Populasi Muslim Dunia ( Part 2 ) : Muslim Sebagai Mayoritas dan Minoritas


Senin, 26 Oktober 2009 | 23:48

cov01a-islamonline.netSebaran populasi Muslim dunia tidak terkonsentrasi  di    kawasan   ( region )  tertentu.  Pew Forum, dalam laporan setebal 62 halaman itu, tidak menyebutkan apakah ada suatu negara yang tidak terdapat penduduk Muslimnya. Vatican City , misalnya, di dalam laporan itu tidak disebutkan berapa jumlah Muslimnya, tapi persentasenya kurang dari 0,1% ( World Religion Database, 2005 ). Jadi di sana pun terdapat warga Muslim, walau sekecil apa pun jumlahnya .

Kawasan dengan jumlah populasi Muslim terbesar terdapat di negara-negara Asia-Pasifik. Menurut estimasi tahun ini sebesar 972.537.000 jiwa, 24,1% dari jumlah penduduk di kawasan ini, atau 61,9% dari populasi Muslim dunia.

Sementara itu, Timur Tengah dan Afrika Utara, yang sebagian besarnya termasuk dalam kawasan Dunia Arab, terdapat 315.322.000 warga Muslim. Persentasenya sangat tinggi, yaitu 91,2% dari jumlah penduduknya, tapi hanya 20,1% dari total populasi Muslim dunia.

Negara-negara di kawasan Sub-Sahara Afrika memiliki jumlah penduduk Muslim yang sangat besar juga. Kawasan ini berpenduduk 240.632.000 umat islam, 30,1% dari keseluruhan penduduknya, atau 15,3% dari populasi Muslim dunia.  Sedangkan negara-negara Eropa yang sering dipersepsikan sebagai negara-negara yang Muslimnya sedikit, ternyata memiliki jumlah warga Muslim yang cukup besar. Di kawasan ini tinggal 38.112.000 warga Muslim, atau 5,2% penduduk Eropa adalah Muslim. Dengan jumlah sebanyak itu, di Eropa tinggal 2,4% dari keseluruhan populasi Muslim di muka bumi ini.

Benua Amerika merupakan kawasan yang paling sedikit populasi Muslimnya. Jumlah Muslim keseluruhan di kawasan ini sebesar 4.596.000 jiwa. Hanya 0,5% penduduk kawasan ini yang beragama Islam, dan 0,3% dari total penduduk Muslim di  dunia ini. Amerika Serikat  memiliki jumlah Muslim terbesar di benua ini yaitu 2.454.000, tapi persentasenya hanya 0,8% saja. Suriname memiliki persentase terbesar, yaitu 15,9%. Namun penduduk Muslim Suriname ini hanya 83.000 jiwa.

Dari 1.571.198.000 populasi Muslim di muka bumi ini, 80%-nya tinggal di negara-negara yang penduduknya mayoritas Muslim. Sedangkan , dengan jumlah yang cukup signifikan, sisanya ( 20%) tinggal sebagai warga minoritas di negaranya. Diperkirakan sekitar 317 juta umat Muslim tinggal sebagai minoritas, dan sekitar 240 juta tinggal di lima negara , yaitu India ( 161 juta ), Ethiopia ( 28 juta ), China ( 22 juta ),  Russia  ( 16 juta ) dan Tanzania  ( 13 juta ). Dua dari sepuluh negara dengan jumlah Muslim terbesar tinggal sebagai warga minoritas di Eropa, yaitu Russia (  16 juta )  dan  Jerman ( 4 juta ).

Ada juga negara yang Muslimnya minoritas , tapi populasinya sangat besar. India, misalnya, negara yang mayoritas penduduknya Hindu, memiliki populasi Muslim terbesar ke tiga di dunia. Populasi Muslim Ethiopia sebesar Afghanistan, 28 juta jiwa. China memiliki umat Muslim lebih besar dari Syria. Sementara itu, di Russia tinggal warga Muslim dengan jumlah lebih besar dari Jordan dan Libya digabungkan. Sedangkan Jerman memiliki penduduk Muslim lebih besar dari Lebanon.

Negara-negara dengan jumlah umat Muslim yang besar tapi merupakan warga  minoritas adalah India ( 160.945.000 ),  Ethiopia ( 28.063.000 ),  China   21.667.000 ), Russia    ( 16.482.000 ),  Tanzania ( 13.218.000 ),  Ivory Coast ( 7.745.000 ), Mozambique ( 5.224.000 ),  Philippines ( 4.654.000 ),  Jerman ( 4.026.000 ),  dan Uganda ( 3.958.000 ).

Dari 232 negara dan wilayah yang tercakup dalam penelitian ini, terdapat 50 negara mayoritas Muslim. Tapi dari semua itu, lebih 62% memiliki populasi Muslim lebih kecil daripada populasi Muslim Russia atau China.

Kawasan  Timur Tengah dan Afrika Utara merupakan negara-negara mayoritas Muslim dengan pesentase tertinggi dibandingkan dengan kawasan lain. Dari 20 negara dan wilayah di kawasan ini, 17 negara memiliki populasi Muslim lebih dari 75%. Tiga negara lainnya kurang dari 75% , yaitu Lebanon  ( 59,3% ), Israel (16,7%), dan Sudan ( 71,3%). Bandingkan dengan hanya 12 dari 61 negara di Asia, 10 dari 50 negara di Sub-Sahara Afrika dan dua dari 50 negara di Eropa ( Kosovo dan Albania ) adalah 75% atau lebih umat Muslim.

Negara-negara di Timur Tengah dan Afrika Utara yang mayoritas penduduknya Muslim adalah Algeria ( 98,0% ),  Bahrain ( 81,2%),  Mesir (94,6%),  Iraq ( – 99%),  Jordan (98,2%),  Kuwait  ( – 95%), Libya (96,6%),  Maroko ( – 99%) ,  Oman (87,7%),  Palestina     ( – 98%),  Qatar  (77,5%),  Saudi Arabia ( – 97%),  Syria ( 92,2%),  Tunisia ( 99,5%),  Uni Emirat Arab ( 76,2%),  Sahara barat (99,4%),  dan Yaman (99,1%).

Di Asia yang warga negaranya mayoritas Muslim adalah Afghanistan  (99,7%), Azerbaijan (99,2%),  Bangladesh (89,6%), Indonesia (88,2%),  Iran (99,4%), Kyrgyzstan (86,3%),  Maldives (98,4%),  Pakistan (96,3%), Tajikistan (84,1%), Turki  ( -98%), Turkmenistan (93,1%),  dan Uzbekistan (96,3%).

Di Sub-Sahara Afrika yang negaranya berpenduduk mayoritas Muslim adalah Comoros (98,3%),  Djibouti (96,9%), Gambia   ( – 95%), Guinea ( 84,4%), Mali (92,5%), Mauritania ( 99,1%),  Mayotte (98,4%),  Niger  (98,6%),    Senegal   ( 96,0%), dan Somalia (98,5%).

Sedangkan di Eropa ada dua negara yang berpenduduk Muslim dan merupakan mayoritas yaitu Albania ( 79,9%) dan Kosovo (89,6%).

Gambar : IslamOnline.net

About these ads

39 Comments (+add yours?)

  1. alamendah
    Oct 27, 2009 @ 00:08:22

    (maaf) izin mengamankan PERTAMA dulu. Boleh kan?!
    Datanya komplit banget, Pak. Bisa buat referensi, nih.

    —————————————————————-

    Ya , silahkan.
    Terima kasih.

    Reply

    • alamendah
      Oct 27, 2009 @ 00:10:12

      (maaf) izin mengamankan KEDUA dulu. Boleh kan?!
      Nambah…

      ———————————————————————

      Boleeeeeeeeeeeeeeeeh…

      Reply

      • dedekusn
        Oct 27, 2009 @ 22:54:13

        NURUTAN KANG:
        (maaf) izin mengamankan KATILU dulu. Boleh kan?!
        :D PUNTEN

        —————————————————————————————————-

        Nu kitu teh disebutna tuturut munding

  2. badruz zaman
    Oct 27, 2009 @ 07:04:17

    Wah, banyak informasi tentang penduduk muslim dunia di blog Pak Aziz ini. tanks,
    salam.

    ——————————————————————

    Terima kasih kembali.
    Salam

    Reply

  3. sedjatee
    Oct 27, 2009 @ 07:29:56

    muslim semakin banyak… tetapi kanjeng nabi lebih bangga dengan kualitas bukan kualitas… semoga kita bisa memperbaiki kualitas kita dalam berislam… salam sukses..

    sedj
    http://sedjatee.wordpress.com

    ——————————————————————-

    Betul sekali Mas, kekhawatiran Nabi mengenai banyaknya umat akan menjadi seperti buih di lautan, menjadi tantangan kita. Kita memiliki kewajiban berdakwah dengan segala kelemahan dan kelebihan kita. Berdakwah dengan mengajak, memberikan contoh, memberikan pemikiran, inspirasi dan motivasi kepada sesama Muslim. Itu kewajiban setiap Muslim, bukan hanya ulama, kiai atau pemimpin ormas Islam, tapi kita semua.
    Terima kasih.
    Salam buat keluarga.

Reply

  • kawanlama95
    Oct 27, 2009 @ 12:43:32

    lebih banyak lebih nyaman ya pak. dan yang utama adalah kualitasnya

    ——————————————————————

    Saudara-saudara Muslim kita yang baru terutama di Eropa dan Amerika, yang banyak menjadi Muslim setelah peristiwa 9/11, mudah-mudahan betul-betul istiqamah dalam keislamannya. Dan merupakan kewajiban kita untuk meningkatkan kualitas kita sebagai Muslim, bukan siapa-siapa, tapi kita semua yang mengaku Muslim.
    Terima kasih.
    Salam.

    Reply

  • Wandi thok
    Oct 27, 2009 @ 22:27:37

    Makasih bagi-bagi infonya pak, semuga kaum muslimin tidak hanya mayoritas dalam kuantitasnya, tapi juga dalam kualitas, jangan sampai mayoritas dalam kuantitas tapi minoritas dalam kualitas. :lol:

    ——————————————————————————————————

    Betul sekali Pak, itu yang menjadi kekhawatiran Rasulullah SAW 14 abad yang lalu. Beliau khawatir kalau jumlah umat Muslim yang banyak itu bagaikan buih di lautan, terombang-ambing tak tentu arah.
    Kita pun tentu memiliki kekhawatiran yang sama. Dan itu semua menjadi tanggung jawab setiap Muslim .Semoga ke depannya bisa lebih baik.
    Terima kasih.
    Salam.

    Reply

  • Abula
    Oct 27, 2009 @ 22:42:58

    ini dia referensi yang komplit dan lengkap …

    terima kasih …

    Salam Hangat Selalu,
    Abula

    ——————————————————————————————————–

    Terima kasih Mas atas kunjungannya.
    Salam hangat dari Cianjur,
    abdaz

    Reply

  • dedekusn
    Oct 27, 2009 @ 22:56:03

    POSTINGANNYA ‘HEBAT’ KANG…
    NAMBAH WAWASAN, NUHUN!

    —————————————————————————————————–

    Nuhun Kang, wengi-wengi rurumpaheun.
    Kang ari eta award Pasopati menghilang wae dina side bar. Di nu Akang ge ngaleungit. Ku naon nya ?
    Nuhun ah.
    Salam

    Reply

  • Budy Santoso
    Oct 28, 2009 @ 09:04:22

    Melanjutkan kunjungan rutin sebagai saudara muslim yah itu katanya sih muslim tapi cuman muslim KTP kebanyakan dari kita termasuk saya,yg sholat aja ngga pernah baca quran aja ngga bisa apalagi harus mengemplemnatsikan dalam kehidupan sehari-hari seperti yg digambarkan rasull,terusterang saya harus banyak belajar dari Bpk.Abdul Azis salut postingan na di duakeun sing sukses selalu

    —————————————————————————————————-

    Terima kasih atas kunjungannya, saya mohon maaf belum bisa berkunjung balik, baru sebatas menjawab komentar saja.

    Keberagamaan kita memang memerlukan proses, karena itu dakwah bukan hanya sekedar menyampaikan ajaran-ajaran Islam saja, tapi juga sang da’i itu harus menjaid inspirator dan motivator.

    Kalau seseorang sudah mandapat hidayah ( inspired ) dan taufik ( motivated ) akan lebih memungkinkan menjadi orang yang takwa.

    Kita berharap semoga Allah SWT menjadikan kita sebagai Muslim yang istiqamah ( konsisten ). Amin.
    Terima kasih.
    Salam buat keluarga

    Reply

  • Budy Santoso
    Oct 28, 2009 @ 10:36:10

    Sebenarnya di seluruh dunia ini di berbagai negara pasti dihuni oleh umat islam cuman persentasenya beda² jangan jauh² melihat persentase dunia di indonesia saja sama seperti itu anda boleh lihat di Papua disanapun ada penduduk muslimnya tapi memang jumlahnya tidak sebanyak umat yg lain (Kristiani contohnya)

    Salam sukses n ay lap yu pulll

    ——————————————————————————————————-

    Betul Kang, di Eropa yang sering kita duga di sana hanya non-Muslim saja , ternyata ada dua negara yang mayoritan penduduknya Muslim. Yaitu Kosovo dan Albania, dan mereka itu penduduk asli, bukan imigran.

    Terima kasih.
    Salam

    Reply

  • jalandakwahbersama
    Oct 28, 2009 @ 11:27:42

    Assalamu’alaikum,
    Tulisan yang bagus Pak.

    ——————————————————————————————————-

    Wa’alaikumussalam,
    Terima kasih Mbak. Oh ya tadi tulisan Mbak berjudul Qana’ah saya gunakan sebagai bahan pelajaran di sekolah. Ditunggu tulisan lainnya.
    Sekali lagi, terima kasih.
    Salam buat keluarga.

    Reply

  • zipoer7
    Oct 28, 2009 @ 13:40:02

    Salam Takzim
    Menyuarakan Sumpah memang sudah seharusnya untuk menyatukan yang terserak, dan menghimpun yang berbeda bahasa dalam bahasa Indonesia
    Salam Takzim Pemuda Indonesia

    ——————————————————————————————————–

    Terima kasih Bang, semoga dengan peringatan Sumpah Pemuda, bangsa ini bisa lebih bersatu.

    Salam

    Reply

    • zipoer7
      Oct 29, 2009 @ 08:53:16

      Ok deh bapak Abdul Aziz tetap semangat ya pak

      ——————————————————————————————————

      Terima kasih atas dukungannya.
      Salam

      Reply

  • atmakusumah
    Oct 28, 2009 @ 16:00:06

    Muslim menjadi mayoritas…Mudah-mudahn tidak menjadi minoritas dalam kualitas…Karena Muslim sejati Panduan universalnya sama…AL-Qur’an dan As Sunnah…

    Tulisan yang kuantitatif dan kualitatif sekali pak…

    ——————————————————————————————————-

    Itulah yang harus menjadi perhatian kita, kita semua berkewajiban untuk senantiasa meningkatkan keimanan dan keberagamaan . Kita juga wajib untuk berusaha mendorong agar setiap Muslim bisa menjadi lebih berkualitas.

    Terima kasih.
    Salam buat keluarga

    Reply

  • Endang Kusmana
    Oct 28, 2009 @ 16:39:41

    Makasih pak, info yang sangat bermanfaat bagi orang muslim. Tapi seperempat dunia ya pak. Saya jadi pengen tahu juga yang mayoritas.

    ——————————————————————————————————-

    Terima kasih Pak, kalau sempat baca saja tulisan tentang Populasi Muslim Dunia ini.

    Reply

  • kopral cepot
    Oct 28, 2009 @ 21:26:34

    Assalamu’alaikum

    manawi teu kaabotan di ulem di bumi

    http://blogger.bangunnegeri.com/

    hoyong pisan kontribusina *ngarep* ;)

    punten ah ngiklan didieu he he he :)

    ———————————————————————————————————

    Wa’alaikumussalam

    Wilujeng Kang. Semoga sukses. Insya Allah mampir.
    Hatur nuhun.
    Salam

    Reply

  • yusupman
    Oct 28, 2009 @ 23:54:38

    Dengan kepemimpinan/kekhalifahan yang singkat Rasulullah mengembara ke berbagai negeri atau jajirah arab bukan sekedar mencari jumlah pengikut,tapi ada tugas yang di emban, kewajiban yang di bebankan sebagai rasul yaitu menyampaikan risalah,menyampaikan yang hak menolak kebatilan,membentangkan rahmat lil alamin,agar manusia menjadi terang dengan di sampaikannya jalan yang lurus,inna dinna indallahi islam

    ———————————————————————————————————

    Rasulullah mengemban tugas risalahnya agar kebenaran Islam diterima oleh umat manusia. Semakin banyak yang menerima Islam serta dibarengi dengan keimanan yang kuat dan pengamalan ajaran Islam dengan sebaik-baiknya, tentu lebih baik.
    Kuantitas dibarengi dengan kualitas. Dengan kata lain, Islam diterima dengan sebaik-baiknya oleh banyak orang. Dan sekarang , itu kewajiban setiap Muslim untuk mengimbangi kuantitas dengan kualitas.
    Terima kasih.
    Salam .

    Reply

  • Saung Web
    Oct 29, 2009 @ 03:48:32

    Syukurlah.. tapi lebih penting lagi kualitasnya .. ohya kamana bae atuh kang.. sibuk setifikasi yah.. hehe…

    ——————————————————————————————————–

    Betul Pak, tapi lebih baik lagi bila Islam diterima oleh banyak orang yang disertai dengan kualitas keberagamaannya.
    Ah aya wae Pak, biasa saja kesibukan sehari-hari.
    Hatur nuhun.
    Salam baktos ti Cianjur.

    Reply

  • zipoer7
    Oct 29, 2009 @ 08:52:15

    Salam Takzim
    Berkunjung disaat teh hangat sedang dinikmati bersama secerca harapan semoga Bapak dalam kesehatan yang hakiki
    Salam Takzim Batavusqu

    —————————————————————————————————–

    Selamat sore Kang. Baru sampai di rumah nih, sambil istirahat baca-baca.
    Terima kasih, semoga kita diberi kesehatan selalu.
    Salam buat keluarga.

    Reply

  • Dangstars
    Oct 29, 2009 @ 09:50:22

    Makin bertambah aja populasinya didunia…
    Terimakasih Pak atas wawasannya

    ——————————————————————————————————

    Ya, mudah-mudahan saja kualitas keberagamaannya juga meningkat.
    Terima kasih Kang.
    Salam buat keluarga di Medan

    Reply

  • Budy Santoso
    Oct 30, 2009 @ 00:26:31

    Kunjungan malam, Sawios kang teu acan tiasa atanapi teu tiasa ka tepas abdi ge nu penting abdi we tiasa sumping kadieu da kedahna nu ngora ngahargaan kanu kolot sanes kitu,sakieu oge tos haturnuhun masih keneh di angken sareng komeng abdi masih di bales.

    Salam sukses n ay lap yu pulll

    ——————————————————————————————————-

    Hatur nuhun Kang. Punten we ieu teh nuju rariweuh. Can tiasa unjung-anjang.
    Salam nya ka urang Bandung.

    Reply

  • mbah gendeng
    Oct 30, 2009 @ 02:50:43

    alhamdulillah………..

    —————————————————————————————————–

    Alhamdulillah, terima kasih mbah atas kunjungannya.
    Salam hangat dari Cianjur.

    Reply

  • ruanghatiberbagi
    Oct 31, 2009 @ 07:18:38

    Mayoritas umat Islam ada didaerah sepanjang sabuk katulistiwa, 23 derajat lintang utara dan 23 derajat lintang selatan dimana mayoritas negara dunia ketiga, mari kita bangun terutama sumberdaya sdm yang memiliki kualitas tinggi. sumber daya alam kaya tidak terlalu banyak membantu bila SDM kita rendah mutunya

    —————————————————————————————————-

    Iya Mbak , menjadi kewajiban kita sebagai Muslim untuk meningkatkan kualitas kita. Mayoritas kaum Muslim masih terbelakang dan masih didera kemiskinan. Mudah-mudahan ke depannya bisa lebih baik.
    Salam.

    Reply

  • bundadontworry
    Oct 31, 2009 @ 08:15:29

    semoga kita termasuk muslim yg tinggi kualitasnya ya Pak Aziz.
    Terima kasih krn sudah berbagi info ini.
    Salam.

    ————————————————————————————————–

    Semoga kita tidak bosan-bosan untuk memperbaiki diri. Untuk itu perlu konsistensi ( istiqamah ) setiap Muslim, agar bisa segera terwujud. Amin.
    Terima kasih.
    Salam buat seluruh keluarga.

    Reply

  • Siti Fatimah Ahmad
    Oct 31, 2009 @ 09:03:58

    Assalaamu’alaikum

    Alhamdulillah, akhirnya saya menemui data penuh berhubung dengan kedudukan jumlah muslim di dunia. saya mohon dicopy ya Pak Abdaz untuk bahan rujukan pengajaran saya dalam kuliah nanti. Kerana mulai Januari 2010 saya sudah mulai mengajar semula. Salam mesra selalu.

    —————————————————————————————————–

    Wa’alaikumussalam,
    Terima kasih Bu, kalau memang bisa dimanfaatkan, dengan senang hati dipersilahkan.
    Mohon maaf, saya belum sempat berkunjung ke blog Ibu.
    Terima kasih.
    Salam hangat buat Malaysia.

    Reply

    • siansaktober
      Jan 30, 2010 @ 11:26:38

      itu semua belum terbukti

      ———————————————————————————————

      Silahkan Anda baca laporan penelitian The Pew Forum on Religion & Public Life, sebuah lembaga riset dan survei terkemuka Amerika Serikat yang nonpartisan dan nonadvokasi tentang Mapping the Global Muslim Populatian : A Report on the Size and Distribution of the World’s Muslim Population. Laporan ini merupakan sebuah studi demografis yang komprehensif dari 232 negara dan wilayah ( territory) selama tiga tahun yang dirilis awal bulan Oktober lalu.

      Terima kasih.

      Reply

  • Batavusqu
    Oct 31, 2009 @ 19:17:45

    Salam Takzim
    Selamat malam pak, hanya mampir ya pk, sekalian lihat-lihat rumah, dari awal hanya mampir ga pernah masuk sampai kedalam-dalam, izin ya pak
    Salam Takzim Batavusqu

    ——————————————————————————————————-

    Terima kasih Bang atas kunjungannya. Kenapa cepet-cepet balik lagi ?
    Salam.

    Reply

  • ali febriyanto
    Nov 01, 2009 @ 07:45:20

    kereeeeeeeeeeeeeeeeeeeeen

    —————————————————————————————————-

    Keren ? Apanya Mas yang keren ?

    Reply

  • ali febriyanto
    Nov 01, 2009 @ 07:46:04

    blog ini kerennnnnnnn memiliki PR 3
    perhitungan PageRank memang benar benar rahasia

    ——————————————————————————————————

    Terima kasih Mas infonya , tapi apa benar ? Rasanya masih tidak yakin. Blog ini baru dua bulan usianya. Baru lahir tanggal 25 Agustus lalu. tapi kalau benar, syukurlah.

    Reply

  • bluethunderheart
    Nov 10, 2009 @ 21:14:58

    datang mersepon abangku ini
    salam hangat selalu

    ———————————————————————————

    Terima kasih banyak , malam-malam menyempatkan diri ke sini.
    Salam dari Cianjur.

    Reply

  • حَنِيفًا
    Nov 21, 2009 @ 18:43:14

    Lanjut…
    ————————————————–

    Teraskeun …..

    Reply

  • bidansmart
    Feb 21, 2010 @ 06:34:36

    Berkunjung lagi ni p’ustadz…jalan2 silaturahim…
    Semoga hari2 pa’ustadz dipenuhi keberkahan dari Alloh

    ——————————————————————————————-

    Terima kasih Bu bidan atas kunjungan silaturahimnya
    Mudah-mudahan kehidupan kita selalu dipenuhi berkah-Nya.
    Salam.

    Reply

  • dedy arya
    Apr 08, 2010 @ 10:09:37

    SAINS, PENELITIAN, INOVASI PRODUK BARU BAIK TEKNOLOGI MAUPUN LAINNYA

    ————————————————-

    Terima kasih.

    Reply

  • Maftuhah Nurbeti
    Aug 28, 2010 @ 21:06:43

    Dimintai tolong bapak saya mencari referensi populasi muslim di dunia untuk bekal dakwah. Alhamdulilah, ulasan yang cukup lengkap. Tinggal tanggung jawab kita & seluruh muslim di dunia untuk mewujudkan islam yang berkemajuan, bukan yang terbelakang seperti sekarang..
    Salaaam…

    —————————————————-

    Terima kasih Bu Nur atas kunjungannya. Mudah-mudahan jumlah populasi Muslim yang semakin membesar ini tidak seperti yang dikhawatirkan Rasulullah SAW, yaitu bagaikan buih di lautan. Ini semua kewajiban kita bersama. Karena itu, maju atau terbelakangnya Islam karena umatnya sendiri.

    Terima kasih.
    Salam dari Cianjur.

    Reply

  • edi susanto
    Jan 21, 2012 @ 16:00:17

    Kalau mau maju tinggalkan prasangka yang selalu menyalahkan barat. Tenaga jadi terkuras hanya mencari kesalahan orang lain yang kita tidak tahu persis. Padahal sebagian besar orang yang sukse adalah orang yang selalu memperbaiki diri. lha bagaimana kita mau sukses wong kita nggak pernah memperbaiki diri karena beranggapan kesalahan pada pihak barat.

    orang barat lebih obyektif, karena kalau kembali ke agamanya(kristen)pun tidak ada perintah membenci Islam dalam injil. Makanya banyak orang barat bisa mengakui keunggulan Islam jaman ibnu Rusd. Kemudian mereka tergugah karenanya dengan gerakan renaissance dan Humanisme sehingga maju hingga sekarang. misalkan Bill gate(Yahudi) yang sudah berkarya besar dan menjadi penyumbang dana sosial kemanusiaan terbesar tetap belum tentu dipandang positif orang Islam karena dia Yahudi. Sehingga orang Islam sibuk dengan kemarahannya terhadap Barat. memang bukan berarti Barat itu pasti tak jahat, tapi masalahnya kita terbelenggu dengan kebencian yang sering tidak rasional hanya berdasar prasangka.

    Saya cuma islam Ktp yang cuma bisa sholat. begitulah mayoritas umat Islam di Indonesia. Tapi saya bangga dengan Islam Indonesia yang bisa saling menghargai karena slogan Bhineka Tunggal Ika. Dan saya tidak ingin seperti timur tengah yang setelah menjadi negara Islam masih saja tetap saling membunuh sendiri (suni-syiah, fatah-hamas, arab-Qurdi). Itu bisa dimengerti karena mereka hanya mengandalkan iman tanpa peduli HAM. HAM dianggap produk barat. HAM bukan sebuah produk. Tapi renungan tentang keadilan. Kebetulan orang barat yang mendengungkan. Jadi bukan masalah tiru meniru seperti pakaian. begitupun pikiran saya pasti ada yang menganggap saya kafir. Sayang, kemudian ada kasus Poso dan Ambon yang melupakan Bhineka Tunggal Ika.

    Islam akan maju kalau energinya tidak dihabiskan hanya untuk urusan yang tidak obyektif. Jepang dulu dengan restorasi meiji terang-terangan mengakui barat lebih maju kemudian Jepang menyerap ilmu dari barat. sekarang Jepang sejajar dengan Barat.

    Reply

  • fanya cinthya
    Jun 07, 2012 @ 19:42:22

    Hatur nuhun infona Kang, salam kenal.

    Reply

  • Pulau Tidung
    Jun 19, 2012 @ 07:20:07

    Ternyata populasi muslim Eropa kebanyakan ada di eropa timur ya.

    Reply

  • Andy Kusuma
    Mar 26, 2014 @ 13:20:39

    Islam pernah menjadi Superpower dijaman khalifah Cordoba , pada waktu itu sebagian Eropa Barat , Spanyol, Portugis, sebagian Perancis adalah wilayah Islam . Demikian juga di zaman Khalifah Ottoman(Turki) maka negara Eropa selalu jadi pecundang sehingga Byzantium runtuh oleh serbuan tentara Ottoman dan Vienna (Hungaria) pernah dikepung sampai kewalahan.

    Reply

  • Leave a Reply

    Fill in your details below or click an icon to log in:

    WordPress.com Logo

    You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

    Twitter picture

    You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

    Facebook photo

    You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

    Google+ photo

    You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

    Connecting to %s

    IP
    My Popularity (by popuri.us)
    Follow

    Get every new post delivered to your Inbox.

    Join 39 other followers

    %d bloggers like this: