Akidah, Ikatan Perjanjian Manusia dengan Tuhannya


Senin, 4 Januari 2010  |  23: 44

Kata aqidah merupakan mashdar ( infinitif )  dari kata ‘aqada – ya’qidu, yang berarti menyimpulkan atau mengikatkan tali dan mengadakan perjanjian. Di dalam bahasa Indonesia kita mengenal istilah  akad, juga berasal dari  kata yang sama, artinya perjanjian.

Dalam Islam, akidah dimaknakan sebagai keyakinan-keyakinan dasar Islam yang harus diyakini oleh setiap Muslim.

Akidah Islam, secara literal mengandung makna “ikatan”. Disebut “ikatan’ karena ia akan mengikat keyakinan setiap orang yang beriman, sehingga hatinya tetap meyakini dasar-dasar ajaran Islam tersebut.

Menurut istilah, akidah berarti yang mengikat ( mempertalikan ) antara jiwa makhluk yang diciptakan dengan Khaliq yang menciptakannya.

Jika diibaratkan dengan bangunan, maka akidah ini merupakan fondasi. Bila fondasi kuat, maka bangunan itu berdiri tegak dan kokoh  dalam menghadapi bahaya dari luar, sebaliknya bila fondasi rapuh, maka bangunan itu akan mudah runtuh.

Dengan demikian , akidah memiliki kedudukan yang sentral dan fundamental, karena menjadi dasar yang paling pokok dalam segala sesuatu di dalam ajaran Islam. Karena itu, akidah atau keimanan sangat menentukan posisi seorang Muslim. Akidahlah yang membedakan seorang Muslim dan kafir, seorang yang mengesakan Tuhan ( muwahhid ) dan yang menyekutukan Tuhan ( musyrik ).

Akidah ini merupakan unsur yang paling esensial dan paling utama dalam Islam, meliputi segala hal yang bertalian dengan keimanan seorang Muslim. Karena itu di dalam Al-Quran, akidah disebut dengan istilah iman.

Unsur paling penting dari akidah ialah keyakinan yang bulat dan mutlak bahwa Allah itu Esa, tidak berbilang.  Al-Quran mengungkapkan :

Katakanlah: “Dia-lah Allah, Yang Maha Esa. Allah adalah Tuhan yang bergantung kepada-Nya segala sesuatu. Dia tiada beranak dan tidak pula diperanakkan, dan tidak ada seorangpun yang setara dengan Dia.” (QS Al-Ikhlash [112] :1-4).

Keyakinan yang bulat dan mutlak itulah yang menjadi intisari akidah Islam; yang tercermin dalam kalimah syahadah “La ilaha illallah” ( Tiada Tuhan selain Allah ). Dari kalimah syahadah ini kemudian melahirkan keyakinan yang mengakui adanya wujud Allah, sifat-sifat-Nya, hukum-hukum-Nya, dan kekuasaan-Nya. Pokok akidah ini dengan sendirinya akan mencakup kepercayaan-kepercayan yang lain, seperti kepada malaikat-malaikat-Nya,  kitab-kitab-Nya, para rasul-Nya, hari kebangkitan, dan takdir-Nya, seperti yang tercakup dalam rukun iman.

Kalimah syahadah itu adalah kunci pembuka bagi seseorang untuk menyatakan diri masuk Islam dan kunci penutup bagi seseorang dalam akhir hayatnya di dunia. Bahkan Rasulullah SAW menyatakan bahwa kalimah tawhid itu menjadi kunci untuk memasuki surga:

“Siapa yang menyatakan pada akhir hayatnya ‘tidak ada Tuhan selain Allah’ , akan masuk surga” (HR At-Tirmizi, Ibnu Majah, dan Ahmad bin Hanbal ).

Selain akidah, ajaran Islam mengandung aspek pokok lainnya , yaitu syariah, dan akhlak. Aspek akidah merupakan aspek yang paling pokok dalam Islam dan berkaitan dengan hal-hal yang berhubungan dengan keyakinan (keimanan) . Akidah yang kuat akan dapat membuat syariah dan akhlak tumbuh  dengan baik dan kokoh. Karena itu , akidah menjadi langkah pertama dan paling awal yang harus dimiliki oleh seorang Muslim.

Akidah merupakan aspek yang harus dimiliki lebih dahulu sebelum yang lain-lain. Akidah itu harus bulat dan penuh, tidak ada keraguan di dalamnya. Akidah yang benar adalah akidah yang sesuai dengan keterangan-keterangan yang jelas dan tegas yang terdapat dalam Al-Quran dan hadis. Akidah ini merupakan hal yang utama dan pertama yang harus ditanamkan.

Untuk menjadi seorang Muslim yang sejati diperlukan tiga hal, yaitu : keyakinan  kepada Allah dan rasul-Nya, perbuatan yang sesuai dengan keyakinannya, dan kesadaran akan hubungan dengan Allah.

Akidah merupakan hal yang fundamental dalam kehidupan seseorang, ia memiliki peran yang sangat penting di dalam mendorong semangat meningkatkan kualitas hidupnya. Akidah, menurut Syahrin Harahap  (ed) dalam Ensiklopedi Aqidah Islam , memilikii fungsi antara lain :

Pertama, akidah dapat menumbuhkan optimisme . Orang yang memiliki akidah yang kuat akan selalu merasa berpengharapan akan berhasil dalam segala usahanya. Hal ini didorong oleh keyakinan bahwa Allah sangat dekat padanya, bahkan selalu menyertainya dalam setiap aktivitasnya.

Kedua, akidah dapat menumbuhkan kedisiplinan, yaitu kepatuhan dalam mengikutii semua ketentuan dan tata tertib yang berlaku dengan penuh kesadaran dan tanggung jawab.

Ketiga, akidah akan meningkatkan etos kerja. Sebab seseorang yang memiliki keyakinan yang mantap akan selalu berupaya keras untuk meraih sukses dalam segala hal . Dan ini merupakan bagian dari bentuk ketaatannya pada Allah SWT.

Akidah seperti tersebut di atas, merupakan ikatan perjanjian antara manusia dengan Tuhannya, bahwa manusia itu rela mempertuhankan dan menaati segala perintah-Nya. Ikatan perjanjian itu telah disepakati manusia sejak masih  dalam rahim ibunya, sebagimana telah diungkapkan dalam Al-Quran :

Dan ( ingatlah ), ketika Tuhanmu mengeluarkan keturunan anak-anak Adam dari sulbi mereka dan Allah mengambil kesaksian terhadap jiwa mereka ( seraya berfirman ): “Bukankah Aku ini Tuhanmu?” Mereka menjawab: “Betul ( Engkau Tuhan kami ), kami menjadi saksi.” ( Kami lakukan yang demikian itu ) agar di hari kiamat kamu tidak mengatakan: “Sesungguhnya kami ( bani Adam ) adalah orang-orang yang lengah terhadap ini ( keesaan Tuhan )”, ( QS Al-A’raf [7] : 172 ).

Perjanjian ini yang pernah dipopulerkan oleh Nurcholish Madjid pada awal tahun 90-an sebagai Perjanjian Primordial, karena merupakan sebuah perjanjian yang fundamental dan original.

Dengan demikian, akidah merupakan fitrah manusia, seperti disebutkan dalam ayat di atas. Juga dalam ayat ini :

Maka hadapkanlah wajahmu dengan lurus kepada agama Allah; ( tetaplah atas ) fitrah Allah yang telah menciptakan manusia menurut fitrah itu. Tidak ada perubahan pada fitrah Allah. ( Itulah ) agama yang lurus; tetapi kebanyakan manusia tidak mengetahui ( QS Al-Rum [30] : 30 ).

Komitmen seseorang pada ikatan perjanjian ( akidah ) itu merupakan kesadaran ilahiyah yang harus dijaga dan ditegakkan dalam situasi dan kondisi apapun oleh setiap Muslim.

72 Comments (+add yours?)

  1. alamendah
    Jan 05, 2010 @ 05:58:03

    (maaf) izin mengamankan PERTAMA dulu. Boleh kan?!
    Marilah menjaga dsan menegakkan aqidah kita.

    ———————————————————————-

    Tentu Mas, sebagi Muslim kita harus senantiasa menjaga dan menegakkan akidah kita.

    Reply

  2. zipoer7
    Jan 05, 2010 @ 07:26:08

    Salam Takzim
    Dengan tetap mempertahankan aqidah sebesar apapun urusan kota Allah akan membantu menyelesaikannya
    Salam Takzim Batavusqu

    ——————————————————————

    Insya Allah, dengan akidah yang kokoh Dia akan bersama kita. Amin.
    Salam hangat dan sukses selalu.

    Reply

  3. celetukansegar
    Jan 05, 2010 @ 10:47:43

    Wah penjelasanya sangat bagus!

    Salam brrrrr keyakinan yang kuat!

    ———————————————————————

    Terima kasih atas kunjungannya.
    Salam kenal dari Cianjur.

    Reply

  4. yayat38
    Jan 05, 2010 @ 14:25:33

    Saya betul-betul kembali diingatkan di artikel ini. Ketiga point diatas sebuah catatan bahwa iman dan islam jika dijalankan dengan betul-betul akan membimbing perjalan hidup kita ini.
    Hatur nuhun Kang. Salam hangat selalu :)

    ——————————————————————————-

    Insya Allah dengan akidah yang kokoh kita akan selalu dalam bimbingan-Nya.
    Terima kasin.
    Salam dan semoga sukses

    Reply

  5. adi isa
    Jan 05, 2010 @ 19:34:20

    sebenarnya siapa yang berkeyakinan?
    jika manusia itu tidak berdaya
    dalam laa haula wala quata illa billa

    selamat tahun baru 2010, semoga semakin jaya mas aziz

    —————————————————————————

    Justru dengan ucapan tersebut menunjukkan bahwa kita yakin akan kekuasaan-Nya.

    Selamat Tahun Baru juga. Semoga sukses dan tetap dalam lindungan-Nya.
    Terima kasih.
    Salam.

    Reply

  6. linkprofit
    Jan 05, 2010 @ 19:37:12

    salam kenal mas ini kunjungan pertama saya..

    ——————————————————————

    Terima kasih, salam kenal kembali.

    Reply

  7. linkprofit
    Jan 05, 2010 @ 19:38:09

    blognya menarik…
    salam kenal dari bandungthegreat..

    —————————————————————-

    Terima kasih.
    Salam hangat dari Cianjur.

    Reply

  8. dan
    Jan 05, 2010 @ 21:55:43

    Dengan Iman kepada Allah secara benar, hidup menjadi indah. Demikian juga dengan rukun iman yang lain.

    ——————————————————————————–

    Mudah-mudahan di tahun baru 1431 ini dan di waktu-waktu yang akan datang , akidah kita semakin kokoh dan menjadi fondasi bagi keberagamaan kita. Amin.

    Reply

  9. sedjatee
    Jan 06, 2010 @ 07:01:09

    saya senang baca tulisan pak ustadz.. nambah ilmu… salam sukses…

    sedj

    ————————————————————

    Ahamdulillah, mudah-mudahan bermanfaat walau sekecil apa pun.
    Terima kasih Mas. Semoga sukses.
    Salam

    Reply

  10. casrudi
    Jan 06, 2010 @ 08:44:34

    Assalamualaikum… wilujeng enjing Kang…

    Hatur nuhun tos ngemutan, akidah bisa dibilang akar sebuah tanaman, jika kuat insha Alloh batang dan daun2nya akan berdiri kokoh… batang dan daunnya implementasi dari syariah dan akhlak… koreksi pami lepat nya Kang…

    Salam

    ————————————————————————-

    Wa’alaikumussalam,

    Tepat sekali Kang. Asal tanamannya bukan bambu, dina basa Sunda kan aya istilah “ngadaun awi”. Daun bambu kan kecil-kecil mudah terbawa angin. Angin ke selatan ikut ke selatan , angin ke timur ikut ke timur. Orang yang akidahnya kuat tidak demikian, ia istiqamah ( konsisten ), tidak oportunistik, dan selalu on the right track.

    Terima kasih Kang , senang sekali sudah berbagi di sini.
    Salam baktos to Cianjur.

    Reply

  11. oelil
    Jan 06, 2010 @ 13:50:47

    Salam kenal pak, kunjungan pertama ke blog ini…baca2 dulu ya…

    —————————————————————

    Silahkan Mas. Terima kasih kunjungannya.
    Salam kenal juga dari Cianjur

    Reply

  12. Dangstars
    Jan 06, 2010 @ 14:20:43

    Pak kalo Akad nikah itu termasuk perjanjian manusia dengan Tuhan nggak ?
    Agak lari jalur Pak? :D :D

    ——————————————————————————

    Segala ketentuan mengenai pernikahan ditetapkan oleh Allah dan Rasul-Nya. Karena itu, nikah di dalam Islam termasuk ibadah. Jadi perjanjian nikah itu tidak hanya melibatkan suami, istri, dan wali nikah saja, tapi juga melibatkan Allah SWT.
    Terima kasih Kang.

    Salam untuk keluarga di Medan.

    Reply

    • Dangstars
      Jan 09, 2010 @ 13:04:33

      Hatur nuhun Pak.. :P
      ——————————————————————–

      Sami-sami Kang. Hatur nuhun.

      Reply

  13. Ruang Hati
    Jan 06, 2010 @ 16:14:36

    Renungan buat yang sudah punya akad nikah, jangan main2. Perjanjian kelas tinggi nich.

    —————————————————————–

    Mbak belum nikah ? Kalau nikah nanti harus mengadakan resepsi di Ruang Hati ya, biar seru.

    Reply

  14. kepinghidup
    Jan 06, 2010 @ 18:47:38

    Perjanjian itu begitu indah ya pak… pernyataan (sumpah) setia kepada Allah SWT…

    ————————————————————————–

    Mudah-mudahan kita bisa terus memegang janji itu sampai akhir nanti.
    Amin.

    Reply

  15. zipoer7
    Jan 06, 2010 @ 19:32:41

    Salam Takzim
    Selamat malam pak, terima kasih atas kunjungannya, wah Bapak juga blog nya semakain maju dengan terlihat dari penilaian PR dari mbah Google menjadi 4. Seukses ya pak di tahun 2010 ini semakin jaya di udara.
    Salam Takzim Batavusqu

    ———————————————————————————–

    Selamat malam Bang,

    Tidak tahu tuh di awal tahun PR-nya jadi 4. Yang penting bagi kita kan blog ini bisa bermanfaat bagi pembacanya, seperi melalui Batavusqu kita jadi mengenal budaya nusantara yang begitu kaya
    Terima kasih.

    Salam.

    Reply

    • zipoer7
      Jan 11, 2010 @ 10:07:05

      Salam Takzim
      Betul pak, kita harus terus memberikan postingan yang bersesuaian dengan postingan yang lain pak, dengan tidak memikirkan sorotan alexa atau google rank
      Salam Takzim Batavusqu

      ——————————————————

      Assalamu’alaikum,
      Sejak awal blog ini ingin dijadikan ajang untuk menjalin silaturahmi dan berbagi informasi, jadi walaupun hanya satu atau dua orang yang memperoleh manfaat dari blog ini sangat saya syukuri.
      Tapi kalau peringkat Alexa dan Googlenya bagus , itu juga patut disyukuri, karena mungkin menandakan blog kita banyak dibaca. Tapi entahlah saya kurang mengerti tantang hal tersebut.
      Terima kasih Bang.
      Salam buat keluarga.

      Reply

  16. arsumba
    Jan 06, 2010 @ 22:03:06

    salam ta’zim pak…
    kunjungan perdana nih..
    bersyukur saya menjadi muslim sehingga masih diberi kesempatan untuk memenuhi perjanjian yang telah dibuat pada saat dalam rahim..

    ———————————————————————–

    Terima kasih atas kehadirannya di sini. Barusan saya juga sudah mengunjungi Arsumba. Blognya bagus Mas.
    Mudah-mudahan kita sebagai Muslim bisa terus berpegang teguh pada perjanjian kita dengan Tuhan.

    Terima kasih.
    Salam.

    Reply

  17. liudin
    Jan 06, 2010 @ 23:04:21

    sayangnya yang semakin banyak terjadi adalah penyimpangan-penyimpangan akidah. jika akidah yang dimaksud adalah akidah yang diyakini oleh setiap muslim, kita tidak dapat menentukan mana akidah yang murni dapat dipertanggung jawabkan dan tidak. saya sering menemui buku-buku dengan ajaran (mohon maaf) ngawur beredar begitu saja, atau penyelengan islam yang mereka yakini benar meskipun sebenarnya hal tersebut adalah salah.

    —————————————————————————————–

    Betul , sekarang semakin banyak yang dengan sengaja melakukan penyimpangan-penyimpaan terhadap akidah ini. Sudah sering kita dengar atau kita baca tentang keraguan terhadap otentisitas Al-Quran, menganggap semua agama benar dan baik, tentang ahli kitab, meragukan originalitas hadis-hadis sahih, dll.
    Yang penting bagi kita, tentu harus senantiasa berpegang teguh kepada Al-Quran dan As-Sunnah. Kita jaga akidah kita agar tidak terkontaminasi oleh upaya penyesatan. Semoga kita terlindung dari hal-hal tersebut. Amin.

    Terima kasih.
    Salam

    Reply

  18. faruq
    Jan 07, 2010 @ 08:08:30

    hmmm… bagus….
    salam kenal….

    —————————————————————————-

    Terima kasih . Tadi juga saya sudah berkunjung ke blog Mas.
    Salam kenal kembali.

    Reply

  19. abifasya
    Jan 07, 2010 @ 08:18:31

    Kalimah syahadah itu adalah kunci pembuka bagi seseorang untuk menyatakan diri masuk Islam dan kunci penutup bagi seseorang dalam akhir hayatnya di dunia.
    ===============,ABDAZ
    Syahadt yang menjadi kunci keimanan kita terkedang ternodai oleh ucapan, perbuatan, dan i’tiqad kita yang membuatnya rusak. Untuk kita harus waspada dari hal-hal yg dapat menodai aqidah kita

    ———————————————————————-

    Betul Pak, walau akidah ini merupakan fitrah, tapi dalam perjalanan hidup kita banyak sekali hal-hal nyeleneh yang bisa membuat keyakinan kita terkontaminasi.
    Terima kasih sekali atas kehadirannya di sini.

    Salam buat seluruh keluarga di Bogor.

    Reply

  20. Muhammad Jabir
    Jan 07, 2010 @ 09:18:39

    Assalamualaykum..
    Ayo laporkan blog penghina islam ini :http://beritamuslim.wordpress.com/ (Alasan Tulis dalam bahasa Inggris. Atau tulis “Content is obscene and defamation cause religious and racial hatred”) (“Konten adalah tidak senonoh dan menyebabkan pencemaran nama agama dan ras kebencian”) ke alamat:http://wordpress.com/report-spam/
    Tolong disebarkan ke saudara2 yg lain, utk melaporkan blog ini..
    Salam ukhuwah..

    —————————————————————–

    Wa’alaikumussalam,

    Terima kasih banyak infonya.
    Salam.

    Reply

  21. Ahmad Farisi
    Jan 07, 2010 @ 13:37:32

    Assalamu ‘alaykum….

    Hatur nuhun kang… tulisannya sangat bermanfaat…
    Aqidah, syariah dan akhlak adalah pondasi dalam agama kita…. kalau ketiganya sudah hilang dari diri kita… apalah artinya hidup ini.

    dengan memahami ketiganya sedara baik dan diamalkan… kita tidak muda mengikuti rayuan pemikiran2 yang melenceng, insya ALloh. semangat.

    ——————————————————————————–

    Wa’laykumussalam,

    Mudah-mudahan kita bisa terus menjaga akidah kita dari hal-hal yang menyimpang. Dan semoga kita juga bisa memperkokoh faondasi keberagamaan kita untuk kehidupan yang lebih baik di sini dan di akhirat kelak.
    Hatur nuhun Kang.
    Salam hangat untuk Cairo.

    Reply

  22. Husein Saladin
    Jan 08, 2010 @ 08:15:35

    apa beda istilah ‘aqidah’ dengan istilah ‘iman’?

    —————————————————————————————–

    Dasar-dasar keberagamaan kita terdiri dari iman, Islam, dan ihsan, seperti yang dinyatakan dalam Al-Quran dan Hadis. Pengertian teknis dari ketiga dasar itu adalah aqidah, syari’ah, dan akhlak. Jadi aqidah dengan iman memiliki makna yang sama. Aqidah merupakan ikatan jiwa, batin, hati antara makhluk dengan Tuhannya. Jadi esensi dari aqidah ini adalah iman.

    Oleh karena itu, nama ilmu yang mempelajari tentang keimanan ini biasa kita sebut Ilmu Aqa’id ( jamak dari aqidah).

    Mohon maaf, karena keterbatasan saya, Mas Husein bisa merujuk kepada literatur yang lebih lengkap. Terima kasih

    Salam.

    Reply

  23. kopral cepot
    Jan 08, 2010 @ 08:40:17

    wah tulisan pak guru semangkin “menukik” sajah ;)

    “Aqidah panyangcang Iman”, pageuh keukeuh dina ati .. nikreuh ngeureuyeuh dina amal bakhti mela’an hayang Rhido Ilahi Rabbi.

    Diantos seratan2na pengemut urang sadaya ..

    ————————————————————————–

    Ah aya-aya wae. Cobi Kang nyerat ku basa Sunda tentang Islam siga dina komentar di luhur, sigana teh matak nyerep pisan kana hate.

    Sok ditingalian nu Nyunda teh, tapi masih keneh ” Kababayan “. Cobian Kang eusian ku agama. Resep Kang, siga Kang Usep Romli, pan sami-sami ti Garut.

    Hatur nuhun pisan.
    Salam ka sadayana.

    Reply

  24. M Mursyid PW
    Jan 08, 2010 @ 18:20:15

    Kita, umat Islam, memang harus lebih dalam mengkaji esensi ajaran Islam yang benar-benar benar. Dengan demikian akan meningkatlah kadar keimanan kita.

    —————————————————————————-

    Ya, betul sekali Pak. Sekarang makin banyak pemikiran-pemikiran yang nyleneh , yang bisa membuat akidah kita terkontaminasi.
    Mudah-mudahan keimanan kita semakin kokoh sehingga bisa menangkal arus yang bisa membuat akidah kita melenceng.
    Terima kasih.

    Salam.

    Reply

  25. jalandakwahbersama
    Jan 08, 2010 @ 21:09:29

    Assalamu’alaikum,
    Subahanallah, bagus sekali tulisannya pak, dan selamat ya.. atas kenaikan pageranknya. (Dewi Yana)

    —————————————————————————

    Wa’alaikumussalam,

    Terima kasih banyak Bu sudah menyempatkan hadir di sini.
    Semoga semakin sukses di tahun baru ini.

    Salam

    Reply

  26. Sawali Tuhusetya
    Jan 08, 2010 @ 23:40:19

    terima kasih banget pencerahannya, mas azis. memang benar, aqidah menjadi fondamen hamba Allah dalam melakukan berbagai aktivitas. semoga kita bisa terus mengokohkan aqidah kita di tengah2 situasi zaman yang makin abai terhadap persoalan2 religius.

    ———————————————————————————

    Mudah-mudahan Pak, semoga aqidah kita semakin kokoh sehingga bisa menjalani hidup ini lebih baik dan mendapat ridha-Nya. Amin.
    Terima kasih.
    Salam.

    Reply

  27. Abula
    Jan 09, 2010 @ 01:09:31

    semoga kesadaran ilahiyah yang telah bangun tetap tegak dalam kondisi apapun.

    Salam Hangat Selalu

    ——————————————————————————–

    Mudah-mudahan, kita tentu berharap kesadaran ilahiyah itu semakin kokoh sampai akhir perjalananhidup kita. Amin.
    Terima kasih.

    Salam

    Reply

  28. tukang koment
    Jan 09, 2010 @ 15:44:26

    Infonya bagus sob….
    gue jadi pengen Tobat. :'(

    —————————————————————-

    Tobat artinya kembali kepada kebenaran. Mari kita sama-sama kembali ke jalan-Nya.
    Mudah-mudahan jalan yang kita tempuh mendapat ridha-Nya. Amin.

    Salam hangat.

    Reply

  29. dedekusn
    Jan 09, 2010 @ 22:44:05

    Aqidah atw keyakinan kpd sang Pencipta Allah SWT adalah segalanya. Janji hakiki yg wajib

    ——————————————————————————

    Betul Kang, semoga kita bisa berpegang teguh dengan janji yang agung itu. Amin.
    Terima kasih.

    Salam.

    Reply

    • حَنِيفًا
      Jan 09, 2010 @ 23:33:33

      Assalamu’alaikum @Kang Abdul Aziz
      Katingalna sayah idem sama @kang Dedekus ;) :D

      Salam hangat selalu buwat Cianjur

      #Haniifa.

      ———————————————————————

      Wa’alaikumussalam,
      Terima kasih.
      Salam hangat dari Cianjur

      Reply

  30. Ruang Hati
    Jan 10, 2010 @ 06:23:27

    Assalamualaikum Pak Abdul Aziz
    Semoga sehat selalu,
    artikelnya selalu kasih pencerahan dan siraman ruhani, trims atas share nya, salam hangat selalu

    ——————————————————————————–

    Wa’alaikumussalam,

    Alhamdulillah sehat-sehat saja.
    Terima kasih.

    Salam hangat dan sukses selalu.

    Reply

  31. cahbaguzz
    Jan 10, 2010 @ 07:19:50

    Tak ada artinya semua amal perbuatan ini, mana kala landasan akidahnya gak bener. Gitu kan Abi…..,makasih atas tawasulnya.

    ——————————————————————————

    Betul sekali Pak, karena akidah ini merupakan fondasi dari setiap amal kita. Tanpa akidah yang kokoh kita tidak bisa beramal dengan ikhlas.

    Terima kasih.
    Salam.

    Reply

  32. Nanang
    Jan 10, 2010 @ 08:55:23

    Merupkanan suatu pencerahan bagi kita semua kang. semoga selalu istiqomah di jalan dakwah.
    ———————————————————————-

    Mudah-mudahan Kang ada manfaatnya.
    Hatur nuhun.
    Salam ti Cianjur.

    Reply

  33. Fitri
    Jan 10, 2010 @ 10:23:59

    Assalamu Alaikum,

    Lama ku tak berkunjung. Apa kabarnya?
    ————————————————–

    Wa’alaikumussalam,

    Alhamdulillah baik-baik saja. Terima kasih kunjungannya. Semalam saya baca-baca di Kerajaan Agama, tapi tidak sempat mengomntarinya.
    Salam.

    Reply

  34. Dinda Agus Triyana
    Jan 10, 2010 @ 13:08:09

    Blog yang menarik …
    eh yah, jangan lupa .. kunjungi :

    http://dindaagustriyana.wordpress.com/

    ada banyak kisah yang seru dan menarik …
    ditunggu yah …

    —————————————————–

    Terima kasih sudah mampir di sini.
    Langsung tadi berkunjung ke Dinda. Blognya bagus juga.
    Lain kali tentu balik lagi.

    Salam

    Reply

  35. Tarbiyatul banin
    Jan 10, 2010 @ 20:11:18

    namun say juga suka merasakan perjanjiuan ini sering diusik dengan urusan duniawi ya

    NEWS

    Terbukti, Penelitian Universitas AS bahwa Muslim itu Bukan Teroris
    http://tarbiyatulbanin.wordpress.com/2010/01/09/terbukti-penelitian-universitas-as-bahwa-muslim-itu-bukan-teroris/

    TUKERAN LINK YUKK
    http://tarbiyatulbanin.wordpress.com
    —————————————————–

    Tentu Mas, siapa pun yang beriman pasti diuji oleh Allah. Termasuk Nabi juga. Semoga aqidah kita semakin kokoh dalam mengarungi kehidupan ini. Amin.

    Terima kasihsudah mampir di sini.
    Salam hangat dari Cianjur.

    Reply

  36. mahardhika
    Jan 10, 2010 @ 20:37:14

    akidah dapat menumbuhkan optimisme . Orang yang memiliki akidah yang kuat akan selalu merasa berpengharapan akan berhasil dalam segala usahanya. Hal ini didorong oleh keyakinan bahwa Allah sangat dekat padanya, bahkan selalu menyertainya dalam setiap aktivitasnya.

    ” suka dengan kata2 diatas… semoga Akidah terus terjaga dan terus meningkat” :)
    Terimakasi bpk azis

    ——————————————————–

    Tentu Mbak , kita berharap semoga Allah memberikan kekuatan iman kepada kita sehingga akidah kita semakin kuat. Dan kita juga bisa mengimplementasikan akidah kita dalam keseharian hidup kita. Amin.

    Terima kasih Mbak.
    Salam dan sukses selalu.

    Reply

  37. KangBoed
    Jan 10, 2010 @ 23:17:52

    Selamat Tahun Baru 2010
    Hati Hati ARUS PERCEPATAN menimpa Nusantara
    Sahabat semuanya tahun 2009 sudah di belakang kita..
    DEMI MASA..
    DEMI WAKTU..
    WAL ASRI..
    semuanya sudah kita lalui bersama sama..
    Canda tawa riang Gembira Tangis suka duka nan pilu telah berlalu..
    semua telah kembali ke alam LAMUNAN TUHAN..
    Tahun 2010 akan datang Menyongsong kita semuanya..
    Tahun 2010 akan segera kita jalani setapak demi setapak..
    Semua itu masih menjadi RAHASIA TUHAN..
    Sesungguhnya Masa yang akan Datang Masih Berada dalam Sirr nya TUHAN..
    Bahkan Sirr/ubun ubun manusia selalu berada dalam Genggaman Tangan Tuhan
    Sesungguhnya Hidup Manusia berada dalam Genggaman Tangan Tuhan..
    Sahabat.. mari kita diam sejenak melamun di alam lamunan Tuhan..
    Membuka kembali perjalanan Tahun 2009 yang baru kita lalui bersama sama..
    Diam dalam tafakur perenungan diri yang dalam..
    Bukankah waktu yang lalu adalah guru untuk ESOK lebih baik
    Bukankah kita harus mengambil hikmah perjalanan kemarin demi perbaikan
    Sahabat Jangan Sia Siakan Waktu sebelum waktu berbalik melindas kita
    Mari kita benahi diri kita masing masing dan belajar serta terus belajar
    Menemukan Tujuan Hidup Manusia dalam Kesadaran Sepenuhnya
    Walau kemungkinan tahun 2010 akan berjalan dengan berat..
    Keadaan mungkin semakin tiada menentu dan semakin sulit saja
    Fenomena alam dan gejolaknya semakin kerap bertambah melanda
    Tapi biarlah semua itu menjadi pelajaran untuk ber SEGERA
    Segera melangkah membenahi diri.. diri lahir dan diri bathin..
    Membenahi Perjalanan Lahiriah dan Perjalanan Bathiniah yang terabaikan
    Ingat sahabatku semuanya sekali lagi bahwa dirimu meliputi lahir dan bathin
    Jika tiba Saat dan Waktunya maka diri lahir akan kembali kepada tanah
    Tetapi sekali lagi INGAT !!! karena diri Bathin akan bangkit melanjutkan perjalanan
    Diri Bathin akan menuai hasil apa yang selama ini kita tanam dan perjuangkan
    Menangis DARAHpun percuma saja jika kau lalai selama di sini
    Sahabat mulailah berfikir untuk menata kehidupan bathin kita masing masing
    Sebab ketahuilah kehidupan bathin adalah sebuah perjalanan spiritual panjang
    Diri Lahiriah melambangkan nilai manusia di hadapan manusia lainnya..
    Sedangkan Diri Bathiniah melambangkan Nilai Manusia dihadapan Tuhan..
    yayaya.. Sesungguhnya NILAI MANUSIA dihadapan ALLAH ada di sini..
    Sahabat biarlah tahun 2010 menjadi tahun kebangkitan bagi kita semua
    Tahun 2010 menjadi Momentum Bangkitnya Kesadaran dalam Diri
    Mari Sahabatku semuanya gapailah esok lebih baik dan lebih baik lagi
    Sekali lagi MELANGKAHLAH SEGERA.. jangan SIA SIA kan waktumu..
    Sebelum TERLAMBAT
    Selamat Tahun Baru 2010
    ————————————————-

    Terima kasih Kang, mudah-mudahan kita bisa menjalani kehidupan di tahun ini dengan lebih baik. Sebab, kata Nabi SAW, kalau hari ini sama dengan kemarin kita rugi, kalau lebih jelek dari kemarin, maka kata beliau, kita terkutuk. Kita semua berharap tahun ini lebih baik. Amin.

    Reply

  38. KangBoed
    Jan 10, 2010 @ 23:20:42

    Selamat Tahun Baru
    Semangat Baru
    Menemukan Diri Sebenar Diri
    Meraih Kehidupan Sejati..
    :lol: :lol: :lol: :lol: :lol:

    RAIHLAH “JATI DIRI MANUSIA”.. untuk

    MENGEMBALIKAN JATI DIRI BANGSA INDONESIA

    Salam Cinta Damai dan Kasih Sayang ‘tuk Sahabatku terchayaaaaaank

    I Love U fullllllllllllllllllllllllllllllll

    ———————————————————-

    Selamat Tahun Baru.
    Semoga segalanya lebih baik, lebih bersyukur, lebih bertakwa, dan selalu dalam limpahan kasih-Nya. Amin.

    Reply

  39. abifasya
    Jan 10, 2010 @ 23:21:12

    Selamat Malam Sahabat, Apakabar Malam ini ?
    Tentunya tetep asyik kan ?
    sengaja berkunjung ke rumah sahabat jelang tengah malam kali aja dapet kopi hangat untuk sekedar menghangatkan hati yang senantiasa mendamba keridlaan Allah.
    Semoga sukses menyertaimu sahabat.

    Salam Hangat slalu
    *Abifasya*

    ——————————————————

    Selamat siang, Pak.
    Maaf baru bisa menemui siang ini.
    Siang-siang mau kopi ? Ka dieu atuh.
    Selamat bertugas kembali hari ini. Semoga sukses.

    Salam hangat selalu dari Cianjur.

    Reply

  40. zipoer7
    Jan 11, 2010 @ 10:09:04

    Salam Takzim
    Selamat pagi pak, semangat aqidah agar benar-benar menjadi ikatan yang kuat.
    Selamat berkatifitas dalam minggu ini, kesuksesan tetap untuk Bapak
    Salam Takzim Batavusqu

    —————————————————

    Salam Bang,
    Semoga kita memiliki akidah yang kuat sehingga dapat memberikan optimisme, rasa tanggung jawab, dan etos kerja yang tinggi bagi kita.
    Selamat beraktivitas di awal pekan ini. Sukses selalu.

    Salam hangat buat seluruh keluarga.

    Reply

  41. cantigi™
    Jan 11, 2010 @ 11:19:56

    artikel yg bagus, menyegarkan otak dan aklhlak… ^_^

    —————————————————–

    Terima kasih Kang, mudah-mudahan bermanfaat.
    Salam.

    Reply

  42. Budy Santoso
    Jan 11, 2010 @ 12:04:38

    Jangan sampai akidah kita jual dengan harga berapapun karena itu semua adalah kunci buat kehidupan kita ya kang…

    Salam sukses n ay lap yu pulll
    ——————————————————

    Tentu atuh Kang, akidah merupakan nikmat Allah yang tidak bisa ditukar apa pun. Dan itu merupakan kunci kebahagian kita di dunia dan akhirat.
    Semoga sukses selalu.

    Salam buat keluarga di Baleendah.

    Reply

  43. Ongki
    Jan 11, 2010 @ 16:25:10

    terima kasih telah mengingatkan saya melalui artikel ini.. semoga Allah meridhoi jalanku..

    ———————————————————

    Terima kasih, barusan saya sudah mengunjung blod Mas. Blognya bagus dan informatif.

    Salam untuk Nganjuk.

    Reply

  44. Bhirawa
    Jan 11, 2010 @ 19:36:02

    Saya datang membawa misi perdamaian.
    Dengan rasa bangga saya juga ingin memperkenalkan Bhirawa.
    Sebuah blog baru yang membutuhkan petunjuk,bimbingan, saran dan masukan serta kritik yang konstruktif dari para blogger senior.
    Sekalian mohon doa restu semoga Bhirawa jadi blog perkasa tetapi tetap rendah hati.
    Terima kasih
    Salam hangat dari Kota Pahlawan

    ——————————————————

    Selamat Pak dengan blog barunya. Insya Allah akan meraih kesuksesan sebagaimana blog-blog sebelumnya. Saya justru banyak belajar dari Bapak, saya sering baca-baca walau jarang sekali memberi komentar.
    Saya hanya senior dalam usia, tapi sangat junior sebagai blogger.
    Semoga Bhirawa menjadi blog yang perkasa dan rendah hati.

    Terima kasih.
    Salam hangat dari Kota Tauco, Cianjur.

    Reply

  45. hak1m
    Jan 11, 2010 @ 22:42:18

    assalamu’alaykmum wr wb
    senantiasa seperti itu… problematikanya sekarang adalah pada tataran teknis untuk pengajaran akidah masih berjalan ruweet dan membosankan sehingga sebagian siswa menganggapnya seperti pelajaran lain. membosankan. jadi saya harap ada ide-ide untuk pengajaran akidah islamiyah tersebut pada tataran teknis… jazakumullah khairan katsir

    —————————————————————

    Wa’alikumussalam wr.wb.
    Pembelajaran akidah di sekolah / madrasah atau di mana pun memang memerlukan inovasi yang cerdas. Kendalanya ( kalau boleh disebut kendala ) yaitu Ilmu Aqa’id atau Ilmu Tawhid ini menyangkut keyakinan di dalam hati. Dalam prakteknya sering menemui kesulitan dalam cara menanamkan keyakinan tersebut dan sulit diukur sejauh mana tingkat keyakinan seseorang.

    Satu hal lagi , keyakinan seseorang itu mudah terkontaminasi oleh hal-hal yang bisa merusaknya, seperti syirik, yang kadang tidak terasa bahwa itu termasuk perbuatan syirik.

    Sampai saat ini saya belum menemukan literatur, baik artikel mau pun buku, yang membahas pembelajaran Aqa’id yang inovatif.

    Terima kasih sudah berbagi di sini.
    Wassalamu’alaikum wr.wb.

    Reply

  46. feralnews
    Jan 12, 2010 @ 00:36:59

    nice post…sangat religius…

    ——————————————-

    Thx U sudah mampir di sini.

    Reply

  47. diajeng
    Jan 12, 2010 @ 12:17:54

    siang :) semoga selalu dalam lindungan Alloh swt…amin :)

    ————————————————–

    Ya, semoga kita tetap dalam lindungan-Nya. Amin.
    Terima kasih Jeng.

    Reply

  48. diajeng
    Jan 12, 2010 @ 12:19:12

    makasih kunjungannya ke blog diajeng…dan diajeng mengucakpan selamat tahun baru 2010..smg makin sukses disegala bidang.amin..:)

    —————————————————

    Terima kasih kembali.
    Selamat Tahun Baru. Mudah-mudahan kesuksesan selalu menyertai kehidupan Jeng. Amin.

    Reply

  49. dedekusn
    Jan 12, 2010 @ 19:34:00

    Kunjungan lagi kang, Semoga aqidah kita lurus hanya kepada ALlah SWT.

    ———————————————-

    Terima kasih Kang De. Mudah-mudahan kita senantiasa bisa menjaga akidah kita tidak tercemari oleh hal-hal yang bisa merusaknya. Amin.

    Reply

  50. zipoer7
    Jan 12, 2010 @ 22:51:21

    Salam Takzim
    Memenuhi keinginan batin untuk mengujungi blog Bapak, karena kalau belum kesini akhir akhir ini saya kangen banget pak
    Salam Takzim Batavusqu

    ————————————————–

    Salam Bang,
    Terima kasih banyak Bang atas perhatiannya.
    Semoga sukses.

    Salam buat keluarga

    Reply

  51. diajeng
    Jan 13, 2010 @ 07:54:11

    Assalamualaikum…jalan-jalan pagi pak….mampir bentar nich…semoga hari ini sehat ya pak :)

    ——————————————————-

    Wa’alaikumussalam,
    Alhamdulillah baik-baik saja. Syukurlah masih bisa jalan-jalan. Saya masih belum sempat update juga.
    Terima kasih.

    Salam.

    Reply

  52. Eyangresi313
    Jan 13, 2010 @ 09:45:16

    Ass……..
    Mengunjungi di pagi hari untuk para sahabatku
    Tetaplah berkaya dengan hati yang jernih dan memancarkan cahaya Tuhan.

    —————————————————-

    Wa’alaikumussalam,
    Terima kasih atas kunjungannya dan supportnya. Mudah-mudahan saya bisa berkesempatan mengupdate blog ini secepatnya. Amin.

    Salam dari Cianjur

    Reply

  53. Abula
    Jan 13, 2010 @ 13:58:41

    Selamat siang menjelang sore,
    Selamat hari Rabu,
    Semoga tetap semangat untuk berkarya dan sukses selalu,

    Salam Hangat,
    AbulaMedia
    ————————————————–

    Selamat petang Kang. Terima kasih dukungannya, mudah-mudahan saya bisa mengupdate secepatnya.

    Salam buat keluarga.

    Reply

  54. bundadontworry
    Jan 13, 2010 @ 21:37:57

    Semoga kita selalu dalam ridhaNYA agar terpelihara akidah kita , amin.
    Salam.

    ————————————————

    Mudah-mudahan. Amin.
    Terima kasih kunjungannya.

    Salam.

    Reply

  55. wati
    Jan 13, 2010 @ 23:26:35

    Kokohnya aqidah merupakan pondasi iman yang pertama kan pak… slam kenal..

    ————————————————-

    Tepat sekali.
    Terima kasih telah hadir di sini.
    Salam kenal kembai dari Cianjur.

    Reply

  56. dira
    Jan 14, 2010 @ 09:51:59

    Mampir lagi pak, mau belajar tentang Islam di blognya Pak Aziz. Btw, blog ini saya link ya pak..

    ——————————————————

    Terima kasih Kang, mudah-mudahan memperoleh sesuatu yang barangkali bermanfaat.
    Silahkan, di sini juga sudah dilink.
    Salam .

    Reply

  57. Ruang Hati
    Jan 14, 2010 @ 10:53:16

    blog walking menyapa pak Abdul Aziz, semoga sehat dan bahagia selalu dalam lindungan Allah SWT

    —————————————

    Terima kasih banyak selalu setia mengunjungi saya. Al-hamdulillah baik-baik saja. Mudah-mudahan kita senantiasa dalam lindungan-Nya. Amin.
    Salam.

    Reply

  58. zipoer7
    Jan 14, 2010 @ 14:03:56

    Salam Takzim
    kunjungan siang
    Salam Takzim Batavusqu
    ————————————————–

    Salam Bang.
    Terima kasih Bang tidak bosan-bosannya berkunjung ke sini.
    Salam.

    Reply

  59. Zico Alviandri
    Jan 14, 2010 @ 15:05:55

    Thx 4 sharing pak Abdul Aziz :). 3 fungsi akidah menjadi parameter bagi kita untuk mengukur kekuatan aqidah kita :)

    ——————————————–

    Tepat Mas. Mudah-mudahan akidah kita semakin kokoh dan berfungsi bagi kehidupan kita sehari-hari. Amin.
    Terima kasih kunjungannya.
    Amin.

    Reply

  60. atmakusumah
    Jan 14, 2010 @ 20:56:14

    Tulisannya Lengkap Pak, mencerahkan dan mudah dipahami…
    Namun tentu saja mengandung makna yang sangat dalam, Dimana sebleum menumbuhkan Sebuah Bangunan keimanan, Aqidah sebagai Fondasinya harus kita kuatkan terlbeih dahulu, apalagi dalam kondisi Jaman yang seperti sekarang ini…
    Terimakasih pak tulisannya…

    salam saya

    ——————————————————-

    Keimanan itu bisa berkurang dan bertambah, karena itu kita berkewajiban untuk selalu memperkuat akidah kita. Apalagi dalam kondisi sekarang ini akidah mudah tercemari oleh keyakinan-keyakinan yang manipulatif. Semoga iman kita semakin kokoh.

    Terima kasih.
    Salam.

    Reply

  61. Riyanti
    Jan 30, 2010 @ 10:56:22

    InsyaAlloh….
    Smg sll diberi petunjukNya…amien amien Ya Rabbal ‘alamin…

    salam sayank

    ————————————————————————————————

    Insya Allah , dengan keyakinan yang kokoh kepada-Nya, kita akan mendapatkan petunjuk-Nya. Amin.

    Salam hangat dari Cianjur.

    Reply

  62. darahbiroe
    Feb 12, 2010 @ 11:49:25

    ingin lebih mengenal aqidah yang sebenarnya agar bisa menjadi manusia yang lebih baikk

    berkunjung n ditunggu kunjungan baliknya lagi makasih

    ——————————————————————————————-

    Mudah-mudahan. Kita semua berharap demikian. Amin.
    Insya Allah nanti akan berusaha menyempatkan untuk berkunjung.
    Terima kasih.
    Salam

    Reply

  63. 1357
    Mar 04, 2012 @ 23:09:28

    SALAM KENAL…

    HATUR NUHUN TOS NGEMUTAN,,,

    Oh muhun, abi teh aya tarosen,..

    Kita yang terlahir Alhamdulillah sebagai muslim (ISLAM) yang hidup di zaman sekarang apakah harus mengucapkan kembali dua kalimat syahadat? Karena pada saat kita di dalam rahim kita tidak pernah tahu bahwasannya kita telah mengadakan perjanjian dengan ALLAH SWT, yang perjanjian itu merupakan kalimat syahadat yang pertama. Begitu juga, kita tidak pernah tahu bahwasannya kita telah mengadakan perjanjian dengan Rasulullah SAW, yang perjanjian itu merupakan kalimat syahadat yang kedua.

    Hatur Nuhun Sateuacanna…

    Reply

  64. Pulau Tidung-aja
    Apr 18, 2012 @ 09:58:50

    Salam persatuan.

    Reply

  65. Pulau Tidung-aja
    Apr 18, 2012 @ 10:14:54

    Urusan/hubungan manusia dengan Allah sudah sangat jelas,yang selalu samar-samar itu dengan sesama manusia.
    Salam

    Reply

  66. baehacqi
    Jan 28, 2013 @ 19:20:21

    Mantap…..

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

IP
My Popularity (by popuri.us)
Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 40 other followers

%d bloggers like this: