulisan saya banyak yang kurang berkenan. Walau bermaksud baik tapi bila merangkai kata kurang tepat bisa terjadi hal-hal yang tidak diharapkan.

    Mudah-mudahan kita bisa mencapai tujuan puasa itu sendiri, menjadi orang yang takwa. Amin.
    Terima kasih

    Salam buat keluarga

    Reply

  21. Ahmad Farisi
    Sep 21, 2009 @ 11:30:06

    Assalamu ‘alaykum… pak Abdul Aziz, apa kabar? dengan tulus ikhlas saya ucapkan SELAMAT HARI RAYA IDUL FITRI 1430 H. Mohon maaf lahir dan batin. Taqabbalallohu minna wa minkum. Kullu am wa antum bikhairin. Maaf baru sempat berkunjung lg.

    ——————————————————————-

    Wa’alaikumussalam,
    Alhamdu lillah baik-baik saja. Mohon maaf ya bila selama ini banyak hal yang kurang pada tempatnya. Mudah-mudahan Allah menerima ibadah kita. Amin.

    Mas mudik atau masih di Qohirah ?
    Salam buat keluarga.

    Reply

  22. boyin
    Sep 21, 2009 @ 11:41:30

    Salam kenal pak dan selamat hari raya Idul Fitri 1430H. Mohon maaf lahir dan batin

    ————————————————————

    Terima kasih mas, sudah mampir.
    Salam kenal dan selamat idul fitri. Mohon maaf lahir dan bati

    Salam buat keluarga

    Reply

  23. deni
    Sep 21, 2009 @ 14:03:48

    Selamat berbahgia di hari raya

    ———————————————————————

    Alhamdulillah Pak, insya Allah berbahagia.
    Kebahagiaan hanya bisa diperoleh dengan rasa syukur dan keikhlasan.
    Selamat Idul Fitri. Mohon maaf.

    Salam buat keluarga.

    Reply

  24. Lambang
    Sep 21, 2009 @ 20:13:06

    Selamat Hari Raya Idul Fitri juga mas.
    Mohon maaf lahir dan batin.
    Salam Persabahatan.
    ——————————————————————-

    Terima kasih Mas sudah mampir.
    Semoga pershabatan kita berlanjut
    Salam

    Reply

  25. dedekusn
    Sep 21, 2009 @ 20:44:16

    Wilujeng wengi kang!
    —————————————————————-

    Wilujeng bobo !

    Reply

  26. ILYAS AFSOH
    Sep 21, 2009 @ 22:13:05

    Masyaallah la quwwata

    ————————————————————-

    Terima kasih atas kunjungannya.
    Salam.

    Reply

  27. bundadontworry
    Sep 22, 2009 @ 09:12:43

    assalamu’alaikum wr.wb.
    Saya pribadi dan keluarga mohon maaf lahir dan bathin,
    atas segala kata2 yg kurang berkenan dlm komentar maupun posting.
    Selamat Hari Raya Idul Fitri 1430 H.
    Salam hormat utk keluarga.
    Salam.

    —————————————————————–

    Wa’alaikumussalam,
    Sama-sama Bu, saya pun walau tanpa bermaksud yang tidak-tidak, tapi mungkin merangkai kata yang kurang tepat bisa berakibat yang kurang baik, mohon dimaafkan.

    Selamat Idul Fitri 1430 H. Taqabbalallahu minna wa minkum.
    Salam buat seluruh keluarga.

    Reply

  28. zacky4style
    Sep 22, 2009 @ 11:25:10

    assalamu’alaikum wr.wb.
    berkunjung dan bersilaturahim dan mengucapkan Selamat Hari Raya Idul Fitri 1430 H mohon maaf lahir dan bathin kepada sahabat muslim memperindah suasana lebaran menjadi bermakna, semoga lindungan dan barokah tercurah membawa kebaikan bagi kita semua beserta keluarga.
    Terima kasih telah memberikan definisi yang baik untuk memberi pengertian yang bermakna, semoga rasa khilaf, alfa maupun kekeliruan dapat diperbaiki meski dengan kekurangan seseorang termaafkan dengan hati lapang dan berarah damai bagi sesama.
    http://silaturahmikita.wordpress.com/ dan keluarga juga meminta maaf dan mengucapkan Selamat Hari Raya Idul Fitri 1430 H mohon maaf lahir dan bathin.

    —————————————————————

    Wa’alaikumussalam,
    Terima kasih atas kunjungan silaturahimnya, mohon maaf atas segala kekhilafan dan semoga ukhuwah kita berlanjut.

    Salam buat keluarga.

    Reply

  29. arkasala
    Sep 22, 2009 @ 12:08:51

    Demikian pula saya mengucapkan Selamat Hari Raya Idul Fitri
    Taqobbalallohu minna waminkum.
    Mohon maaaf lahir dan batin.*

    ——————————————————————

    Sami-sami Kang. Hapunten nya samudaya kalepatan.
    Taqbbalallahu minna wa minkum.

    Salam buat keluarga

    Reply

  30. antokoe
    Sep 22, 2009 @ 14:42:51

    Pernah salah tulis, salah kutip atau salah dalam berkomentar, dibukakan keikhlasan untuk memaafkan semua kesalahan yang telah dibuat.
    Selamat Idul Fitri 1430H

    ——————————————————————

    >>> sama-sama Mas, mohon maaf yang sebesar-besarnya atas segala kekhilafan. Terima kasih sudah mampir di sini.
    Selamat Idul Fitri 1430 H.

    Salam buat keluarga

    Reply

  31. bluethunderheart
    Sep 22, 2009 @ 15:04:39

    met Leb@r4n ya bang
    salam hangat selalu

    ——————————————————————-

    >>> Selamat juga blue. Mohon maaf ya, pernah menyangka blue ini lelaki. Pakai nama thunder sih.

    Salam buat seluruh keluarga

    Reply

  32. jalandakwahbersama
    Sep 22, 2009 @ 17:35:37

    Assalamu’alaikum,
    Pak Abdul Aziz, Untuk lisan yang mungkin telah salah berucap, untuk prasangka yang kadang timbul dihati. Untuk komentar yang kurang berkenan yang mungkin pernah saya berikan, dengan setulus hati, saya mohon di maafkan lahir batin. Saya dan keluarga mengucapkan, Selamat Idul Fitri, 1 Syawal 1430 H. (Dewi Yana)

    ——————————————————————–

    >>> Wa’alaikumussalam,

    Sama-sama Bu, saya pun mohon maaf bila ada kata yang kurang nyaman di hati. Maklum masih kesulitan merangkai kata sehingga mungkin menimbulkan kesan yang kurang baik.
    Selamat Idul Fitri 1430 H.

    Salam untuk seluruh keluarga.

    Reply

  33. Saung Web
    Sep 22, 2009 @ 17:43:42

    Ass.wr.wb..
    Allahu Akbar walillahilhamdu … sama-sama sobat…
    Alhamdulillah.. takbir & tahmid telah bergema. Ramadhan
    tahun ini usai sudah … semoga kita diberi kesempatan untuk bertemu dan berpuasa kembali di ramadhan tahun depan.. amin..
    Selamat Hari Raya Idul Fitri 1430 H, Taqabbalallahu Minna Wa Minkum Shiyamana Wa Shiyamakum. Mohon maaf lahir dan batin ..

    —————————————————————–

    >>> Wa’alaikumusslam,
    Terima kasih Pak atas kunjungannya.
    Selamat Idul Fitri, mohon maaf lahir batin.
    Semoga silaturahim kita berlanjut.

    Salam buat keluarga.

    Reply

  34. Trackback: Lalawuh lebaran « Kopral Cepot
  35. m4stono
    Sep 22, 2009 @ 20:08:32

    kunjungan balik mas…..blognya bermanfaat sekali isinya….semoga kita bisa memperkuat ukhuwah islamiyah diantara semsama……

    ——————————————————————

    >>> Terima kasih mas, kapan-kapan saya datang lagi. Tadi belum banyak baca-baca.
    Semoga ukhuwah kita tidak terputus sampai di sini.

    Salam buat keluarga.

    Reply

  36. agnes sekar
    Sep 23, 2009 @ 05:53:21

    Wilujeung boboran Syiam 1430 H,
    Sim kuring sakaluarga nyuhubnkeun dihapunteun , bilih aya kalepatan tina tulisan, Silaturahmi ka para blogger anu setia linggih ka Blogna abdi. Taqabbalallahu Minaa Waminkum, Haturnuhun kasadayana.

    Regards, agnes sekar
    ——————————————————————

    >>> Sami-sami Bu, abdi ge sakulawarga neda dihapunten tina sagala rupi kalepatan. Mudah-mudahan silaturahmi urang teu pegat-pegat.
    Hatur nuhun pisan Bu. Insya Allah upami aya waktos, abdi hoyong sering-sering nepangan Ibu, seueur pisan elmu pulunganeun.

    Salam ka sadayana,
    abdaz

    Reply

  37. Abi
    Sep 23, 2009 @ 08:02:22

    Assallam Alaykum Minal Aidin Wal Faidzin Mohon Maaf Lahir Batin :)

    ——————————————————————

    >>> Wa’alaykumussalam,
    Taqabbalallahu minna wa minkum. Saya juga mohon dimaafkan bila ada sesuatu yang kurang berkenan.
    Terima kasih sudah mampir di sini.

    Salam buat keluarga,
    abdaz

    Reply

  38. isnuansa
    Sep 23, 2009 @ 12:05:38

    Berkunjung…
    Masih dalam suasana Lebaran, mohon maaf lahir dan batin ya…

    ——————————————————————-

    Terima kasih Mbak sudah sudi mampir ke sini. Saya juga mohn dimaafkan kalau ada sesuatu yang tidak bekenan.

    Salam buat keluarga.

    Reply

  39. Munawar AM
    Sep 23, 2009 @ 12:21:05

    Blog ini ramai kunjungannya;
    mudah-mudahan membawa kebaikan dan kemaslahatan buat semua pengunjung. terima kasih sudah berkunjung ke blog saya;

    —————————————————————

    Terima kasih Pak, blog yang apa adanya ini mudah-mudahan dapat memberikan sesuatu yang mermanfaat bagi umat.

    Salam buat keluarga,
    abdaz

    Reply

  40. julidf
    Sep 29, 2009 @ 08:30:16

    Pak Azis, walau terlambat saya mengucapkan Minal Aidzin Walfaidzin, Mohon Maaf Lahir & Bathin…

    Salam untuk semua keluarga besar…

    —————————————————————–

    Sama-sama, saya pun mohon maaf atas segala hal yang mungkin kurang berkenan.

    Terima kasih.
    Salam buat seluruh keluarga

    Reply

  41. JimmyBean
    Oct 01, 2009 @ 18:14:34

    I don’t know If I said it already but …I’m so glad I found this site…Keep up the good work I read a lot of blogs on a daily basis and for the most part, people lack substance but, I just wanted to make a quick comment to say GREAT blog. Thanks, :)

    A definite great read..Jim Bean

    —————————————————————–

    Thanks for your visit and comment.
    Regards,
    abdaz

    Reply

  42. Trackback: Mudik, Mencari Kembali Jatidiri « Islam 4 All

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

IP
My Popularity (by popuri.us)
Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 39 other followers

%d bloggers like this: