Jesus was a Muslim


Jumat, 25 Desember 2009 | 00:05

Isa AS adalah nabi terakhir dari kalangan Bani Israil. Ia dilahirkan di Betlehem, Palestina. Ibunya adalah Maryam, sang perawan yang tumbuh-kembang di rumah Nabi Zakariya ( suami bibinya).

Maryam dikenal sebagai sosok yang selalu menjaga diri dan kehormatannya. Ia adalah seorang wanita yang saleh dan sehari-hari beribadah kepada Allah SWT di mihrabnya di Bait al-Maqdis . Suatu hari ia didatangi Malaikat Jibril yang memberitahukan bahwa ia mengandung karena izin Allah SWT. Dia hamil tanpa seorang suami, atas kehendak Allah. Kaumnya menuduh melakukan perzinahan dan meragukan keperawanannya.

Kejadian ini merupakan peristiwa mendadak yang sangat menakutkan baginya. Ia sangat sedih dan merasa namanya tercemar. Menjelang kelahiran bayinya, ia meninggalkan daerah tempat tinggalnya. Di bawah sebatang pohon kurma, jauh dari tempat asalnya, Maryam melahirkan.

Peristiwa aneh ini akhirnya ketahuan juga. Ia dituduh masyarakat melakukan perzinahan. Akhirnya ia hanya mampu memberi isyarat pada anaknya yang masih berada di dalam ayunannya. Bayi yang baru lahir itu dapat menyelamatkan ibunya dengan ucapan yang fasih bahwa ibunya tidak melakukan kesalahan dan kejadian tersebut semata-mata karena kehendak Allah SWT.

Tentang hal ini Allah menjelaskannya di dalam Al-Quran, yang artinya :

Maka Maryam membawa anak itu kepada kaumnya dengan menggendongnya. Kaumnya berkata: “Hai Maryam, sesungguhnya kamu telah melakukan sesuatu yang amat mungkar. Hai saudara perempuan Harun, ayahmu sekali-kali bukanlah seorang yang jahat dan ibumu sekali-kali bukanlah seorang pezina”, maka Maryam menunjuk kepada anaknya. Mereka berkata: “Bagaimana kami akan berbicara dengan anak kecil yang masih di dalam ayunan?”

Berkata Isa: “Sesungguhnya aku ini hamba Allah, Dia memberiku Al Kitab (Injil) dan Dia menjadikan aku seorang nabi, dan Dia menjadikan aku seorang yang diberkati di mana saja aku berada, dan Dia memerintahkan kepadaku (mendirikan) shalat dan (menunaikan) zakat selama aku hidup; dan berbakti kepada ibuku, dan Dia tidak menjadikan aku seorang yang sombong lagi celaka. Dan kesejahteraan semoga dilimpahkan kepadaku, pada hari aku dilahirkan, pada hari aku meninggal dan pada hari aku dibangkitkan hidup kembali.”

Itulah Isa putera Maryam, yang mengatakan perkataan yang benar, yang mereka berbantah-bantahan tentang kebenarannya. Tidak layak bagi Allah mempunyai anak, Maha Suci Dia. Apabila Dia telah menetapkan sesuatu, maka Dia hanya berkata kepadanya: “Jadilah”, maka jadilah ia.
Sesungguhnya Allah adalah Tuhanku dan Tuhanmu, maka sembahIah Dia oleh kamu sekalian. Ini adalah jalan yang lurus. ( QS Maryam [19] : 27 -36 )

Isa AS sejak kecil sudah menunjukkan sikap dan perilaku yang berbeda dibandingkan dengan teman-temannya yang sebaya. Ia menunjukkan semangat untuk menuntut ilmu. Sejak usia 12 tahun ia telah menghabiskan waktunya untuk menuntut ilmu dan menghadiri pertemuan serta diskusi para ulama di Bait al-Maqdis.

Tugas kenabiannya ia terima ketika berumur 30 tahun di Bukit Zaitun. Ia mendeklarasikan kerasulannya kepada Bani Israil yang ketika itu kehidupan keagamaannya telah jauh menyimpang dari ajaran Nabi Musa AS. Bahkan banyak yang telah murtad. Dengan berbagai mukjizat, ia membuktikan kenabiannya. Dalam waktu singkat ia berhasil memperoleh banyak pengikut.

Isa AS tinggal di Nashirah, Palestina. Nama Nashrani diambil dari nama tempat ini, Nashirah, yang dalam ejaan Inggris menjadi Nazareth. Karena itu dia terkenal dengan sebutan Jesus from Nazareth.

Sebutan Jesus berasal dari bahasa Yunani yang dalam Al-Quran sering disebut dengan Isa putra Maryam. Nama Isa putra Maryam ini sebagai penegasan bahwa dia adalah manusia biasa walau lahir ke dunia tanpa seorang ayah.

Sebutan Jesus untuk Nabi Isa juga biasa digunakan oleh komunitas Muslim di negara-negara Barat.  Judul artikel ini pun, Jesus was a Muslim, berasal dari sebuah tulisan pada T-shirt ( lihat gambar di atas ) bermerk StyleIslam rancangan Melih Kesmen, seorang desainer Muslim keturunan Turki yang tinggal di Jerman, beberapa bulan yang lalu.

Dari Nazareth inilah ia mengajak kaumnya untuk menyembah Allah. Dia selalu menasihati orang yang dia jumpai dengan Kitab Injil. Para Hawariyun ( sahabat dekatnya ) selalu menyertainya dalam dakwahnya. Di antara mereka dia kirim ke negeri Syam untuk berdakwah di jalan Allah.

Namun orang-orang Bani Israil melakukan konspirasi untuk membunuhnya. Mereka kemudian menyerahkan Nabi Isa kepada penguasa Romawi di Palestina yang bernama Pontius Pilatus. Penguasa Romawi ini berencana untuk membunuhnya dengan cara disalib. Namun Allah menyelamatkan Nabi Isa dengan menyerupakannya dengan orang lain di depan mata mereka. Kemudian Allah angkat dia ke hadirat-Nya. Allah mengungkapkannya di dalam Al-Quran, yang artinya :

…dan karena ucapan mereka: “Sesungguhnya kami telah membunuh Al Masih, Isa putra Maryam, Rasul Allah”, padahal mereka tidak membunuhnya dan tidak (pula) menyalibnya, tetapi (yang mereka bunuh ialah) orang yang diserupakan dengan Isa bagi mereka. Sesungguhnya orang-orang yang berselisih paham tentang (pembunuhan) Isa, benar-benar dalam keragu-raguan tentang yang dibunuh itu. Mereka tidak mempunyai keyakinan tentang siapa yang dibunuh itu, kecuali mengikuti persangkaan belaka, mereka tidak (pula) yakin bahwa yang mereka bunuh itu adalah Isa. Tetapi (yang sebenarnya), Allah telah mengangkat Isa kepada-Nya. Dan adalah Allah Maha Perkasa lagi Maha Bijaksana. ( QS An-Nisa [4] : 157 -158 ).

Mungkin timbul pertanyaan, agama apa yang dibawa Nabi Isa AS itu. Seluruh nabi dan rasul yang diutus Allah beragama Islam atau Muslim :

Katakanlah (hai orang-orang mukmin): “Kami beriman kepada Allah dan apa yang diturunkan kepada kami, dan apa yang diturunkan kepada Ibrahim, Isma’il, Ishaq, Ya’qub dan anak cucunya, dan apa yang diberikan kepada Musa dan Isa serta apa yang diberikan kepada nabi-nabi dari Tuhannya. Kami tidak membeda-bedakan seorangpun diantara mereka dan kami hanya tunduk patuh kepada-Nya”. ( QS Al-Baqarah [2] : 136 ).

Ujung ayat di atas berbunyi,wa nahnu lahu Muslimun” , “… dan kami hanya tunduk patuh kepada-Nya”.

Dan Isa AS serta para sahabatnya adalah Muslim :

Maka tatkala Isa mengetahui keingkaran mereka (Bani lsrail) berkatalah dia: “Siapakah yang akan menjadi penolong-penolongku untuk (menegakkan agama) Allah?” Para hawariyyin (sahabat-sahabat setia) menjawab: “Kamilah penolong-penolong (agama) Allah, kami beriman kepada Allah; dan saksikanlah bahwa sesungguhnya kami adalah orang-orang yang berserah diri. ( QS. Ali Imran [3] : 52 ).

Akhir ayat ini dengan tegas menyatakan,  “wasyhad bi anna Muslimun” , “ … dan saksikanlah bahwa sesungguhnya kami adalah orang-orang yang berserah diri.”

Islam adalah agama yang diwahyukan Allah kepada para nabi dan rasul-Nya untuk dijadikan pedoman hidup bagi manusia, yang akan mendatangkan kesejahteraan di dunia dan kebahagiaan di akhirat.

Dan siapa saja yang disebut umat Islam itu ? Ahmad al-Usairy mendefinisikan umat Islam sebagai kelompok yang diikat oleh akidah Islam sepanjang sejarah. Maka, siapa pun yang mengikuti Nabi mereka sejak zaman Nabi Adam AS hingga Nabi Muhammad SAW atau siapa saja yang akan senantiasa berjalan di atas hidayah dan petunjuknya hingga Hari Kiamat dan beriman dengan Tuhannya, maka mereka adalah umat Islam. Ikatan primordial mereka adalah akidah, bukan bahasa ataupun historis. Bukan pula iktan geografis atau asal-usul dan yang lainnya.

Sebagai penutup, kita perlu menyatakan apa yang dinyatakan Umar ibnul-Khaththab : “Kami adalah kaum yang Allah muliakan dengan Islam . Maka, jika kami menginginkan kemuliaan selain dengan Islam, pasti Allah akan menghinakan kami”.

Gambar : IslamOnline.net

38 Comments (+add yours?)

  1. alamendah
    Dec 25, 2009 @ 00:41:40

    (maaf) izin mengamankan PERTAMA dulu. Boleh kan?!
    Bagi kita yang muslim, itulah nabi Isa. Slebeihnya saya harus memahami tu;lisan ini.Maklum golongan orang yang awam.

    —————————————–

    Betul Mas, dia adalah seorang manusia, seorang nabi, seorang utusan Tuhan. Tidak lebih.
    Terima kasih.

    Reply

  2. arkasala
    Dec 25, 2009 @ 14:39:46

    sudah jelas kepada kita tersebut dalam ( QS Maryam [19] : 27 -36 ) dimaksud ya Kang. Jadi kita tidak perlu meragukan lagi kebenarannya. Nuhun Kang aya pencerahan lagi.
    Salam🙂

    ———

    Btw semoga keluarga di Cianjur sehat Selalu Kang.
    Salam hangat untuk keluarga.

    ———————————————————–

    Bukan tidak perlu meragukan, tapi dilarang meragukannya, karena hal tersebut dinyatakan langsung oleh Allah SWT.

    Terima kasih, semoga di Surabaya pun sadayana sehat wal afiat aya dina lindungan Gusti Nu Maha Suci. Amin.
    Salam buat seluruh keluarga.

    Reply

  3. Dangstars
    Dec 25, 2009 @ 18:36:44

    Terimakasih atas artikelnya ..
    sebagai wawasan yang terus bertambah..

    ————————————–

    Sami-sami Kang. Mudah-mudahan aya manfaatna.
    Salam buat keluarga di Medan.

    Reply

  4. Nanang
    Dec 25, 2009 @ 18:52:21

    Tulisan yang sangat bagus kang…semoga bisa menjadi hidayah bagi yang lain. linknya segera sy psng kang! terimakasih.

    ———————————————-

    Terima kasih kembali.

    Reply

  5. Nanang
    Dec 25, 2009 @ 18:56:36

    Oh ternyata link-na parantos d pasang?! hatur nuhun ah:-)

    ————————————

    Parantos atuh Kang. Sing sering we amengan ka dieu.
    Hatur nuhun.

    Reply

  6. kopral cepot
    Dec 25, 2009 @ 23:19:58

    “Kami adalah kaum yang Allah muliakan dengan Islam . Maka, jika kami menginginkan kemuliaan selain dengan Islam, pasti Allah akan menghinakan kami”.

    Janten emut kuliahan pak Mansyur SN … Sadayana agama para Nabi mung hiji nyaeta Islam.

    btw.. hatur nuhun pidu’ana mapag ti tanah suci rencana kaping 28 (kloter akhir)

    ———————————————–

    Leres pisan Kang. Inna dina ‘indallahil Islam (QS Ali-Imran : 19 ).

    Mudah-mudahan tiasa dugi deui ka tanah air kalayan salamet tur janten haji mabrur.
    Salam ka sadayana.

    Reply

  7. Fitri
    Dec 26, 2009 @ 06:47:50

    Jesus was a muslim, aku baru tahu ada slogan ini.

    —————————————-

    Maaf Mbak ini bukan slogan, sejak SD sudah diajarkan bahwa agama yang dibawa oleh semua nabi adalah Islam, karena itu setiap nabi adalah Muslim. Judul artikel ini diambil dari tulisan yang ada di T-shirt yang dipakai oleh kalangan Muslim di Jerman.
    Terima kasih.
    Salam.

    Reply

    • Husein Saladin
      Dec 26, 2009 @ 08:33:45

      Kalau saya pernah mendengar dan mengungkapkannya tapi tidak dalam bahasa Inggris.

      ——————————————

      Tentu, karena sejak di SD kita sudah diajarkan bahwa semua nabi adalah Muslim. Judul artikel di atas diambil dari sebuah tulisan pada T-shirt yang dipakai orang-orang Muslim Jerman . Karena Nabi Muhammad SAW sering dilecehkan orang-orang Barat, desainer Muslim di Jerman membuat kaos dengan tulisan tersebut untuk menunjukkan bahwa Islam sangat menghormati Nabi Isa AS. Tapi karena Jesus merupakan Tuhan bagi mereka , tulisan itu menimbulkan kotroversi.
      Dan sebutan untuk Nabi Isa AS, komunitas Muslim di Barat biasa menggunakan sebutan Jesus.
      Terima kasih atas kunjungannya.
      Salam.

      Reply

      • Husein Saladin
        Dec 28, 2009 @ 12:25:13

        saya coba ungkapkan sebuah kalimat lagi:

        “Muslim love Jesus”

        Kita sebagai muslim tentu mencintai para nabi termasuk Isa ‘alaihis-salam atau Jesus.
        ————————————————–

        Ya, tentu. Kita wajib mengimani semua rasul, termasuk Nabi Isa AS. Tidak mungkin mengimaninya tanpa mencintainya.
        Terima kasih.
        Salam.

  8. Ruang Hati
    Dec 26, 2009 @ 08:39:52

    mengunjungi pagi hari para sahabat narablog sambil melihat jikalau ada info baru buat nambah wawasan serta ilmu, selamat berakhir pekan bersama keluarga tercinta di penghujung tahun, Selamat menjelang tahun baru 2010. Salam dari ruang hati terdalam

    =========
    semua Nabiallah adalah Muslim , karena Islam adalah ajaran yang membawa kepada hal yang lurus

    ——————————————–

    Terima kasih silaturahimnya. Mudah-mudahan di tahun baru segalanya bisa lebih baik. Amin.

    Tepat sekali Mabk, agama yang dibawa para nabi — dari Nabi Adam AS sampai Nabi Muhammad SAW — adalah Islam. Karena itu , mereka semuanya adalah Muslim.
    Terima kasih.
    Salam.

    Reply

  9. dykapede
    Dec 26, 2009 @ 13:26:04

    Sekarang saya jadi tahu dengan membaca artikel dan terima kasih tentang postingnya ya. Salam D3pd, tuker link ya,,,sudah saya pasang ko.LAPOR!

    —————————————-

    Terima kasih kembali.
    Dykapede juga sudah diadd linknya di halaman links.
    Salam hangat dari Cianjur.

    Reply

  10. dedekusn
    Dec 27, 2009 @ 09:17:43

    Subhanallah, betul pisan kang…. setuju.

    —————————————————

    Ahamdulillahi rabbil ‘alamin.

    Reply

    • dedekusn
      Dec 27, 2009 @ 09:28:11

      Jesus was a Moeslem
      Jesus itu nabi Isa AS

      ————————————————–

      Betul Kang. Tapi entah kenapa komunitas Muslim di Barat lebih terbiasa menyebut Jesus, Moses , atau Abraham. Namun sebaliknya, mereka sekarang lebih banyak menggunakan sebutan Allah dari pada God.
      Terima kasih.
      Salam.

      Reply

  11. denindodutacipta
    Dec 27, 2009 @ 11:29:10

    Ass.KENAPA NABI YG TERAKHIR(NABI MUHAMMAD), TIDAK BOLEH ADA GAMBARNYA? KARENA AKAN TERJADI LAGI SPT ORG2 TERDAHULU (NABI ISA), PENG-KULTUS-AN.

    SALAM KENAL dan SALING MENGUNJUNGI serta SALING OYA,BISA PASANG BANNER GA YAH…???http://DUTACIPTA.WORDPRESS.COM

    —————————————————

    Wa’alaikumussalam,
    Terima kasih atas kunjungannya. Terima kasih juga untuk tambahan infonya.
    Salam kenal kembali.
    Linknya sudah dipasang di halaman Links.
    Salam.

    Reply

  12. KangBoed
    Dec 27, 2009 @ 14:44:03

    😆😆😆😆😆

    RAIHLAH “JATI DIRI MANUSIA”.. untuk

    MENGEMBALIKAN JATI DIRI BANGSA INDONESIA

    Salam Cinta Damai dan Kasih Sayang ‘tuk Sahabat Sahabatku terchayaaaaaank

    I Love U fullllllllllllllllllllllllllllllll

    ————————————–


    I LUV U 2
    THX.

    Reply

  13. KangBoed
    Dec 27, 2009 @ 14:44:47

    😆😆😆😆😆

    Salam Cinta Damai dan Kasih Sayang ‘tuk Sahabat Sahabatku terchayaaaaaank

    I Love U fullllllllllllllllllllllllllllllll

    ——————————————————-

    Terima kasih. Maaf sudah lama belum bisa berkunjung ke Kircon.
    Sukses !
    Salam hangat dari Cianjur.

    Reply

  14. Trackback: ngeBlog itu walaupun, bukan karena…. « Biar sejarah yang bicara ……..
  15. buraqmanari
    Dec 27, 2009 @ 18:37:16

    kebetulan saya juga sudah tau dengan semua itu, sewaktu diklat di pesantren Fajar Hidayah saya dikasih tau oleh salah seorang Uztadz. btw, semua itu adalah benar. persis seperti yang diceritakan kpd saya kemaren. Jangan lah diragukan, tapi mari kita yakini kekuasaan Allah sangat lah besar,

    ————————————————-

    Terima kasih atas tambahan infonya.
    Salam.

    Reply

  16. حَنِيفًا
    Dec 27, 2009 @ 19:34:49

    Assalamu’alaikum, @Kang Abdaz
    Salam silahturahim dan sono opieun urang Ciajur:mrgreen:

    ————————————–

    Wa’alaikumussalam,

    Terima kasih atas silaturahimnya. Hoyong opiun naon atuh ?
    Salam.

    Reply

  17. peri01
    Dec 28, 2009 @ 08:53:11

    salam kenal🙂

    ——————————————

    Salam kenal kembali.
    Tadi blognya sudah saya kunjungi. Sebuah blog yang bagus. Baru ya ?
    Terima kasih sudah mampir ke sini.
    Salam.

    Reply

  18. sedjatee
    Dec 28, 2009 @ 15:04:28

    sangat tepat… nabi Isa adalah Rasulullah yang mendakwahkan agama tauhid… nabi Isa tidak wafat, namun diangkat oleh Allah, dan kelak menjelang hari kiyamat akan turun kembali ke dunia dan membenarkan risalah Muhammad SAW… salam sukses pak Ustadz…

    sedj

    ————————————————–

    Terima kasih tambahan penjelasannya.
    Salam sukses juga buat Mas.

    Reply

  19. Deni
    Dec 28, 2009 @ 20:22:22

    Yesus = Isa = Tuhan
    Mohon penejalasan…

    —————————————

    Jesus berasal dari bahasa Yunani, karena Kristen berkembang setelah masuk Eropa. Sayangnya komunitas Muslim di Barat masih terbiasa dengan sebutan Jesus untuk menyebut Nabi Isa AS. Mengenai ketuhanan Jesus, sudah dijelaskan dalam Al-Quran bahwa itu tidak benar. Bahkan untuk menegaskan bahwa Isa AS ini manusia biasa, Allah banyak menyebut namanya dengan Isa ibn Maryam, Isa putra Maryam.

    Terima kasih. Mohon maaf Pak, sudah lama tidak bersilaturahim. Kesibukan di sekolah banyak menyita waktu.

    Salam buat seluruh keluarga.

    Reply

  20. Anak Adam
    Dec 29, 2009 @ 13:50:24

    @Kunjungan balik,

    Alhamdulillah,

    Itulah Isa putra maryam. Beliau adalah seorang rasul dan ibunya orang yang benar. Mereka berdua biasa makan makanan.

    sekaran musim hujan di Bandung, jaga kesehatan kang,

    Anak Adam

    ————————————————————

    Itulah, mengapa Allah menyebutnya Isa putra Maryam. Hal tersebut sebagai penegasan bahwa beliau manusia biasa.
    Link Anak Adam saya pasng di halaman Links
    Terima kasih.

    Salam

    Reply

  21. casrudi
    Dec 29, 2009 @ 17:47:56

    Wilujeng sonten Kang Abdaz… sim abdi ngaos dugi ka seep, ti luhur dugi ka handap, subhanalloh, alhamdulillah mencerahkan… pami aya mah abdi pesen hiji T-shirt na….😀
    ————————————————-

    Aduh hanjakal, tulisan dina T-shirt teh menimbulkan kontroversi, jadi tidak diproduksi lagi. Tapi kalau mau mah ada yang lagi ngetrend, T-shirtnya bergambar gurita.
    Mau ?

    Reply

  22. casrudi
    Dec 29, 2009 @ 17:49:33

    Punten nembe sowan ka sepuh, manawi aya award tutup tahun kanggo kang Abdaz, mugia katampi… mung hiji pamundutna, pami ngadangu ewot teu kenging seuseurian nya Kang….😀

    ———————————————–

    Wah nuhun pisan Kang. Alhamdu lillah masih keneh diaku geuning. Ngan ari ewot teh naon ? Seuseurian ge moal aya nu ningalieun.
    Sakali deui nuhun awardna. Engke bade nyiapkeun lemari khusus buat award.

    Reply

  23. casrudi
    Dec 29, 2009 @ 17:50:15

    Salam baktos kanggo kulawargi di bumi, mugia aya dina kawilujengan… (amin)

    —————————————–

    Hatur nuhun Kang. Urang silih duakeun. Mudah-mudahan urang aya dina lindungan Gusti Nu Maha Suci. Amin.
    Salam we ka sadayana.

    Reply

  24. kepinghidup
    Dec 30, 2009 @ 23:17:45

    Assalamualaikum ww… Allah menetapkan Nabi dan RasulNya untuk menunjukkan jalan yang lurus… gitu ya pak.. salam

    —————————————————–

    Wa’alaikumussalam,
    Mudah-mudahan kita bisa mengikuti jalan lurus yang ditunjukkan para Rasul-Nya . Amin.
    Salam.

    Reply

  25. digituck
    Dec 31, 2009 @ 22:56:43

    Melih Kesmen … nama yg belum pernah aku dengar ,,, trims infonya Pakde Aziz🙂

    ——————————————————–

    Tentu belum dikenal, seorang Muslim apalagi imigran menemui berbagai kendala dalam profesinya. Akses ke media juga sangat sulit. Kecuali kalau kejelekan selalu dicari-cari media. T-shirt rancangannya itu pun jadi kontroversi, akhirnya produksinya dihentikan.
    Terima kasih.
    Salam.

    Reply

  26. Lambang Emha
    Jan 01, 2010 @ 12:49:32

    Islam adalah agama yang diwahyukan Allah kepada para nabi dan rasul-Nya untuk dijadikan pedoman hidup bagi manusia, yang akan mendatangkan kesejahteraan di dunia dan kebahagiaan di akhirat.

    Kalau di rukun Iman ada empat kitab ya mas yang harus diimani.

    Mohon penjelasan hubungannya empat kitab ini dengan quote di atas.

    Salam Persahabatan.
    Maaf sudah lama ngga mampir ke sini.

    ————————————————————————–

    Assalamu’alaikum,

    Ajaran Islam diturunkan Allah tidak sekaligus, melalui proses yang panjang. Ajaran yang dibawa nabi sebelum Nabi Muhammad SAW bersifat kondisonal dan situasional, karena masih dalam proses. Berbeda dengan ajaran Islam yang diturunkan kepada Rasulullah SAW, lebih bersifat universal dan berlaku sepanjang zaman, tidak mengenal ruang dan waktu.

    Jadi Kitab Allah yang empat itu terus dilengkapi dan disempurnkan melalui wahyu yang diterima para nabi sampai wahyu terakhir yang diterima Nabi terakhir, Muhammad SAW.

    Ketika Rasulullah SAW menerima wahyu terakhir ( QS Al-Maidah : 3 ) yang menyatakan bahwa agama Islam telah sempurna, banyak sahabat yang menangis, karena itu berarti tugas kerasulannnya sudah selesai dan merupakan isyarat bahwa Nabi SAW tidak lama lagi akan meninggalkan mereka.

    Terima kasih atas kehadirannya di sini.

    Wassalam.

    Reply

  27. emperor edutainment
    Jan 04, 2010 @ 15:00:20

    kaosnya keren sekali tuh… jadi tertarik buat bikin juga nih..

    sekalian mo kasih tau ada program affiliate asik nih… ngajak 1 orang gabung dapet $0.1-$1. 100% Gratis dan dapat dipercaya.
    ikutin infonya di Blog Bisnis

    ——————————————————————–

    Terima kasih Mas atas kunjungannya.
    Salam hangat dari Cianjur.

    Reply

  28. Trackback: Award Tutup Tahun | cas on the blog
  29. kepinghidup
    Jan 13, 2010 @ 10:29:00

    Assalamualaikum ww Semoga kita bisa menjadi muslim sampai kita wafat.. amin Ya Robbal Alamin.. Pak Abdul Aziz adalah orang pertama yang komentar di keping hidup😀 – saya offline dulu – thanks atas semuanya ya pak… salam takzim, salam ukhuwah..

    ———————————————————

    Wa’alaikumussalam,
    Mudah-mudahn kita tetap sebagai Muslim yang kaffah sampai akhir hayat.
    Terima kasih kunjungannya. Tapi mengapa Kang offline dulu segala, bahkan dihapus, atau mau bikin blog lagi yang baru ?
    Bagaimanapun yang penting tetap sukses selalu. Amin.

    Salam hangat dari Cianjur

    Reply

  30. bundadontworry
    Jan 13, 2010 @ 21:31:17

    sudah jelas tertulis di dalam al-Quran, jadi tdk ada yg perlu diragukan lagi.
    terima kasih utk pencerahannya , Pak Aziz.
    salam hangat utk keluarga.
    Ngomong2 theme kita sama ya Pak.
    Salam.

    ————————————————————–

    Memang begitulah yang dinyatakan Allah di dalam Al-Quran. Dan tentu harus kita yakini kebenarannya.
    Theme yang ini merupakan yang ke-3, yang kemarin sebenarnya bagus, hurufnya besar-besar, cuma kolomnya kecil sehingga tulisan pendek pun jadinya panjang ke bawah. Kekurangan theme yang ini hurufnya kecil-kecil dan pucat, tapi kolomnya lebar.

    Terima kasih.
    Salam buat Ibu dan keluarga

    Reply

  31. darahbiroe
    Feb 02, 2010 @ 10:45:54

    yupz saya yakin akan hal itu, makasih atas bimbinganya

    berkunjung lagi kang abdaz

    ————————————————————————————-

    Terima kasih kunjungannya. Semoga sajian ini bermanfaat.
    Salam.

    Reply

  32. didot
    Feb 10, 2010 @ 23:26:23

    mantep banget nih tulisan,sekalipun buat saya yg mualaf….

    makin mantep baca ini,insya Allah bermanfaat buat yg lain tulisannya:)

    ————————————————————————————————

    Alhamdulillah, saya bersyukur kalau tulisan-tulisan di sini bisa bermanfaat bagi para pembaca.
    Terima kasih.
    Salam

    Reply

  33. JOB CAREER VACANCY
    Apr 14, 2010 @ 22:28:02

    Salam Cinta Damai & Kasih Sayang… Dapatkan informasi lowongan pekerjaan terbaru di informasi lowongan kerja

    Reply

  34. jual furniture
    Mar 24, 2015 @ 20:28:52

    pemahaman muslim dan kriten itu beda tapi kita harus cinta damai.

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

IP
My Popularity (by popuri.us)
%d bloggers like this: