Dasar-dasar Keberagamaan Seorang Muslim


Jumat, 4 Desember 2009 | 14:39

PARA  sahabat sedang bercengkerama dengan Rasulullah SAW pada suatu sore yang cerah, tiba-tiba datanglah seorang pemuda dengan santun dan akrab bertanya kepada nabi tentang dasar-dasar ajaran Islam. Ia bertanya,”Ya Rasulullah, beritahukan kepadaku apa yang dimaksud dengan iman ?” Nabi menjawab, ”Iman ialah bahwa engkau meyakini keberadaan Allah, malaikat-malaikat Allah, kitab-kitab yang diturunkan Allah, para rasul Allah, meyakini akan terjadinya hari kiamat, dan meyakini adanya takdir”. Sang pemuda itu bertanya lagi, ”Apa yang dimaksud dengan Islam?”.  Nabi menjawab,  ”Islam ialah bahwa engkau bersaksi tiada Tuhan selain Allah dan Nabi Muhammad itu utusan Allah, dirikan shalat, tunaikan zakat, laksanakan puasa Ramadhan dan ibadah haji ke Baitullah jika mampu”.

Terakhir, ia bertanya lagi, ”Ya Rasulullah beritahukanlah kepadaku apa yang dimaksud dengan ihsan?”.  Nabi menjawab lagi, ”Ihsan ialah bahwa engkau menyembah Allah seolah-olah engkau melihat-Nya. Jika pun engkau tidak melihat-Nya, Dia pasti melihatmu”.

Dialog antara Rasulullah SAW dengan pemuda – yang sebenarnya adalah malaikat Jibril – tadi merupakan penjelasan tentang tiga dasar pokok ajaran Islam. Dasar-dasar itu ialah Iman ( aqidah ) , Islam ( syari’ah ) , dan Ihsan ( akhlaq ).

Iman berarti percaya, setia, aman, melindungi, dan menempatkan sesuatu pada tempat yang aman. Orang yang beriman disebut mukmin, kebalikannya adalah kafir. Iman merupakan kunci keislaman seseorang yang dalam perwujudannya ditunjukkan dengan mengucapkan dua kalimat syahadat. Syahadat ini merupakan pernyataan kesaksian bahwa sesungguhnya tidak ada Tuhan selain Allah, dan sesungguhnya Nabi Muhammad itu utusan Allah.

Al-Quran banyak mencantumkan kata-kata iman dalam berbagai bentuk kata jadian. Kata-kata itu seperti yu’minu, yu’minun, amanu, mu’min, dan mu’minun, disebutkan tidak kurang dari 550 kali. Hal ini menunjukkan bahwa iman merupakan dasar paling pokok dalam membentuk keislaman seseorang. Iman dan Islam merupakan satu kesatuan yang tidak terpisahkan dan saling mengisi.

Iman tidak ada artinya tanpa amal saleh dan amal saleh akan sia-sia jika tidak dilandasi iman. Hal ini didasrkan pada firman Allah dalam Al-Quran Surah Al-Ashr ( 103 ) ayat 1-3 yang artinya :

“Demi masa. Sesungguhnya manusia itu benar-benar berada dalam kerugian, kecuali orang-orang yang beriman dan mengerjakan amal saleh dan nasihat- menasihati supaya menaati kebenaran serta nasihat -menasihati agar tetap dalam kesabaran”.

Amal saleh merupakan implementasi dari nilai-nilai ajaran Islam. Karena Islam diturunkan sebagai pedoman hidup agar manusia dapat menentukan mana yang baik dan mana yang buruk serta mana yang hak dan mana yang batil. Oleh karenanya, Allah tidak kurang dari 52 kali menggandengkan kata iman dengan amal saleh dalam Al-Quran.

Sejak awal penciptaan manusia, Allah SWT telah menurunkan agama yang dibawa oleh seorang rasul pada setiap masa tertentu dan untuk komunitas tertentu. Hal itu terus berlangsung sampai datang Nabi Muhammad SAW, nabi dan rasul terakhir yang diutus membawa agama bagi seluruh umat manusia dan berlaku sepanjang masa.

Islam merupakan agama samawi ( agama langit / revealed religion ) yang diturunkan oleh Allah SWT melalui ututsan-Nya, Muhammad SAW, yang ajaran-ajarannya terdapat dalam kitab suci Al-Quran dan sunnah dalam bentuk perintah-perintah, larangan-larangan, dan petunjuk-petunjuk untuk kebaikan manusia, baik di dunia maupun di akhirat.

Kata Islam berasal dari kata aslama, yuslimu, islam, mempunyai beberapa arti, yaitu (1) melepaskan diri dari segala penyakit lahir dan batin, (2) keselamatan, kesejahteraan, kedamaian dan keamanan, dan  (3)  penyerahan diri, ketaatan dan kepatuhan. Di dalam Al-Quran kata Islam disebut sebanyak 8 kali.

Sedangkan ihsan berasal dari akar kata ahsana-yuhsinu-ihsan yang berarti berbuat baik. Keadaan seseorang yang dalam beribadah kepada Allah SWT seakan-akan melihat-Nya (dengan mata hati). Jika tidak bisa melihat-Nya, maka ia yakin bahwa sesungguhnya Allah SWT melihatnya. Dengan demikian, ihsan berarti suasana hati dan perilaku seseorang untuk senantiasa merasa dekat dengan Tuhan, sehingga tindakannya sesuai dengan aturan dan hukum Allah SWT. Pengertian tersebuit ditunjukkan dalam dialog anatara Malikat Jibril dan Rasulullah SAW di atas.

Di dalam Al-Quran terdapat 11 tempat yang menyebutkan kata ihsan dengan berbagai konteks dan 40 tempat yang menggunakan kata itu sebagai sebutan pelaku ihsan ( orang yang berbuat baik/ muhsin ).

Muslim yang sejati adalah seorang yang mengarahkan segala perilaku dan kehidupannya hanya kepada Allh SWT. Hal ini dinyatakan dalam Al-Quran Surah Al-An’am (6) ayat 162 yang artinya , “Katakanlah, sesungguhnya shalatku, ibadahku, hidupku, dan matiku hanyalah untuk Allah, Tuhan semesta alam.”
Wallahu ‘alam bi ash-shawab.

Gambar : IslamOnline.net

40 Comments (+add yours?)

  1. dan
    Dec 04, 2009 @ 15:52:09

    ya, hadits Jibril -‘alaihissalaam- itu… dari Umar ibn Khothob -rodhiyallahu ‘anhu…
    Indahnya Islam.. bukti kebenaran Islam..

    —————————————————–

    Terima kasih Mas. Hadis itu dari Umar ibn Khaththab RA dan diriwayatkan oleh Muslim.
    Salam buat keluarga di Tegal.

    Reply

    • Dan ["_"]
      Dec 08, 2009 @ 05:11:25

      Sama-sama Pa🙂
      wa’alaikumussalaam wa rohmatullaah.. salam juga tuk Antum sekeluarga..

      ———————————–

      Mohon maaf Mas, saya belum sempat berkunjung ke tempat Mas.
      Salam saja buat keluarga.

      Reply

  2. sedjatee
    Dec 04, 2009 @ 16:01:14

    setuju pak ustadz… iman, islam dan ikhsan adalah dasar keislaman kita…. salam iman..

    sedh
    ————————————————

    Semoga kita bisa hidup dengan dasar-dasar itu secara istiqamah. Amin.
    Terima kasih.
    Salam.

    Reply

  3. arkasala
    Dec 04, 2009 @ 18:32:56

    Alhamdulillah mendapat ilmu ini. Ijin print Kang, biar pun anak juga ikut baca🙂
    Hatur nuhun pisan.
    Salam🙂

    ————————————————–

    Alhamdulillah, semoga bermanfaat.
    Terima kasih.
    Salam buat keluarga di Surabaya.

    Reply

  4. casrudi
    Dec 04, 2009 @ 19:04:59

    Landasan yang harus dianut oleh setiap muslim tentunya… Kapungkur nuju sakola atanapi di masigit sering Pak Ustadz ngabahas ieu, mung pami teu diemutan jiga kieu mah raraosan bakalan luntur…

    Alhamdulillah, katampi pisan linuhung elmu na Kang…
    Salam baktos kanggo Kang Abdaz sakulawargi….
    ————————————————–

    Alhamdulillah masih keneh emut ka zaman di masigit. Ayeuna mah urang tinggal niatan supaya tetep konsisten dina ngagem ajaran agama ieu.
    Hatur nuhun Kang.
    Salam hangat, oge ka sadayana di Kuningan.

    Reply

  5. alamendah
    Dec 04, 2009 @ 19:18:02

    iman islam dan ihsan.
    Ijin save as.
    ———————————————-

    Terima kasih Mas.
    Semoga bermanfaat.
    Salam dari Cianjur.

    Reply

  6. dedekusn
    Dec 04, 2009 @ 23:38:09

    Subhanallah Kang, postingannya sangat bermanfaat,

    “Muslim yang sejati adalah seorang yang mengarahkan segala perilaku dan kehidupannya hanya kepada Allh SWT.”

    Subhanallah… terima kasih sudah mengingatkan kang! postingan seperti ini yg sangat menyejukkan!
    Salam untuk keluarga di CIanjur

    ————————————————

    Kutipan di atas adalah makna dari janji kita yang dibaca setiap shalat di rakaat pertama, yaitu doa iftitah, yang tercantum dalam Surah Al-An’am ayat 162.
    “Inna shalati wa nusuki ………..”. Mudah-mudahan kita bisa menepati janji di hadapan Allah . Amin.
    Terima kasih.
    Salam buat semuanya di Ciamis.

    Reply

  7. bundadontworry
    Dec 05, 2009 @ 11:39:24

    setelah membaca postingan ini, semakin teduh rasanya hati dan kian bersyukur padaNYA, karena telah mengizinkan saya dan keluarga termasuk orang2 muslim, semoga kami bisa benar2 menjadi mukmin, amin.
    terima kasih telah menurunkan tulisan ini,Pak Aziz.
    salam hangat utk keluarga.
    salam.

    —————————————————–

    Tentu, kita harus mensyukuri keimanan yang kita miliki. Iman dalam kehidupan kita merupakan nikmat terbesar. Untuk mensyukurinya kita harus menjaga dan mengembangkannya. Karena iman itu bisa berkurang dan juga bisa bertambah.
    Mudah-mudahan kita diberi kekuatan untuk tetap istiqamah. Amin.
    Terima kasih.
    Salam untuk seluruh keluarga.

    Reply

  8. حَنِيفًا
    Dec 05, 2009 @ 18:49:25

    Subhanallah,
    Ngiring ngombe ilmu disinih, @Kang.

    —————————————-

    Terima kasih Kang. Semoga bisa memberikan sesuatu yang bermanfaat.
    Salam.

    Reply

  9. bluethunderheart
    Dec 05, 2009 @ 19:51:08

    malam bang
    pa cabar

    salam hangat sellau

    makasih y postnya
    ———————————-

    Alhamdulillah baik-baik saja.
    Salam hangat kembali.

    Reply

  10. abifasya
    Dec 06, 2009 @ 06:48:32

    Kunjungan Pagi Kang,
    Postingan yang sangat berharga kang, dan sangat mencerahkan, boleh ikut komen kan dibagian :
    “Muslim yang sejati adalah seorang yang mengarahkan segala perilaku dan kehidupannya hanya kepada Allh SWT. Hal ini dinyatakan dalam Al-Quran Surah Al-An’am (6) ayat 162 yang artinya , “Katakanlah, sesungguhnya shalatku, ibadahku, hidupku, dan matiku hanyalah untuk Allah, Tuhan semesta alam.”
    =======================================
    Jika mau dikatakan muslim sejati idealnya memang harus begitu, tapi masya Allah susahnya minta ampun untuk begitu teh. karena selalu saja hati ini tergelincir dalam ketidak ikhlasan, berbuat sesuatu bukan hanya karena Allah, tapi selalu juga karena yang lain. Astaghfirullah ….
    Salam hangat dari Bogor
    ———————————————

    Terima kasih kunjungan paginya.
    Tulisan-tulisan ini pertama-tama untuk mengingatkan diri saya sendiri, dan mudah-mudahan bermanfaat bagi seluruh pembaca. Seperti ayat 162 Surah Al-An’am di
    atas selalu kita baca kalau shalat, tapi kita sering lupa akan janji yang selalu kita ucapkan itu. Semoga ke depannya kita selalu ingat dengan janji kita itu. “Inna shalati wa nusuki ……….. lillahi rabbil ‘alamin”.
    Terima kasih.
    Salam hangat kembali dari Cianjur buat seluruh keluarga di Bogor.

    Reply

  11. Siti Fatimah Ahmad
    Dec 06, 2009 @ 08:20:29

    Assalaamu’alaikum

    Alhamdulillah, Iman, Islam dan Ihsan adalah penyepaduan mantap yang mengikat taqwa di hati kita sebagai muslim sejati. Mudahan kehidupan kita akan berakhir dengan husnul khatimah berbekalkan iman dan Islam menuju Tuhan Yang Maha Perkasa. Salam mesra dari Malaysia.

    ————————————-

    Wa’alaikumussalam,
    Semoga dalam sisa hidup kita ini masih bisa “memeluk” erat-erat iman, Islam dan ihsan . Dan kita kembali kepada-Nya dengan husnul khatimah. Amin.
    Terima kasih.
    Salam mesra dari Indonesia.

    Reply

  12. Budy Santoso
    Dec 06, 2009 @ 14:33:29

    Assalamu’alaikum sahabat maafkan saya jika akhir² ini saya jarang berkunjung di karenakan kesibukan dan aktifitas kantor saya yg sangat banyak menyita waktu sekali lagi mohon maaf n terimakasih atas pengertiannya.

    Salam sukses n ay lap yu pulll
    ———————————————

    Wa’alaikumussalam,
    Terima kasih Kang, sudah menyempatkan hadi di sini.
    Semoga segala aktivitasnya berjalan lancar dan sukses.
    Salam dari Cianjur.

    Reply

  13. BaNi MusTajaB
    Dec 07, 2009 @ 05:17:48

    Subhanallah… menyejukkan dan mencerahkan kembali pikiran…terima kasih, Pak.

    ————————————-

    Terima kasih Mas . Semoga memberikan sedikit manfaat. Amin.
    Salam.

    Reply

  14. ruanghatiberbagi
    Dec 07, 2009 @ 11:43:03

    trims pak, pencerahannya buat hati bisa lebih tenang dan sejuk, Salam sukse selalu semoga selalu dalam ridho Allah buat pak Abdaz sekeluarga
    ————————————–

    Terima kasih kembali Mbak.
    Sukses selalu dan tetap dalam lindungan-Nya. Amin.
    Salam.

    Reply

  15. Siti Fatimah Ahmad
    Dec 07, 2009 @ 21:37:05

    Assalaamu’alaikum

    Sahabat dirai dan dijemput ke Laman Menulis Gaya Sendiri untuk menerima AWARD PERSAHABATAN – YOU’RE A GREAT BLOGGER sempena ULANG TAHUN PERTAMA laman saya. Salam mesra dari Port Dickson, Negeri Sembilan, Malaysia.

    SITI FATIMAH AHMAD

    # juga sahabat yang pernah berkomentar di laman saya dan melihat iklan ini, bimbang saya tidak sempat ke laman sahabat pula kerana terlalu ramainya..

    —————————————-

    Wa’alaikumussalam,
    Selamat Ulang Tahun yang Pertama. Semoga semakin sukses.
    Terima kasih banyak awardnya. Saya terima dengan senang hati.
    YOU’RE A GREAT BLOGGER !

    Terima kasih.
    Salam hangat dari Cianjur, Indonesia.

    Reply

  16. zipoer7
    Dec 08, 2009 @ 10:15:43

    Salam Takzim
    Izin berkunjung pak, semoga kunjungan ini menjadi pengikat di pagi, siang, sore maupun malam. Teruslah bergerak pak karena bergerak lambang kehidupan
    Salam Takzim Batavusqu

    ————————————————-

    Selamat malam Bang,
    Terima kasih banyak atas kunjungannya, saya hanya bisa menjawab komentar saja, tidak bisa mengunjungi sahabat-sahabat blogger. Sedang sibuk-sibuknya, anak-anak lagi ujian semester. Mohon maaf.
    Terima kasih.
    salam buat keluarga.

    Reply

  17. Syahroyni
    Dec 08, 2009 @ 11:28:28

    betul tu mas . .

    ————————————

    Terima kasih banyak. Saya belum bisa berkunjung ke tempatnya Mas. Mohon maaf.

    Salam dan sukses .

    Reply

  18. ruanghatiberbagi
    Dec 08, 2009 @ 15:19:56

    baca lagi, memperkaya ilmu lagi…
    thanks ilmunya buat tambahan bekal.

    ———————————————-

    Terma kasih banyak Mbak. Mohon maaf, saya belum bisa mengunjungi Mbak.
    Sekali lagi terima kasih.
    Salam.

    Reply

  19. Lambang
    Dec 08, 2009 @ 17:36:35

    Salam hangat mas.
    Gimana kabarnya?

    ———————————————-

    Salam hangat kembali Mas.
    Al-hamdulillah baik-baik saja. Cuma lagi sibuk-sibuknya.
    Mohon maaf, sudah lama tidak mengunjungi Mas Lambang.
    Terima kasih kunjungannya.
    Semoga sukses .
    Salam dari Cianjur.

    Reply

  20. حَنِيفًا
    Dec 09, 2009 @ 07:32:10

    Assalamu’alaikum, @Kang.
    Manawi gaduh opieun?!:mrgreen:
    (apdet maksadnyah.. hahaha)

    —————————————

    Wa’alaikumussalam,
    Seueur opieun mah, ka dieu atuh.
    Mung moal waka tiasa nyuguhan apdet, nuju rarepot ieu teh.
    Nuhun Kang.
    Wassalam.

    Reply

  21. andipeace
    Dec 09, 2009 @ 10:16:15

    assalamu’alaikum
    senag sekali berkunjung kesini…mohon izin cetak tulisan ini.

    salam hangat

    —————————————-

    Wa’alaikumussalam,
    Terima kasih Mas kunjungannya. Saya mohon maaf belum bisa mampir ke tempat Mas.
    Silahkan Mas.
    Salam hangat dan semoga sukses.

    Reply

  22. abifasya
    Dec 09, 2009 @ 11:53:22

    Wiklujeng siang kang ?
    Dinten iyeu Pak Din Syamsudin dkk memperingati hari koperasi ehhhh… lepat … hari korupsi maksad na mah.
    akang lungsur teu ?

    ——————————————

    Muhun saurna teh Pak, mudah-mudahan we atuh panyakit bangsa urang teh henteu langkung parah. Aya ku resep-resep teuing nya korupsi teh.
    Ayeuna teh barudak nuju ujian semester Pak, rada sibuk ieu teh.
    Nuhun ah. Punten teu acan tiasa nganjang .
    Salam ka sadayana di Bogor.

    Reply

  23. M Shodiq Mustika
    Dec 09, 2009 @ 14:25:20

    Bagus.
    Indahnya Islam memang perlu disebarluaskan kepada banyak orang. Jangan Islam dikenal hanya ketika ada teror pengeboman.

    ——————————————-

    Betul Pak, memang itu menjadi kewajiban kita semua.
    Terima kasih Pak, sudah menyempatkan berkunjung ke mari. Mohon maaf belum sempat ke tempat Bapak lagi.
    Salam buat keluarga.

    Reply

  24. Pembuat Theme WordPress
    Dec 09, 2009 @ 19:03:45

    Maju terus islam…Cara Instalasi WordPress Yang Benar di WordPress.com

    ———————————–

    Mudah-mudahan Kang.
    Insya Allah nanti berkunjung balik. Dari Sunda ya ?
    Terima kasih.
    Salam.

    Reply

  25. Budy Santoso
    Dec 10, 2009 @ 00:30:30

    Assalamu’alaikum kunjungan malam kang sakantenan nuju ngaronda ieu teh mampir we sakedap hehehe….

    Salam sukses n ay lap yu pulll

    ————————————–

    Wa’alaikumussalam,
    Nuhun Kang. Mohon maaf saya belum bisa berkunjung lagi. Anak-anak lagi ujian semester, sedang sibuk-sibuknya.
    Salam buat keluarga di Bandung

    Reply

  26. bluethunderheart
    Dec 10, 2009 @ 00:35:19

    semangat
    semangat
    salam hangat selalu

    ——————————————–

    Terima kasih banyak atas supportnya. Mohon maaf, lagi sibuk-sibuknya hari-hari ini.
    Salam hangat dari Cianjur.

    Reply

  27. radensomad
    Dec 10, 2009 @ 19:27:49

    mas mau tukeran link gimana caranya? my blog : http://terbaru2010.com

    ———————————————

    Okay, Raden Somad sudah tampil di halaman Links.
    Terima kasih atas kunjungannya.
    Salam dari Cianjur.

    Reply

  28. kopral cepot
    Dec 11, 2009 @ 08:46:19

    Hatur tararengkyu slalu mengingatkan … dasar adalah fondasi .. mu’min n muslim adalah identity … hilang fondasi dalam diri hilang pula indentity.

    ———————————————-

    Tepat sekali Kang. Kalau kita sudah kehilangan identity tidak mungkin tergantikan dengan ID card…
    Nuhun pisan Kang.
    Salam baktos ti Cianjur.

    Reply

  29. Zico Alviandri
    Dec 11, 2009 @ 10:56:44

    Thx 4 sharing, pak🙂

    ————————————

    Tema kasih kembali, Mas.
    Salam.

    Reply

  30. Ahmad Farisi
    Dec 11, 2009 @ 15:26:18

    Assalamu ‘alaykum…
    tuan Guru kumaha damang? ayeuna nuju naon hehe….
    mantap tulisannya matur nuwun…
    ———————————————-

    Wa’alaikumussalam,
    Alhamdulillah, pangesto. Ayeuna teh nuju sibuk-sibukna di sakola. Biasa akhir semester. Tiasa basa Sunda kenging ti Cairo ?
    Hatur nuhun. Sukses selalu.
    Wassalam.

    Reply

  31. M Mursyid PW
    Dec 12, 2009 @ 01:36:01

    Assalamu‘alaikum…
    Absen kunjungan tengah malam. Maaf baru sempat berkunjung lagi.

    —————————————-

    Wa’alaikumussalam,
    Terima kasih Pak, kunjungan malamnya.
    Saya pun mohon maaf belum sempat mengunjungi Bapak.
    Salam hangat buat seluruh keluarga.

    Reply

  32. ruanghatiberbagi
    Dec 12, 2009 @ 22:18:27

    mengunjungi teman dan sahabatku pak abdaz, semoga akhir pekan ini dalam kebahagiaan bersama keluarga tercinta
    ——————–

    Terima kasih banyak Mbak, dengan setianya selalu berkunjung ke sini.

    Reply

  33. kopral cepot
    Dec 13, 2009 @ 06:46:21

    wilujeng sibuk UAS😉

    ———————————–

    Muhun Kang, rada riweuh oge.
    Nuhun kana kasumpingannana.
    Salam.

    Reply

  34. Abied
    Dec 13, 2009 @ 10:04:53

    Sepakat …🙂
    Tapi gak baca sampe habis, OLnya di warnet.
    Salam kenal ..

    ——————————————-

    Salam kenal kembali.
    Terima kasih atas kunjungannya.
    Salam dari Cianjur.

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

IP
My Popularity (by popuri.us)
%d bloggers like this: