Persepsi Masyarakat Inggris terhadap Islam


SEPANJANG sejarah kehidupan beragama selalu terjadi resistensi terhadap sebuah agama yang dianggap baru bagi suatu komunitas tertentu. Sikap penentangan terhadap nilai-nilai suatu agama ini bukanlah sesuatu yang baru.Sejak awal diutusnya para rasul pun sikap demikian itu selalu terjadi.

Berbagai alasan penolakan selalu mengemuka. Pada zaman Nabi Muhammad SAW, misalnya, muncul alasan-alasan yang bersifat teologis, yang berkaitan dengan status sosial, warisan budaya, gender, sampai alasan-alasan yang berbau bisnis.

Sebuah fenomena yang berkembang saat ini adalah Islamophobia. Sebuah phobia yang semakin meningkat sejak peristiwa 9/11. Akibatnya masyarakat Muslim terutama di negara-negara Barat mengalami diskriminasi di sekolah, tempat kerja, di masyarakat dan dalam kehidupan pribadi mereka.

Masih segar dalam ingatan kita ketika seorang perempuan hamil, Dr. Marwa El Sherbini , dibunuh karena mengenakan jilbab. Peristiwa ini terjadi di Pengadilan Dresden, Jerman, 1 Juli 2009. Karena itu tanggal 1 Juli ini ditetapkan sebagai The World Hijab Day.

Karena peristiwa ini melibatkan seorang warga asli yang non-Muslim terhadap Muslimah, media-media Barat hampir tidak ada yang memberitakannya. Media-media di negeri kita juga sama. Tidak ada jaringan televisi yang memberitakannya. Sedangkan media cetak sedikit sekali yang sempat mengeksposnya.

Bukan hanya itu saja yang dialami umat Muslim, terjadi juga vandalisme di masjid-masjid dan perusakan kuburan Muslim hampir di seluruh Eropa. Kewajiban mengenakan jilbab bagi perempuan pun dianggap sebagai penindasan terhadap perempuan.

Bahkan ada yang lebih aneh lagi, Geert Wilders politisi Belanda –produser Fitna — yang terkenal kebenciannya terhadap Islam dan Muslim akan mengusulkan kepada pemerintah agar jilbab yang dikenakan Muslimah dipajaki. Dia juga ingin melarang Al-Quran atau setidaknya melakukan pembatasan.

Eropa merupakan wilayah yang pertumbuhan populasi Muslimnya paling cepat. Menurut data ahli demografis, populasi Muslim dari total populasi 27 negara di Eropa akan meningkat menjadi 20%, pada tahun 2050. Dari 27 negara tersebut yang diindikasikan akan memiliki proporsi Muslim lebih tinggi dalam waktu dekat adalah Inggris, Spanyol, dan Belanda.

Di Inggris The Exploring Islam Foundation baru-baru ini ditugaskan YouGov – sebuah lembaga survei — untuk melakukan survei mengenai persepsi publik terhadap Islam, Muslim, dan Nabi Muhammad.

Pada tanggal 19 – 21 Mei 2010 dilakukanlah survei secara online. Survei ini dilakukan dengan wawancara online oleh anggota panel YouGov dan individu-individu lainnya yang dilibatkan. Sampel survei ini berjumlah 2.152 orang dewasa ( umur 18 + ) yang dianggap merupakan representasi warga Inggris. Profil sampel diambil dari data sensus dan data yang diterima dari industri.

Hasil survei sudah bisa diduga, karena tercermin dalam kehidupan masyarakat Inggris sehari-hari. Tapi angka-angka yang diperoleh di luar dugaan.

Pengetahuan tentang Islam

Hasil survei tentang pengetahuan masyarakat Inggris tentang Islam adalah :
• 60% menyatakan bahwa mereka tidak tahu banyak tentang Islam.
• 17% menyatakan bahwa mereka tidak tahu sama sekali.
• 33% menyatakan ingin tahu lebih banyak tentang Islam.

Sumber-sumber Informasi tentang Islam

Hasil yang diperoleh tercatat :
• 57% memperoleh sebagian besar informasi tentang Islam dari berita TV.
• 41% memperoleh informasi dari surat kabar.
• Hanya 3% yang mendapatkan informasi dari organisasi Islam.
• 31% merasa bahwa informasi tentang Islam sangat sulit diakses.
• 5% menyatakan bahwa informasi tidak dapat diakses sama sekali.

Persepsi tentang Islam

Bagaimana persepsi masyarakat Inggris tentang Islam ? Mereka menjawab :

• 58% mengasosiasikan Islam dengan ekstrimisme.
• 50% mengasosiasikan Islam dengan terorisme.
• Hanya 13% yang mengasosiasikan Islam dengan kedamaian.
• 6% mengasosiasikan Islam dengan keadilan.
• Hanya 16% menganggap bahwa Islam mempromosikan keadilan dan kesetaraan.
• Hanya 6% mempercayai bahwa Islam mempromosikan langkah-langkah aktif untuk melindungi lingkungan.
• 41% tidak setuju atau sangat tidak setuju bahwa umat Muslim memiliki dampak positif pada masyarakat Inggris.
• 69% mempercayai bahwa Islam mendorong penindasan perempuan.

õõõ

Sumber : The Exploring Islam Foundation ; Republika
Pic   © Herald Times Online / Republika

Cianjur, Senin, 14 Juni 2010 | 03:00

About these ads

46 Comments (+add yours?)

  1. rumahsehatafiat
    Jun 14, 2010 @ 06:32:53

    ya informasi yang sedikit inilah yang menimbulakan efek yang negatif. Untuk itu peranan organisasi muslim di dunia terutama di negara tersebut untuk mampu mempublikasikan keberbagai lini. Peranan masyarakat muslim untuk memperlihatkan bahwa muslim sangat terbuka dan bisa bekerjasama dengan masyarakt non muslim sangat di butuhkan. dengan mempunyai media ISlam , opini tentang islam bisa di caunter. tetap semangat .semoga tetap sukses.amien, jarang ada blogger yang memposting seperti ini.terima kasih

    ———————————————————

    Terima kasih atas supportnya. Benar sekali, mereka kurang memperoleh informasi yang benar tentang Islam dan dari orang Islam. Masalahnya banyak berbagai upaya dilakukan untuk mempromosikan Islam, tapi media Barat enggan sekali mengeksposnya. Banyak juga sebenarnya kegiatan organisasi Islam, terutama di Inggris dan AS, tapi tidak terpublikasikan.

    Terima kasih. Semoga sukses dengan segala aktivitasnya.
    Salam dari Cianjur

    Reply

  2. Eyangresi313
    Jun 14, 2010 @ 06:56:12

    Nice info.

    Informasi yang menambah pengetahuan tentang ulkuwah umat muslim, yang seharusnya tidak mudah terpecah belah dan saling membangun dan membantu.

    Cerahkan hati dengan pancaran sinar Illahi
    Tebarkan kedamaian dengan cinta kasih dan kelembutan.
    Tetaplah berkarya mengisi kreatifistas dengan pancaran cahaya Illahi
    Karyamu tetap dinanti…….
    ———————————————-

    Senang sekali mendapat kunjungan Mas.
    Betul sekali, kebersamaan kita sebagai Muslim akan memperkuat eksistensi kita. Citra yang buruk tentang Islam di Barat karena kita tidak menguasai informasi, sehingga kita tidak bisa mengcounter tuduhan-tuduhan busuk mereka. Sebaliknya, ada segelintir orang-orang yang mengaku Muslim membuat mereka kurang nyaman.

    Terima kasih.
    Salam

    Reply

  3. Kang Romly
    Jun 14, 2010 @ 13:53:12

    Info yang sangat bagus….negara Inggris pula yang menyatakan bahwa jika kehidupan ini jauh dari ajaran islam maka akan mengarah kehancuran lingkungan dan peradaban manusia…kata yg di ucapkan oleh seorang pangeran Charless…ini yang harus di cermati oleh kita semua sebagai umat islam…

    —————————————————

    Pangeran Charles adalah satu-satunya tokoh elite Inggris yang menaruh simpati terhadap Islam, bahkan ia mengakui kontribusi Islam untuk Inggris.Karena itu ia sangat warmly welcomed di kalangan Muslim dan dunia Islam.

    Terima kasih Kang atas tambahan infonya.
    Salam

    Reply

  4. didot
    Jun 14, 2010 @ 20:19:07

    baru tau di inggris segitunya pak,ternyata pangeran charles juga mendukung islam ya?? :P

    —————————————————–

    Betul, mereka kurang sekali mendapatkan akses untuk memperoleh informasi yang benar dan lengkap tentang Islam. Pangeran Charles banyak mengenal Islam dan dekat dengan kalangan Islam, sehingga banyak orang Inggris yang menuduh ia telah menjadi Muslim.

    Terima kasih.

    Reply

  5. Blog Keluarga
    Jun 14, 2010 @ 20:46:47

    Peran inilah yang diharapkan agar organisasi Islam lebih aktif untuk sosialisasi Bahwa Islam tidak seburuk yang mereka kira… Salam…
    —————————————–

    Media Barat selalu mengekspos berita-berita yang menyudutkan Islam, mereka jarang sekali menyampaikan informasi secara benar tentang Islam. Karena itu persepsi mereka tentang Islam merupakan produk dari informasi yang misleading.

    Terima kasih Bu Ustadzah.
    Salam.

    Reply

  6. dira
    Jun 15, 2010 @ 11:42:43

    Kita memang patut sedih dengan kenyataan ini, tetapi saya yakin Allah punya cara-Nya sendiri untuk menjaga Al-Quran dan Islam. Akibat kebencian yg meluas, tidak sedikit dari mereka malah balik arah, berusaha utk mencari tahu Islam dari sumbernya langsung, yakni Al-Quran. Masyarakat Eropa dan AS pada dasarnya adalah manusia yg “berperadaban”, mampu dan mau berpikir rasional. Karena itu, pada saat mereka penasaran dan lalu membaca Al-Quran dan mengenal Islam secara rasional, sesuatu yg paradoks terjadi: Umat Islam justeru tumbuh pesat di Eropa dan Amerika.

    ————————————————–

    Betul sekali Kang, justru setelah peristiwa 11 September itu terjadi puncak konversi agama orang-orang Barat ke Islam. Mereka ingin tahu banyak tentang Islam, banyak juga yang belajar bahasa Arab. Al-Quran pun menjadi best seller. Akhirnya mendapat hidayah Allah SWT.
    Terima kasih.

    Reply

  7. Zico Alviandri
    Jun 15, 2010 @ 11:50:04

    Semoga survey nya yang salah. tapi kalau memang mencerminkan keadaan sebenernya, sedih banget. Semoga saudara2 muslim di Inggris bisa membalikkan anggapan masyarakat awam inggris terhadap Islam. amiin.

    ———————————————-

    Kalau pun angka-angka yang diperoleh sedemikian, mudah-mudahan respondennya tidak merupakan representasi masyarakat Inggris keseluruhan. Dan bisa memberikan dorongan bagi umat Muslim meningkatkan dakwah di sana.

    Terima kasih.
    Salam

    Reply

  8. PakOsu
    Jun 16, 2010 @ 09:45:52

    Nice posting. Info menyegarkan. Salam

    —————————————

    Terima kasih banyak atas kehadirannya di sini.
    Salam

    Reply

  9. Siti Fatimah Ahmad
    Jun 16, 2010 @ 14:39:07

    Assalaamu’alaikum

    Satu dapatan kajian yang mantap dan membantu umat Islam untuk lebih menyerlah diri dalam kalangan masyarakat Barat. islam adalah agama sejagat dan ummahnya berada di seluruh dunia. hal yang memungkinkan kurangnya informasi tentang Islan sebenar adalah disebabkan beberapa golongan umat islam yang tidak memperlihatkan kehidupan Islam yang syumul di sebabkan oleh halangan-halangan yang sengaja dilakukan oleh pihak oreintalis barat yang tidak mahu memperlihatkan Islam yang sebenarnya.

    Semoga Islam akan terus tinggi du muka bumi walau ia sudah terlihat gharib di akhir zaman ini kerana umat Islam sendiri sudah mulai ramai yang kelihatan tidak mengamalkan Islam. Maka, dapatan ini menyokong kenapa golongan bukan Islam tidak mengenal Islam dan beranggapan Islam sebuah agama yang tidak punya toleransi. Wa’iyazubillahi min zaalik.

    Terima kasih atas info yang sangat bermanfaat ini. Salam mesra buat Pak Abdaz dan keluarga di Indonesia.

    ———————————————-

    Wa’alaikumussalm,

    Masyarakat Barat kurang memperoleh informasi yang benar tentang Islam, semetara hal-hal yang buruk yang dilakukan Muslim sering dibesar-besarkan oleh media Barat. Maka dengan mudah timbul kesan negatif dalam pandangan mereka terhadap Islam.

    Terima kasih banyak Bu.
    Salam buat seluruh keluarga di Sarawak ,Malaysia.

    Reply

  10. Sawali Tuhusetya
    Jun 17, 2010 @ 01:03:35

    kalau hasil survei itu valid, sungguh menyedihkan, mas azis. kesan bahwa islam itu identik dg ekstremis atau teroris bisa jadi membuktikan kalau orang2 inggris memang tidak paham dan tidak tahu tentang islam. salam.

    ————————————————-

    Melihat penyelenggara survei itu yang merupakan lembaga survei terkemuka di Eropa, mungkin hasilnya cukup valid. Yang penting umat Muslim harus berusaha memberikan informasi yang benar dan seluas-luasnya kepada mereka. Karena dengan itu diharapkan mereka tidak mudah dipengaruhi informasi-informasi yang misleading.

    Terima kasih.

    Reply

  11. M Mursyid PW
    Jun 17, 2010 @ 01:07:32

    Melihat hasil survey itu, menurut saya, ya masuk akal karena yang di-survey memang bangsa yang selama ini tidak respek terhadap Islam.
    Yang penting mari kita tunjukkan bahwa Islam sesungguhnya sama sekali tidak seperti yang mereka duga. Islam cinta damai.

    ————————————————

    Memang begitulah, tapi yang menjadi masalah mungkin karena terbatasnya akses mereka terhadap informasi yang benar tentang Islam. Hal ini disebabkan dunia informasi dikuasai oleh mereka yang menentang Islam.

    Terima kasih.

    Reply

  12. AKHMAD SUDRAJAT
    Jun 17, 2010 @ 12:05:15

    Data di atas tampaknya bisa menjadi bahan refleksi bagi semua pihak yang terkait untuk dapat mengembangkan strategi dakwah yang lebih efektif.
    Terima kasih atas infonya dan terima kasih pula telah mampir di tempat saya.
    Mhon ijin juga, saya menautkan blog Bapak di link sahabat

    —————————————————-

    Penataan kembali kegiatan dakwah sangat dibutuhkan agar citra Islam semakin membaik. Mereka diusahakan agar dapat dengan mudah mengakses informasi yang benar tentang Islam. Kunci utama di sini mungkin hanya informasi.

    Terima kasih kunjungannya dan telah menautkan blog saya.
    Salam.

    Reply

  13. sedjatee
    Jun 18, 2010 @ 10:04:05

    semoga semakin terbuka dengan hidayah Islam
    karena islam adalah agama yang penuh rahmat
    salam sukses..

    sedj

    ——————————————–

    Kita berharap demikian. Semoga mereka bisa mengenal Islam yang sebenarnya. Dan memperoleh Hidayah-Nya.
    Terima kasih. Semoga sukses.
    Salam

    Reply

  14. The Filledeseulepluie
    Jun 18, 2010 @ 12:30:50

    what a cool blog!
    thanks for cool postings!

    ——————————————-

    Thanks so much.

    Reply

  15. Blog Keluarga
    Jun 18, 2010 @ 21:08:23

    Assalamualaikum Pak Abdul Aziz,,, maaf baru kasih kabar nieh. Linknya udah saya pasang di Blog keluarga. Salam.

    ————————————————-

    Wa’alaikumussalam,

    Terima kasih Bu. Link Ibu juga Senin lalu sudah dipasang.
    Salam buat seluruh keluarga.

    Reply

  16. kang ian
    Jun 19, 2010 @ 02:15:59

    kayanya memang harus lebih banyak diberikan penjelasan kepada masyarakat y pak tentang islam ini kalau di inggris mah udah jelas..
    lha ini di Indonesia sendiri yang jelas2 muslimnya paling banyak tapi kalau kita data paling banyak juga yang g tau akan islam itu sendiri :)
    nice info pak
    haturnuhun

    —————————————-

    Ini merupakan kewajiban kita semua sebagai seorang Muslim untuk mewarnai dunia ini dengan Islam. Dan kita sudah memulainya — walau sangat minimalis — sesuai dengan kemampuan kita.
    Semoga Allah memudahkan upaya kita semua.

    Terima kasih.

    Reply

  17. ahsanfile
    Jun 19, 2010 @ 04:30:15

    Salah satunya gara-gara ulah para neo khawarij itu…

    ——————————————

    Kita semua sebagai Muslim berkewajiban untuk menjaga citra positif Islam. Dan kita belum berupaya seoptimal mungkin untuk itu.

    Terima kasih.
    Salam.

    Reply

  18. Keping Hidup
    Jun 19, 2010 @ 06:13:06

    Asslm ww.. menarik yang tertulis di punggung para muslimah pada gambar di atas pak.. mengapa saat hijab tidak ada yang menyebut itu hak azazi? Saya pernah mendengar di salah satu radio :

    Wahai saudaraku muslimah siapakah yang menyuruhmu berhijab? – Wahai saudaraku muslimah siapakah yang menyuruhmu berhijab? – Wahai saudaraku muslimah siapakah yang menyuruhmu berhijab?

    DIA-lah Allah SWT pemilik alam raya dan seisinya..

    Selamat berhijab – selamat hari hijab sedunia

    ———————————————–

    Wa’alaikumussalam,

    Pakaian kedua Muslimah itu bermerk StyleIslam dirancang tahun lalu oleh Melih Kesmen, desiner Muslim Jerman , keturunan Turki. Yang kiri tertulis “MUHAMMAD & JESUS – Broters in Faith”, tulisan in pengganti dari kata-kata sebelumnya yang banyak diprotes orang lain, yaitu Jesus was a Muslim. Yang kanan sebagai protes atas semakin gencarnya pelarangan hijab di negara-negara Eropa yang menerapkan standar ganda dalam hak-hak asasi.

    Terima kasih.
    Salam

    Reply

  19. lukmanjack
    Jun 19, 2010 @ 06:42:45

    Alhamdulillah jika dimasa ke depannya Islam akan lebih berkembang dan semoga mereka selalu bersabar dan tabah.Semoga mereka menjadi mujahidin pembela Islam.Amiin

    ——————————————-

    Kita berharap demikian. Semoga orang lain semakin akrab dengan Islam dan memahaminya dengan benar , sehingga ia dapat memperoleh hidayah-Nya. Amin.

    Terima kasih.
    Salam

    Reply

  20. Usup Supriyadi
    Jun 19, 2010 @ 16:46:39

    Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh, Ustadz Abdul Aziz
    Semoga kabar Ustadz sekeluarga selalu dalam limpahan rahmat Allah Subhanahu Wa Ta’ala.

    Apa yang saya dapatkan dari tulisan di atas betapa, 911…sebuah nomor yang biasa dikaitkan dengan panggilan darurat, penting, dan pelayanan, sebuah pertanda bagi kita umat Islam agar bangkit, betapa banyak yang mengaku Islam yang hanya paham Islam di permukaannya saja. Dakwah, ya, dakwah, sebuah strategi yang harus dibumikan.

    Sudah bukan saatnya kita malah mempermasalahkan Al-Qur’an yang sudah rojih dari Allah, atau mempermasalahkan hadits hadits-hadits shahih. Kita harus segera tebarkan Islam…..dengan dakwah Ilallah. Bukan malah mempermasalahkan hal yang sudah tidak perlu dipermasalahkan.

    Semoga akan banyak kaum Muslimin terbuka tsaqofah islamiyahnya, dan tugas kitalah itu.

    semoga kita di mudahkan dalam proses dakwah kita,

    Terima Kasih, semoga kita tetap pada rambu-rambunya, agar tetap lurus. Jika berkenan, tolong copypaste saja yang postingan saya itu, biar semuanya terbuka….. Wa Allahu A’lam

    ———————————————–

    Wa’alaikumussalam wa rahmatullahi wa barakatuh,

    Alhamdulillah, saya sekeluarga baik-baik saja.
    Terima kasih sudah share di sini. Senang sekali bisa banyak belajar dari anak muda seperti Kang Usup ini.

    Tulisan Kang Usup sangat bagus, tentu sudah saya save.

    Terima kasih banyak.
    Salam

    Reply

    • Usup Supriyadi
      Jun 20, 2010 @ 11:18:24

      Alhamdulillah, saya sekeluarga juga dalam keadaan baik. ;)

      Hm…dalam Islam, sebagaimana Imam Ali bin Abi Thalib katakan dalam sebuah riwayat, kebenaran meskipun itu keluar dari mulut seorang anak kecil, maka harus kita perhatikan. Senioritas dan Keturunan itu tidak menjadi alat ukur, yang di jadikan pegangan ialah kemampuan ilmu dan pengamalannya, apakah ia menggigit Al-Qur’an dan As Sunnah atau tidak.

      O ya, Alhamdulillah, saya sudah coba memberikan tanggapan atas komentar Pak Abdul Aziz di sini

      Wa Alloohu A’lam

      ————————————————

      Alhamdulillah, senang sekali kita bisa berbagi.

      Allah menganugerahkan ilmu dan hidayah tidak memandang senioritas , usia itu hanya sekedar angka, tidak menentukan segalanya.

      Justru rasa senang saya bisa belajar dari anak-anak muda seperti — untuk menyebut beberapa nama — Kang Usup, Kang Ian,dan Mas Didot, tidak seperti anak-anak muda lain. Kita tahu anak-anak muda sekarang banyak yang lebih bangga dengan pemikiran keagamaan yang datang dari luar Islam. Dalam hal ini, Kang Usup sebagai orang UIN lebih tahu. Kalau zaman saya dulu di IAIN sulit menemukan yang demikian.

      Terima kasih .
      Wassalamu’alaikum wr. wb.

      Reply

      • Usup Supriyadi
        Jun 21, 2010 @ 14:12:56

        Iya, Walhamdulillah,

        Hm, sedikit klarifikasi, saya bukan orang UIN kok :mrgreen: , memang benar bahwasanya saya banyak bersentuhan dengan civitas akademika dengan UIN Sunan Gunung Djati dan UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, tapi saya bukan bagian dari mereka, itu hanya ada keperluan saja, dan sebagai pemerhati, karena beberapa sahabat saya ada yang di situ, ya, sebisa mungkin saya mengharapkan dia tetap dalam koridor yang sepertinya….

        Tentunya, dulu memang tidak seperti sekarang ini, namun sekarang ini tren yang di UIN juga mulai merasuk ke IAIN. Menyedihkan sekali, ya pak.

        Pak Abdul Aziz bisa lihat video berikut di sini

        itu kejadian di UIN Sunan Gunung Djati….

        menyedihkan pula dari UIN menyeruak ide melegalisasi homoseksualitas, malah salah satu dosen UIN Jakarta mendukung dan mencari-cari dalih bahwa itu sunnatullah…

        dalam video tersebut, ada yang disebut area bebas Tuhan, lalu ajakan berzikir, Anjing-hu Akbar!

        Na’uzubillah…..

        ——————————————————

        Wah maaf, saya menduga dari UIN. Tapi kalau di UIN banyak yang seperti Kang Usup saya senang sekali.

        Pemikiran keagamaan di IAIN mengalami pergeseran sejak awal tahun 70-an, ketika buku-buku Harun Nasution menjadi buku teks wajib di seluruh IAIN. Baru pada tahun 90-an pergeseran itu terasa begitu kuat. Hal ini tampak jelas terutama di IAIN / UIN di Jawa, yaitu di Jakarta, Bandung, Yogya, Semarang, dan Surabaya.

        Dan peristiwa di Bandung itu memang sangat konyol dan tragis.

        Sekali lagi terima kasih. Mohon maaf bila ada kata-kata yang kurang pada tempatnya.

        Salam

      • Usup Supriyadi
        Jun 21, 2010 @ 14:24:17

        O ya, komentarnya sudah coba saya tanggapi lagi, silahkan klik di sini *nunjuk komentar saya yang di awal-awal* :mrgreen:

        ———————————————-

        Terima kasih banyak.

  21. wardoyo
    Jun 20, 2010 @ 14:59:16

    Senangnya bisa berbagi informasi.
    Satu hal yang penting dari hasil survey adalah adanya minat yang tinggi masyarakat Inggris (33%) untuk mengenal Islam lebih jauh. Saya termasuk yang yakin bahwa hasil survey ini mewakili pandangan sebenarnya dan banyak dipengaruhi oleh tragedi Pasca 9/11.
    Mudah-mudahan saja para konglomerat Arab tidak hanya sekedar membeli klub-klub sepakbola Inggris, tetapi juga bisa mengubah image masyarakat Inggris terhadap Arab dan Islam.
    Salam.

    —————————————–

    Alhamdulillah, kehadiran Mas juga di sini sangat berarti, bisa melengkapi tulisan saya di atas.

    Peristiwa 9/11 menumbuhkan pencitraan negatif , meyububurkan kecurigaan, bahkan kebencian terhadap Islam dan Muslim. Sementara orang-orang Arab, yang juga Muslim, banyak menanamkan uangnya di negara-negara Barat dan bersenang-senang di sana. Peran mereka tidak banyak berarti bagi Islam dan umatnya.

    Tapi , menariknya, pasca 9/11 itu semakin banyak yang ingin mengetahui tentang Islam. Dan paling banyak terjadi konversi agama ke Islam justru setelah peristiwa tersebut.

    Terima kasih.
    Salam

    Reply

  22. investasi emas
    Jun 20, 2010 @ 20:14:31

    duh penafsiran mereka salah bgt tuh,…
    moga aja suatu saat mereka sadar,..

    —————————————

    Ya mudah-mudahan. Mereka juga cukup banyak yang ingin mengnal Islam lebih jauh.

    Terima kasih.

    Reply

  23. NoRLaNd
    Jun 20, 2010 @ 20:19:34

    Kalau sudah rasis-rasis seperti ini, aku rada-rada speechless :(

    —————————————————–

    Itu semua adalah hasil sebuah survei di Inggris yang digelar oleh YouGov, sebuah lembaga survei berbasis internet yang aktif di Inggris, Timur Tengah, Amerika Serikat, Jerman, dan Skandinavia.

    Terima kasih.

    Reply

  24. sunarnosahlan
    Jun 20, 2010 @ 20:37:35

    sepertinya penguasaan informasi yang paling menentukan mengapa islamofobia masih cukup tinggi di Eropa, sebaliknya faktor budaya pula jumlah Islam cenderung meningkat

    —————————————————-

    Betul, mereka kurang sekali memperoleh akses untuk menadapatkan informasi yang benar tentang Islam.

    Hal-hal yang baik berkaitan dengan Islam dan Muslim jarang sekali diekspos media. Sebaliknya, hal-hal negatif yang berkaitan dengan Islam dan umatnya selalu mendapat pemberitaan yang gencar.

    Karena itu ungkapan populer dalam dunia komunikasi ada benarnya,”Siapa yang menguasai informasi akan menguasai dunia”.

    Terima kasih.
    Salam.

    Reply

  25. kopral cepot
    Jun 20, 2010 @ 22:10:38

    antara ketidak tahuan dan asosiasi hasil akhirnya prasangka

    ———————————————–

    Karena ketidaktahuannya seseorang akan mengasosiasikan sesuatu kepada hal-hal yang tampak walau sekilas. Dan semuanya itu akan melahirkan prasangka, kecurigaan, juga permusuhan.

    Hatur nuhun .

    Reply

  26. Dangstars
    Jun 20, 2010 @ 22:14:11

    Wah 69% yang ngeri tuh Kang

    ————————————————-

    Jumlahnya sangat besar, karena mereka menganggap pemakaian jilbab pun sebagai penindasan perempuan. Kewajiban menutup aurat bagi Muslimah dianggap sebagai pengekangan kebebasan perempuan.

    Kebebasan, bagi mereka, adalah segalanya.
    Terima kasih.

    Reply

  27. Dangstars
    Jun 20, 2010 @ 22:15:14

    mantap nih tulisannya semoga membuat kita menjadi nikmat jadi seorang muslim

    ——————————————————

    Dalam agama kita, IMAN dan ISLAM merupakan nikmat terbesar yang dianugerhkan Allah SWT. Semoga kita bisa mensyukuri nikmat tersebut.

    Terima kasih.
    Salam buat Medan

    Reply

  28. satu kata
    Jun 20, 2010 @ 23:42:54

    semoga pemahaman tentang islam lebh baik, bukan hanya soal negatif’y saja
    oh ya salam kenal, nìce post
    ——————————————

    Persentase yang menginginkan mengetahui lebih jauh tentang Islam cukup tinggi. Dari mereka diharapkan pencitraan negatif terhadap Islam bisa berkurang.
    Salam kenal kembali.
    Terima kasih atas kehadirannya di sini.

    Reply

  29. dedekusn
    Jun 21, 2010 @ 00:04:15

    Kunjungan malam kang Abdul… Semoga Islam berkembang dgn pesat di Inggris & dimanapun…
    & mudah2an persepsi mereka thd Islam jauh dari persepsi teroris,

    ————————————————-

    Kita berharap demikian, mereka bisa memperoleh informasi yang akurat tentang Islam, sehingga persepsi negatif bisa semakin berkurang.

    Terima kasih.

    Reply

  30. Delia
    Jun 21, 2010 @ 00:18:46

    Survey yang sangat bagus…
    kita pun jadi tahu mengenai pandangan masyarakat inggris..
    33 % lumayan banyak..
    tapi mengenai 50 50 % esktrim dan teroris :( jadi sedih ya..
    Islam itu kan Indah

    Terima kasih pak Infonya

    ———————————————-

    Dari yang 33% inilah kita berharap. Semoga keinginan mereka untuk lebih mengetahui Islam bisa menjadikan mereka memiliki pemahaman yang benar tentang Isam dan Muslim. Dan mereka yang mengasosiasikan dengan hal-hal negatif bisa semakin berkurang.

    Terima kasih Lia.
    Salam.

    Reply

  31. Siti Fatimah Ahmad
    Jun 21, 2010 @ 08:33:12

    Assalaamu’alaikum Bapak Abdul Aziz

    Dengan hormat dan takzimnya, saya berharap sahabat sudi menerima AWARD PERKASA – KAU ADALAH YANG TERBAIK, sempena sambutan HARI BAPA di Malaysia pada 20 Jun 2010. Ia sebagai menghargai persahabatan dalam perkongsian ilmu di ruang maya dan mengenangi jasa para bapa dalam memperjuangkan kehidupan yang harmoni untuk kebahagiaan keluarganya.

    http://websitifatimah.wordpress.com/2010/06/21/20-jun-2010-selamat-hari-bapa-untukmu-malaysia-dan-indonesia/

    Salam mesra dari saya.

    ———————————————–

    Wa’alaikumussalam,
    Alhamdulillah, terima kasih banyak atas awardnya. Award ini merupakan jalinan silaturahim antara sesama blogger. Semoga ukhuwah semakin erat.

    Terima kasih.
    Salam dari Indonesia buat Ibu sekeluarga.

    Reply

  32. BaNi MusTajaB
    Jun 21, 2010 @ 10:56:04

    semoga di masa depan, mereka lebih faham lagi tentang Islam….amin..

    —————————————-

    Mudah-mudahan mereka dimudahkan Allah untuk mengenal Islam lebih baik lagi. Amin.

    Terima kasih .

    Reply

  33. Red
    Jun 21, 2010 @ 11:15:06

    • 33% menyatakan ingin tahu lebih banyak tentang Islam. <—— nah ini factor y gperlu digali lebih dalam. bukan maen2 loh ini jumlahnya agar darisana tercipta generasi yg lebih memahami kultur islam

    ————————————————

    Dari yang 33% inilah diharapkan bisa tercipta warga yang saling memahami, saling menghargai, dan penuh toleransi di antara sesama umat manusia, karena setiap agama menjungjung tinggi nilai kasih dan kemanusiaan.

    Terima kasih Mas.

    Reply

  34. bayuputra
    Jun 21, 2010 @ 15:05:48

    saya setuju dengan yang dikatakan kang dangstar, yang 69% yang ngeri …

    ————————————————-

    Sebagian besar disebabkan karena terbatasnya informasi yang benar tentang nilai-nilai Islam yang mereka peroleh. Kalau mereka sudah mengenal Islam dengan baik , insya Allah akan berkurang.

    Terima kasih.

    Reply

  35. munir ardi WP
    Jun 21, 2010 @ 18:35:39

    salam kenal dari newbie, yang menjadikan aku miris sesama Islam menyebut saudaranya sendiri teroris pada real teroris itu israel dan amerika

    ————————————————

    Masyarakat Inggris kesulitan memperoleh informasi yang benar tentang Islam dan umatnya, sehingga timbul berbagai kecurigaan dan prasangka buruk yang didasari karena ketidaktahuannya itu. Mungkin juga ada semacam ketakutan mereka terhadap Islam. Islam merupakan agama yang berkembang paling pesat di dunia Barat saat ini.

    Terima kasih.
    Salam kenal dari Cianjur.

    Reply

  36. Trackback: “Inspired by Muhammad” , Sebuah Kampanye untuk Meningkatkan Citra Islam di Inggris « Islam 4 All
  37. Ruang Hati Blog
    Jun 27, 2010 @ 17:15:30

    Semoga Islam bisa selalu ditegakan dengan benar oleh umatnya dimanapun, agar lebih banyak memberikan kemaslahatan bagi manusia dan mahluk di alam semesta

    Reply

  38. yanrmhd
    Jun 29, 2010 @ 00:38:20

    kita boleh dibenci karena hasutan2 setan dan para pengikutnya…tapi kita tak boleh putus asa dan menyerah begitu saja, kita harus yakin…Islam adalah yang terbaik, karena itu ia selalu dibenci golongan yang tidak mengerti dan tidak puas…

    semangat!! kaum muslimin! Islam pasti akan semakin bersinar…insya Allah,
    semangat!! do the best, bismillah…

    Reply

  39. deewahjoedi
    Jun 29, 2010 @ 06:36:41

    semoga warga inggris bisa lebih jelas mngenal islam dan menjauhi stigma2 yg sudah ada.
    salam hangat

    Reply

  40. febri
    Jul 07, 2010 @ 21:13:58

    Kembali kedunia maya…
    Setelah lama hiatus dan tidak melakukan blogwalking

    Hidup Blogger Indonesia.
    Febri
    Blogger Indonesia

    Reply

  41. febri
    Jul 07, 2010 @ 21:16:25

    gambarnya sangat bagus mas… saya copas ya…

    Reply

  42. adulc
    Jul 21, 2010 @ 21:26:39

    Syukron infonya semoga bermanfaat bagi perkembangan Islam agama yang damai

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

IP
My Popularity (by popuri.us)
Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 40 other followers

%d bloggers like this: