Populasi Muslim Dunia ( Part 4 of 4 ) : Lebih dari Separuh Muslim Eropa Adalah Penduduk Asli


Sabtu, 07 November 2009 | 17: 47

20090813185400Selama ini orang selalu beranggapan bahwa populasi Muslim Eropa adalah para imigran yang berasal dari negara-negara bekas jajahan. Memang ada benarnya, tapi itu hanya di Eropa bagian barat saja. “Sisanya di Russia, Albania, Kosovo, dan yang lainnya, adalah penduduk asli. Lebih dari separuh Muslim di Eropa adalah penduduk asli”, kata Allan Cooperman, Associate Director Pew Forum.
Di Eropa Barat , komunitas Muslim merupakan imigran dan juga anak-anaknya yang lahir dan besar di Eropa. Mereka berdatangan dari Turki, Afrika Utara, dan Asia Selatan.

Pertumbuhan populasi Muslim dunia tercepat terjadi di benua Eropa, yang kini memiliki 38.112.000 penganut Islam atau sekitar 5,2 % dari total penduduk Eropa. Jumlah ini merupakan 2,4 % dari populasi Muslim dunia.

Jerman merupakan negara Eropa Barat dengan penduduk Muslimnya terbesar, yaitu 4.026.000 jiwa. Jumlah Muslim Jerman ini hampir menyamai populasi Muslim di seluruh negara benua Amerika, yaitu 4.596.000 jiwa, yang  kebanyakan tinggal di Amerika Serikat , sebesar 2.454.000 jiwa.

Muslim Jerman juga jumlahnya lebih banyak dari Lebanon ( 2.504.000 jiwa ), sebuah negara Arab di Timur Tengah.  Jerman juga berada pada urutan ke-9  dari sepuluh negara yang jumlah Muslimnya terbesar tapi merupakan warga minoritas.

Sedangkan Russia ( 16.482.000 jiwa ) di Eropa Timur merupakan yang terbesar jumlah Muslimnya di seluruh Eropa. Jumlah sebesar ini merupakan 43,2 % dari total Muslim Eropa. Muslim Russia lebih banyak dari gabungan jumlah Muslim Jordan ( 6.202.000 jiwa  ) dan Libya  (  6.203.000 jiwa ), yang kedua-duanya termasuk negara Arab.

Russia berada pada urutan ke-4 terbesar, setelah India (160.945.000 jiwa ),Ethiopia ( 28.063.000 jiwa),  dan China ( 21.667.000 ) dalam urutan sepuluh negara yang jumlah Muslimnya terbesar tapi sebagai warga minoritas.

Dari keseluruhan jumlah Muslim di Eropa , sekitar 60% adalah penduduk asli negara-negara tersebut. Kebanyakan Muslim di Russia, Albania, Kosovo, Bosnia-Herzogovina, dan Bulgaria adalah warga asli di negaranya.

Sedangkan Prancis memiliki persentase yang lebih tinggi daripada Jerman, namun warga Muslimnya hanya 3.554.000. Sekitar 6% warga Prancis adalah Muslim, dan Jerman hanya sekitar 5%. Sedangkan di Inggris tinggal komunitas Muslim kurang dari 2 juta jiwa, kurang dari 3% dari total populasi warga Inggris.

Negara-negara Eropa dengan tingkat konsentrasi Muslim tertinggi berada di Eropa bagian timur dan tengah, yaitu Kosovo ( 90%), Albania (80%), Bosnia-Herzogovina  (40%) , Republik Macedonia ( 33%), Bulgaria ( 12% lebih ), dan Russia ( hampir 12%).

Beberapa bulan yang lalu, Daily Telegraph Inggris melaporkan tentang prediksi para ahli demografis tentang populasi Muslim di Eropa pada tahun 2050 yang diperkirakan mencapai 20% dari seluruh populasi benua itu.

Data demografis tentang tingkat pertumbuhan Muslim memperlihatkan bahwa meningkatnya jumlah populasi Muslim di negara-negara non-Muslim disebabkan terutama oleh imigrasi ( di negara-negara barat ) dan angka kelahiran yang lebih tinggi di seluruh dunia. Negara-negara yang mayoritas penduduknya Muslim memiliki angka pertumbuhan penduduk rata-rata 1,8% per tahun. Sedangkan angka pertumbuhan penduduk dunia hanya 1,12% per tahun.

Selain dua faktor di atas, pertumbuhan populasi Muslim juga disebabkan semakin banyaknya orang yang masuk agama Islam. Namun data mualaf ini sulit untuk diverifikasi.

New York Times pernah mengklaim bahwa 25% Muslim Amerika adalah mualaf. Di Inggirs juga ada klaim bahwa sekitar 10.000 sampai 20.000 orang menjadi Muslim tiap tahunnya.

Itulah barangkali yang menyebabkan berbagai pihak di negara-negara Barat melakukan berbagai upaya untuk mengurangi laju pertumbuhan jumlah Muslim dan upaya untuk melemahkan posisi komunitas Muslim secara politis, sosial, budaya maupun ekonomi.

Upaya itu dilakukan dengan cara-cara yang halus , vulgar, juga pembunuhan seperti beberapa waktu lalu di Jerman, bahkan penghancuran negara-negara Muslim , seperti Irak dan Afghanistan oleh rezim George W. Bush.

Walupun terus-menerus dilakukan propaganda negatif terhadap Islam, alih-alih masyarakat dunia takut terhadap Islam, yang terjadi justru sebaliknya. Sejak peristiwa 9/11, mereka semakin penasaran ingin mengetahui lebih banyak tentang Islam. Dan, al-hamdulillah, banyak di antara mereka yang mendapatkan hidayah dan menjadi Muslim. Menariknya, selama George Bush berkuasa , data di Amerika menunjukkan populasi Muslim semakin bertambah .

Gambar : Warga asli Jerman yang beralih memeluk Islam menjalankan shalat.                                        ( IslamOnline.net )

53 Comments (+add yours?)

  1. RitaSusanti
    Nov 07, 2009 @ 21:49:53

    Itu semua adalah rahasia ALLAH. Subhanallah semakin para kafirin ingin mengenyahkan islam dari muka bumi, justru di situ lah ALLAH membukakan hidayah kepada hamba2 NYA…

    ——————————————————————————————–

    Apa pun yang dikehendaki Allah pasti terjadi. Semoga ke depannya bisa menjadi lebih baik. Amin.
    Terima kasih mbak.
    Salam.

    Reply

  2. andry sianipar
    Nov 08, 2009 @ 00:20:56

    salam super,,,
    menurut saya memng semua fenomena yang ada makin mempertegas betapa syariah islam adalah yang paling sesuai dengan kehidupan manusia. bukan ideologi yang selama ini ternyata hanya menyengsarakan seluruh manusia.Allah adalah sebaik baiknya pengatur …

    ——————————————————————————————————-

    Terima kasih sudah berkunjung ke sini.
    Syariah Islam, memang untuk manusia, jelas paling sesuai dengan lehidupan manusia. Allah Maha Tahu tentang hal ini.
    Salam.

    Reply

  3. M Mursyid PW
    Nov 08, 2009 @ 02:59:37

    Bagus kalau kwantitas muslim meningkat. Tetapi akan lebih bagus lagi jika kwalitasnya juga meningkat.

    ———————————————————————————————–

    Kuantitas harus dibarengi dengan kualitas, itu sudah pasti. Dan soal kuantitas ini 14 abad yang lalu sudah menjadi kekhawatiran Rasulullah SAW. Beliau khawatir kalau jumlah populasi yang banyak itu hanya bagaikan buih di lautan saja, terombang-ambing gelombang, tak tahu mau ke mana ( lihat tulisan part 1 ).

    Sekarang, tentu menjadi kewajiban kita sebagai Muslim untuk meningkatkan kualitas kehidupan dan keberagamaan kita semua.
    Terima kasih Pak atas kunjungannya.
    Salam buat Pekalongan.

    Reply

    • ruanghatiberbagi
      Nov 08, 2009 @ 03:51:17

      setujuh, kualitas lebih bagus dari kejar kuantitas

      ———————————————————————————————-

      Betul Mbak , lebih bagus lagi kuantitas dibarengi dengan kualitas .

      Reply

      • kebebasanpemuda
        Nov 08, 2009 @ 11:22:34

        saya ikut ikutan setuju

        kualitas lebih baik daripada kuantitas

        ————————————————————————————————

        Lebih setuju lagi kalau kuantitas tinggi disertai dengan tingginya kulaitas.
        Terima kasih.

  4. kebebasanpemuda
    Nov 08, 2009 @ 11:24:13

    Ratu senang menyanyikan lagu BUAYA DARAT
    Cinta laura berkata PENGKHIANAT CINTA
    Padi sedang MENANTI SEBUAH JAWABAN
    Peter Pan juga MENANTI PAGI serta KHAYALAN TINGKAT TINGGI
    Ungu sedang merasakan DILEMA CINTA
    Hello suka dengan ULAR BERBISA
    Seventeen sedang mencari JALAN TERBAIK
    dan akhirnya
    KPK DI DADAKU
    Slank memberi sedikit tambahan
    jangan SEPERTI PARA KORUPTOR

    Bangkit! Lawan KORUPSI
    Menteri Muda Blogwalking dan Komentar
    Republik Narablog jilid 2.
    hahaha

    ——————————————————————————————–

    Menteri yang satu ini pasti tidak ikut audisi di Cikeas ya ?

    Reply

    • kebebasanpemuda
      Nov 08, 2009 @ 11:25:11

      Info hot!!!
      Anda harus liat dan beri komentar. Video terpanas minggu ini tentang cicak lawan buaya. Pertanyaan tentang korupsi dapat di berantas atau tidak ada jawabannya. Setelah itu silahkan tertawa.

      ————————————————————————————

      Wah lucu banget si Anggodo itu mas.

      Reply

      • kebebasanpemuda
        Nov 08, 2009 @ 11:27:06

        Bangkit! Lawan KORUPSI
        Menteri Muda Blogwalking dan Komentar
        Republik Narablog jilid 2.
        hahaha
        Kadang OOT (Out Of Topic) kadang gak

        Yang penting tetap komen……

        ——————————————————————————————

        Okay, Selamat berjuang Menteri Republik Komen !

  5. jalandakwahbersama
    Nov 08, 2009 @ 12:23:04

    Assalamu’alaikum,
    Alhamdulillah, senang mengetahui banyak saudara muslim di belahan bumi yang lain. Semoga seiring berjalannya waktu, semakin banyak bertambah orang-orang dibelahan bumi yang lain, yang memeluk agama islam, amin. (Dewi Yana, http://dakwahdewi.herfia.com

    —————————————————————————————–

    Wa’alaikumussalam,

    Semoga di waktu-waktu mendatang , seiring dengan meningkatnya kuantitas bisa dibarengi dengan semakin meningkatnya kualitas Muslim kita.
    Terima kasih.

    Salam buat keluarga.

    Reply

  6. Pakde Cholik
    Nov 08, 2009 @ 17:04:38

    Saya kadang mengalami kesulitan jika dinas ke luar negeri karena repot mencari tempat ibadah jika sedang meeting di kantor.Kalau di hotel saya biasanya lari ke kamar untuk sholat, lalu meeting lagi.
    terima kasih informasinya.
    salam hangat dari Surabaya

    —————————————————————————————————

    Dari berbagai informasi, konon, jangankan tempat ibadah, sekolah , atau pemakaman untuk Muslim, memperlihatkan saja sedikit identitas keislaman sudah bisa menghadapi masalah. Posisi tawar komunitas Muslim memang rendah, berbeda dengan Yahudi. Tapi kita tetap berharap semoga ke depannya lebih baik.
    Terima kasih Pakde.
    Salam buat keluarga di Surabaya.

    Reply

  7. yusupman
    Nov 08, 2009 @ 18:18:53

    di eropa memang perkembangan islam begitu cepat ya..Islam adalah agama yang paling laku dinegara seperti jerman khususnya dan eropa lebih luasnya..

    ————————————————————————————————

    Semoga peningkatan populasi Muslim di Eropa ini bisa seiring dengan peningkatan kualitas keberagamaannya, sosial ekonominya, dan diperhitungkan secara politis.
    Terima kasih.
    Salam.

    Reply

  8. bluethunderheart
    Nov 08, 2009 @ 21:38:12

    malam bang
    pa cabar
    semangat yuk
    salam hangat selalu

    ——————————————————————————–

    Selamat malam,
    Alhamdulillah baik-baik saja.
    Salam hangat juga dari Cianjur

    Reply

  9. adi isa
    Nov 08, 2009 @ 21:47:32

    mungkin, laksana setitik air dilautan luas, artinya, bukan kuantitas, tapi kualitas. tulisan inipun membuka cakrawala.

    —————————————————————————————————

    Ya , tentunya kuantitasnya tinggi sekaligus berkualitas tinggi. Itu yang kita harapkan .Mudah-mudahan saja. Amin.
    Terima kasih.
    Salam

    Reply

  10. zipoer7
    Nov 08, 2009 @ 23:15:03

    Salam Takzim
    Lari-lari-lari mau ditutup buruan, heh ngeheh ngeheh, cepat mau ditutup pintunya.. doh jangan kentut dong, lari aja sampai terkentut-kentut
    Salam Takzim Batavusqu

    ———————————————————————————————–

    Pakai onthel Bang supaya cepet.
    Terima kasih bang.
    Salam buat keluarga.

    Reply

  11. arkasala
    Nov 08, 2009 @ 23:39:07

    Alhamdulillah membaca artikel ini sangat menyejukkan Kang. Islam berarti mengalami perkembangan yang baik. Syukur2 apa yang dialami PakDhe kelak tidak lagi kesulitan sebagaimana mudahnya mencari mesjid di negeri ini. Trims atas artikelnya Kang. Salam🙂

    —————————————————————————————–

    Mudah-mudahan saja Kang kondisinya semakin membaik. Semakin ditekan, Islam ini semakin menarik. Selama si Bush berkuasa, justru di AS ini pertumbuhan muallaf sangat tinggi. Dan rekor tetinggi yang menjadi Muslim di AS sepanjang sejarah terjadi pada masa Islam betul-betul ditekan di masa rezim si Bush itu.
    Terima kasih Kang Yat.
    Salam buat Surabaya.

    Reply

  12. indra1082
    Nov 09, 2009 @ 09:26:53

    semoga mayoritas, menjadikannya berkwalitas…🙂

    ——————————————————————————————

    Ya semoga saja, kuantitas bertambah diiringi dengan peningkatan kualitas. Amin.
    Terima kasih.
    Salam.

    Reply

  13. ruanghatiberbagi
    Nov 09, 2009 @ 14:35:39

    menyapa Pak Abdul Aziz, semoga awal minggu (senin) ini mengawali kesuksesan minggu ini, salam untuk semua keluarga

    ———————————————————————————————-

    Terima kasih, Mbak. Senang sekali dikunjungi terus, sebaliknya mohon maaf tidak sering berkunjung balik.
    Sukses selalu Mbak.
    Salam buat seluruh keluarga.

    Reply

  14. KangBoed
    Nov 09, 2009 @ 19:49:08

    RAIHLAH “JATI DIRI MANUSIA”.. untuk
    MENGEMBALIKAN JATI DIRI BANGSA INDONESIA
    Salam Cinta Damai dan Kasih Sayang ‘tuk Sahabat Sahabatku terchayaaaaaank
    I Love U fullllllllllllllllllllllllllllllll

    ———————————————————————————————-

    Terima kasih Kang kunjungannya. Tampaknya sekarang selalu sibuk , postingannya terus mengalir dengan deras.
    Sukses selalu. Semoga kita semakin mengenal diri kita sendiri.
    I love U 2
    Salam.

    Reply

  15. KangBoed
    Nov 09, 2009 @ 19:50:58

    MUSLIM sangat banyaaaaaaaaaak sekali tetapi Mu’min oo sungguh sedikit sekali.. mari kita raih Mu’minun dalam Jiwa jiwa yang TENANG

    ———————————————————————————————

    Kita senantiasa harus tetap istiqamah ( konsisten ) dengan keislaman kita. Mudah-mudah kita bisa menjadi Muslim yang Mu’min dengan segala totalitasnya ( kaffah ). Amin.
    Thx. CU.
    Salam.

    Reply

  16. atmakusumah
    Nov 09, 2009 @ 21:47:27

    asalamu’alaikum…
    Saya dengar juga katanya Jerman memang paling banyak komunitas Muslimnya…
    Islam itu Rahmatan Lil Alamain, semoga ini semua menjadi bukti bahwa Islam berkembang tidak selalu dengan cara kekerasan…
    Posting yang bagus sekali pak

    salam saya

    ——————————————————————————————–

    Wa’alaikumussalam,
    Betul sekali Kang, di Eropa Barat, Jermanlah yang paling banyak Muslimnya. Jumlahnya hampir menyamai jumlah Muslim di seluruh benua Amerika. Dan lebih besar jumlahnya dibandingkan dengan Lebanon di Timur Tengah.
    Tapi secara keseluruhan di benua Eropa, Muslim Russia yang paling besar jumlahnya, yaitu 16 juta jiwa lebih.
    Terima kasih Kang kunjungannya.
    Salam.

    Reply

  17. dedekusn
    Nov 09, 2009 @ 23:22:46

    INFO BARU BAGI SAYA KANG.
    NUHUN, NAMBAH PENGETAHUAN

    ———————————————————————————————–

    Semoga ada manfaatnya.
    Thx.

    Reply

    • dedekusn
      Nov 09, 2009 @ 23:24:35

      NUHUN PISAN….
      THNAKSSSS
      SALAM DARI CIAMIS
      SUKSES TERUS KANG

      ————————————————————————————————

      Nuhun Kang tos rurumpaheun ka dieu. Can tiasa ka Ciamis yeuh. Rariweuh ku barudak. Postingan ge maksakeun saminggu hiji, eta oge kadang ampir teu kasiwer.
      Sakali deui nuhun.
      Salam ka sadayana di Ciamis.

      Reply

  18. dedekusn
    Nov 09, 2009 @ 23:27:18

    SELAMAT MALAM,
    SALAM SUKSES,
    SEMOGA SILATURAHIM TETAP TERJALIN,

    ———————————————————————————————–

    Tos wengi nya. Selamat malam.
    Semoga kesuksesan selalu menyertai kita dan orang-orang yang kita cintai.
    Ya mudah-mudahan semakin erat.
    Salam.

    Reply

  19. Budy Santoso
    Nov 10, 2009 @ 02:04:09

    Assalmu’alaikum maaf mas/kang saya baru bisa berkunjung kembali setelah sekian lama menghilang maklum sedang asyik menekuni bidang usaha yg baru, sekali lagi mohon maaf.
    Belum bisa komentar hanya kunjungan malam saja alias ronda.
    Salam sukses n ay lap yu pulll

    ——————————————————————————————

    Wa’alaikumussalam,

    Semoga sukses dengan usaha barunya. Bisnis naon yeuh ?
    Terima kasih.
    Salam buat semuanya di Bale Endah.

    Reply

    • Budy Santoso
      Nov 13, 2009 @ 01:28:24

      diajar usaha boss muka counter hp nyuhunkeun pidoana we mugi² aya dina ginanjar kawilujengan heheh…

      ——————————————————————————————

      Ya tentu, semoga sukses, segalanya lancar dan berkah. Amin.

      Reply

  20. perigitua
    Nov 10, 2009 @ 20:15:49

    hadiirrrrrrrr… lageeeeeeee….

    malam2 mengunjungi sahabat… setelah sekian lama tak bersua… Apa kabar sahabat?

    Alhamdulillah… Semoga kualitasnya juga semakin meningkat ya…! Amiieen…

    cu…

    ———————————————————————————-

    Terima kasih Kang sudah mampir ke sini. Alhamdulillah, baik-baik saja. cuma blogging jarang kebagian waktu.
    Mudah-mudahan kuantitas selalu disertai kualitas. Amin
    Hatur nuhun.

    Salam untuk Purwakarta.

    Reply

  21. Saung Web
    Nov 10, 2009 @ 23:42:58

    Kamana bae atuh.. kok gak pernah nongol

    ———————————————————————————————

    Duh punten we Pak ieu teh nuju sibuk teu pararuguh. Hoyong memposting tulisan saminggu sakali ge mani hese, upami teu maksakeun mah.
    Insya Allah aya waktos mah ka Kuningan.
    Hatur nuhun.
    Salam ka sadayana.

    Reply

  22. ahsinmuslim
    Nov 11, 2009 @ 09:48:01

    Subhanallah, semoga umat muslim terus meningkat tidak hanya dari segi kuantitasnya saja, tapi juga kualitas ibadahnya. Amin

    ———————————————————————————————

    Kita berharap begitu, kuantitas dibarengi dengan kualitas yang terus meningkat.
    Amin.
    Terima kasih.
    Salam

    Reply

  23. sedjatee
    Nov 11, 2009 @ 14:23:50

    berarti banyak juga warga asli eropa yang telah kembali ke jalan yang benar… salam sukses pak ustadz…

    sedj

    ———————————————————————————————–

    Begitulah Mas, ini hasil riset Pew Forum, sebuah lembaga riset terpercaya dari Washington DC, US.
    Terima kasih.
    Semoga sukses selalu.
    Salam.

    Reply

  24. kopral cepot
    Nov 11, 2009 @ 18:26:48

    Menariknya, selama George Bush berkuasa , data di Amerika menunjukkan populasi Muslim semakin bertambah

    Pertambahan populasi Muslim tentunya tdk “ujug-ujug” tp ada upaya yg dilakukan yaitu “dakwah” .. dakwah Islam yang humanis bukan sinis, yang ramah bukan marah, yang mengajak bukan mengejek WAJIB di kembangkan .. sanes itu pak guru ..

    wassalam

    ————————————————————————————–

    Betul sekali Kang, komunitas Muslim AS berusaha untuk mendakwahkan Islam dengan berbagai upaya. Mereka membayar sejumlah bis untuk mempromote Islam, kalau di kita kan iklan dengan gambar cewek cantik. Juga menerbitkan majalah untuk gadis Muslimah, Muslim Girl Magazine. Sebentar lagi akan ada TV untuk dakwah. Dan yang sangat saya sukai itu dakwahnya trio penyanyi rap, Native Deen. Mudah-mudahan lebih baik lagi di waktu yang akan datang.
    Terima kasih.
    Salam.

    Reply

  25. phonank
    Nov 11, 2009 @ 19:55:42

    Wah…
    ternyata penduduk asli di Eropa selain eropa barat, ternyata hampir semua muslim,,

    Kalau German saya tau akan hal itu, apalagi di sana hampir didominasi oleh warga turki.

    Nice posted

    —————————————————————————————-

    Terima kasih Mas sudah berkunjung ke sini.
    Betul sekali , data-data ini dari hasil riset The Pew Forum on Religion & Public Life, Washington, US
    Salam.

    Reply

  26. casrudi
    Nov 11, 2009 @ 21:54:38

    Alhamdulillah ya Kang, populasi Muslim semakin bertambah… Tinggal kitanya untuk mensolidaritaskan sesama muslim di dunia…

    Wilujeng wengi kang, hapunten nembe tiasa rurumpaheun…🙂 Salam baktos kanggo kulawargi di bumi… Teu kenging mesem2 payuneun monitornya, engke diseuseulan ku Embu…😀

    ———————————————————————————

    Alhamdulillah, nuhun ah …..
    Emut keneh kana monitor ….

    Reply

  27. dan
    Nov 12, 2009 @ 05:00:24

    1. Apabila telah datang pertolongan Allah dan kemenangan,2. dan kamu lihat manusia masuk agama Allah dengan berbondong-bondong,3. maka bertasbihlah dengan memuji Tuhanmu dan mohonlah ampun kepada-Nya. Sesungguhnya Dia adalah Maha Penerima taubat.

    ————————————————————————

    Semoga sejarah bisa berulang, seperti yang digambarkan dalam Surah An-Nashr di atas.
    Terima kasih.
    Salam

    Reply

  28. dedekusn
    Nov 12, 2009 @ 06:42:16

    Kunjungan silaturahim kang,
    Salam untuk org Cianjur

    ————————————————————————-

    Terima Kang kunjungannya. Semoga silarahim kita berlanjut.
    Salam juga untuk keluarga di Ciamis.

    Reply

  29. Badruz
    Nov 12, 2009 @ 07:37:28

    wah, gambar di atas, nggak ada yang pakai peci yah, mungkin hanya di Indonesia yang pakai peci.

    salam.

    —————————————————————————————-

    Betul Mas, maklum di Jerman belum ada yang jualan peci. Peci hitam memang khas Indonesia.
    Terima kasih.
    Salam.

    Reply

  30. Desain Lansekap
    Nov 12, 2009 @ 11:53:25

    Kunjungan siang…. Alhamdulillah ternyata banyak sekali warga Muslim di Eropa ya… Terima kasih infonya…Semoga populasinya semakin meningkat dengan kesadaran kaum lain bahwasanya Islam adalah ajaran yang benar

    ——————————————————————————

    Terima kasih Mas sudah mampir ke sini.
    Mudah-mudahan dengan meningkatnya populasi Muslim yang cukup pesat ini bisa menunjukkan bagi yang lain tentang kebenaran Islam.
    Terima kasih.
    Salam.

    Reply

  31. dan
    Nov 12, 2009 @ 17:36:10

    Islam adalah agama yang terbaik jika dipahami dengan pemahaman yang benar. Islam harus diperjuangkan dengan cara-cara yang baik bukan dengan terorisme.

    ————————————————————————

    Iya Mas, tapi yang kita sesalkan, mereka itu belum mengenal Islam tapi sudah memberikan stigma yang negatif terhadap Islam. Dan untuk memperjuangkan Islam merupakan kewajiban kita bersama, kewajiban setiap Muslim.
    Terima kasih.
    Salam buat Tegal.

    Reply

  32. Budy Santoso
    Nov 13, 2009 @ 01:30:01

    Assalamu’alaikum kunjungan malam ah sisakamling sakantenan ngajaga iman suapaya tidak lepas dari raga dan jiwa kita hehehe…

    Salam sukses n ay lap yu pulll

    ————————————————————————————

    Wa’alaikumussalam,

    Terima kasih Kang, di waktu sahur masih sempat berkunjung.
    Semoga keimanan kita semakin kokoh sampai akhir hayat.
    Salam buat keluarga

    Reply

  33. Berry Devanda
    Nov 13, 2009 @ 13:26:54

    salam …
    terimakasih infonya kang….
    sukses selalu….

    ——————————————————————————————

    Salam kembali Mas.
    Terima kasih atas kunjungannya.
    Semoga sukses.

    Reply

  34. bundadontworry
    Nov 13, 2009 @ 14:38:55

    Alhamdulillah, Allah Maha Besar. sesungguhnya mereka menyadari dan menjadi tahu bahwa Islam adalah agama rahmatan lil alamiin.
    hanya segelintir oknum saja yg melakukan hal2 yg dilarang Islam dgn berkedok agama.
    salam.

    —————————————————————————————

    Ya Bu betul sekali, Islam itu untuk siapa pun, kapan pun dan dimana pun. Semoga mereka semakin menyadari akan kebenaran Islam.
    Terima kasih.
    Salam.

    Reply

  35. qarrobin
    Nov 21, 2009 @ 13:29:56

    Eropa, Russia dan German(negara volvowanen) mengalami peningkatan kuantitas, semoga dibarengi dengan peningkatan kualitas…Amin

    @Abdaz makasih infonya

    —————————————————————————-

    Kita harapkan begitu Mas. Dan mereka juga berusaha untuk meningkatkan kualitas keberagamaannya dan juga kualitas kehidupannya. Sampai-sampai memperjuangkan untuk dapat dengan tenang memakai jilbab saja , seorang Muslimah terbunuh.
    Terima kasih.
    Salam.

    Reply

  36. حَنِيفًا
    Nov 21, 2009 @ 18:51:22

    Duh… teu karaos tos tamat deui.

    Hatur tenkiu sekali, infonyah.
    Insya Allah di jantenken rujukan upami teu ka abotan.

    Wassalam, Haniifa.

    ——————————————————————-

    Hatur nuhun Kang, muda-mudahan we aya mangpaatna, sasieureun sabeunyeureun.
    Wassalam.

    Reply

  37. akhlis
    Nov 22, 2009 @ 19:56:23

    Di Jerman banyak muslim mungkin karena banyak imigran Turki di sana ya?

    ——————————————————-

    Betul, kebanyakan Muslim Jerman merupakan imigran dari Turki. Juga dari negara-negara Eropa sendiri, yaitu dari Kosovo dan Bosnia. Mereka asalnya merupakan pengungsi selama perang antar negara-negara Balkan.
    Terima kasih.
    Salam.

    Reply

  38. Trackback: Persepsi Masyarakat Inggris terhadap Islam « Islam 4 All
  39. lhionthin
    Apr 08, 2012 @ 18:37:39

    mantap in

    Reply

  40. Pulau Tidung-aja
    Apr 18, 2012 @ 10:22:41

    Bisa jadi,suatu saat kebangkitan Islam muncul dari daratan Eropa.

    Reply

  41. anakLampung02
    Jun 13, 2012 @ 05:25:21

    seneng dengernya orng islam di eropa makin banyak aja

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

IP
My Popularity (by popuri.us)
%d bloggers like this: