Iman, Sebuah Pembenaran Aplikatif


Senin, 28 Desember 2009 | 23:59

One God, one humanity and one religion for all mankind is the foundation of Islam.

Iman, dari bahasa Arab âmana, berarti mepercayai, membenarkan, setia, aman, melindungi, dan menempatkan sesuatu pada tempat yang aman. Beriman kepada Allah berarti mempercayai keberadaan-Nya. Seorang lelaki yang beriman disebut mukmin, dan seorang perempuan disebut mukminah.

Menurut syara’ iman memilki makna sebagai “pembenaran dalam hati, diucapkan dengan lisan, dan mempraktekkan ajaran Islam dengan anggota badan”. Dari pengertian ini, iman memiliki tiga unsur, yaitu pembenaran ( tashdiq ), pernyatan pengakuan ( iqrâr ), dan aplikasi dalam perbuatan ( a’mâl ).

Kebalikan dari iman ialah kufur , yaitu ketidakpercayaan terhadap keberadaan Allah dan agama Islam. Orangnya disebut kafir. Apabila seseorang mempercayai Allah tetapi menyekutukannya dengan sesuatu yang lain disebut syirik dan orangnya disebut musyrik. Sedangkan orang yang keluar dari agama Islam disebut murtad.

Timbul perbedaan pendapat mengenai pengertian iman di kalangan mutakalimin ( teolog ) : apakah iman itu hanya diucapkan secara lisan, diyakinkan dalam hati saja atau harus diaplikasikan dengan amal perbuatan . Perbedaan pendapat ini timbul, antara lain, karena Al-Quran tidak memberikan rumusan iman secara baku. Al-Quran hanya mengemukakan beberapa ciri atau sifat orang yang beriman. Al-Quran Surah Al-Anfal ( 8 ) ayat 2 menyebutkan ciri-ciri orang yang beriman , yaitu :

• Bergetar hatinya bila disebut nama Allah.
• Bertambah imannya bila dibacakan ayat-ayat-Nya.
• Bertawakal kepada Tuhan.

Kemudian di awal Surah Al-Mu’minun disebutkan juga ciri-ciri orang yang beriman , yaitu :
• Shalatnya khusyu.
• Menjauhkan diri dari perbuatan dan perkataan yang tidak berguna.
• Menunaikan zakat.
• Menjaga kemaluannya, kecuali terhadap istri–istri mereka.
• Memelihara amanat dan janjinya.
• Selalu memelihara shalatnya.

Hadis-hadis juga banyak yang menjelaskan tentang iman ini , hanya lebih banyak memberikan ciri-ciri keimanan seseorang. Hadis-hadis yang diriwayatkan oleh Bukhari menunjukkan beberapa ciri, yaitu :
• Memiliki rasa malu.
• Mecintai saudaranya sebagimana ia mencintai dirinya sendiri.
• Berkata benar , atau kalau tidak bisa, lebih baik diam.
• Memuliakan tetangganya.
• Memuliakan tetamunya.

Perbedaan pendapat di kalangan teolog Islam itu dapat dikelompokkan ke dalam tiga kelompok.

1. Menurut aliran Murji’ah unsur iman hanya satu, yaitu pembenaran ( tashdiq ) , tidak diperlukan pengakuan dan pelaksanaan. Karena itu menurut sekte ini, perbuatan apa pun tidak mempengaruhi keimanan seseorang, baik mengurangi maupun menambah keimanan. Misalnya, orang yang taat melaksanakan ajaran agama , imannya tidak akan bertambah. Juga bila seseorang melakukan yang dilarang agama, imannya pun tidak akan berkurang. Karena itu, menurut mereka, seseorang yang memaki Nabi pun masih tetap sebagai seorang yang beriman.

2. Menurut Asy’ariyah, iman itu terdiri dua unsur, yaitu pembenaran dan pengakuan. Sedangkan pengamalan merupakan kesempurnaan iman. Berdasarkan prinsip ini, seseorang sudah disebut beriman apabila ia meyakini ajaran Islam, kemudian keyakinan itu dinyatakan dalam bentuk ucapan dua kalimah syahadah. Adapun pengamalan, seperti shalat, zakat dan ibadah lainnya, merupakan kesempurnaan dari keimanannya. Semakin baik dan semakin banyak melaksanakan ajaran agama , seseorang semakin sempurna keimanannya. Iman bisa bertambah dan bisa berkurang ( al-Imânu yazidu wa yanqush ), sesuai dengan amalan yang dilakukan seseorang.

3. Berbeda dengan dua aliran di atas, menurut Khawarij ketiga poin di atas merupakan unsur dari iman, kehilangan salah satunya menyebabkan kehilangan iman. Oleh karena itu, seseorang yang tidak melaksanakan ajaran agama, seperti shalat, atau melakukan apa yang dilarang oleh agama, seperti zina misalnya, dianggap sudah menjadi kafir, karena salah satu unsur imannya hilang.

Ketiga pola pemahaman di atas, sekalipun tidak menamakan dirinya sebagai sekte yang sama, namun perwujudan pemahaman seperti itu masih ditemukan dalam kehidupan keberagamaan masyarakat. Sikap yang memberikan toleransi yang berlebihan dari Murji’ah masih ditemukan di tengah umat. Begitu juga sikap keras Khawarij. Namun pandangan umum yang berkembang, termasuk di Indonesia adalah pendapat Asy’ariyah, dan aliran ini dianut oleh mayoritas umat Muslim Indonesia.

Keragaman pola pemahaman ini dikarenakan Allah hanya memberikan gambaran secara umum mengenai tanda-tanda orang yang beriman di dalam al-Quran Surah 48, Al-Fath ayat 29 , yaitu :

1. Bersikap tegas dan keras terhadap orang kafir. Sikap ini dalam arti tidak mengenal kompromi jika berkaitan dengan keimanan. Seperti ajakan orang musyrik untuk menyembah tuhan mereka dan Allah secara bersama-sama atau bergantian, secara tegas ditolak oleh Rasulullah SAW, seperti dijelaskan dalam Surah Al-Kafirun ( 109 ) ayat 1 – 6.

2. Saling mengasihi di antara sesama Muslim. Orang yang beriman saling mengasihi sesamanya, yaitu mencintai saudaranya, seperti mencintai dirinya sendiri, sehingga saling bertanggungjawab bagi keselamatan, kesejahteraan dan kelangsungan hidup bersama, karena Islam itu rahmatan lil ‘alamîn. Islam untuk semua, Islam for All.

3. Menegakkan shalat. Karena itu, seseorang yang beriman haruslah melaksanakan ibadah shalat. Di dalam sebuah hadis riwayat Muslim digambarkan bahwa perbedaan utama mukmin dan kafir ialah shalat. Sehubungan dengan itulah Nabi SAW menyatakan , “Barang siapa yang meninggalkan shalat dengan sengaja ia termasuk kafir yang nyata” ( HR Ahmad ).

4. Seorang mukmin selalu berusaha mencari limpahan karunia dan keridhaan Allah. Seluruh perjalanan hidupnya diarahkan untuk-Nya. Di dalam shalat , ketika membaca doa iftitah, kita selalu menyatakan : “ …. , sesungguhnya shalatku, ibadahku, hidupku, dan matiku hanyalah untuk Allah, Tuhan semesta alam.” ( QS Al-An’am [6] : 162 ).

5. Terdapat tanda bekas sujud pada muka mereka yang beriman. Maksudnya tampak raut muka mereka yang mencerminkan keimanan dan kesucian hati mereka. Tanda itu lebih mengacu kepada tanda ketundukan kepada Allah. Karena itu, ketika ada kecenderungan sahabat membuat tanda di keningnya agar disebut banyak ibadah, Nabi SAW langsung melarangnya.

Dari ciri-ciri dan tanda-tanda keimanan yang dikemukakan dalam Al-Quran dan hadis-hadis di atas, jelaslah bahwa iman memiliki tiga unsur, yaitu pembenaran ( tashdiq ), pernyataan pengakuan ( iqrâr ), dan aplikasinya dalam perbuatan ( a’mâl ). Dengan demikian, keimanan seseorang merupakan sebuah pembenaran yang aplikatif.

Gambar ©  http://www.readingislam.com

55 Comments (+add yours?)

  1. dan
    Dec 29, 2009 @ 07:39:02

    Iman adalah keyakinan dalam hati, ucapan dengan lisan dan perbuatan dengan anggota tubuh.

    Iman itu bercabang-cabang dan bertingkat-tingkat. Diantaranya jika ditinggalkan dapat menjadikan kafir, ada pula yang menyebabkannya berdosa, baik dosa besar maupun kecil, dan ada pula yang jika ditinggalkan akan kehilangan ganjaran dan pahala yang berlipat.

    Iman itu akan bertambah dengan ketaatan hingga dapat mencapai kesempurnaannya dan akan berkurang dengan kemaksiatan hingga bisa hilang sama sekali, tak tersisa sedikitpun.

    Iman dan Cabang-Cabangnya

    —————————————————–

    Benar, keimanan kita bisa bertambah dan bisa berkurang.
    Terima kasih banyak atas tambahan infonya.
    Salam.

    Reply

    • dan
      Dec 31, 2009 @ 11:15:38

      maka pemahaman iman menurut murjiah dan khawarij tidak benar. Dan bukan hanya Asy’ariyah yang berpendapat seperti itu, tapi juga ahlussunnah..

      —————————————————————-

      Betul Mas, Asy’ariyah dikembangkan oleh Imam Asy’ari dan Imam Maturidi. Dan orang-orang yang mengikuti dan mempertahankan keyakinan Imam Asy’ari dan Maturidi ini disebut Ahlu al-sunnah wa al-jama’ah.
      Terima kasih.

      Reply

  2. dira
    Dec 29, 2009 @ 11:01:52

    Jadi bertambah wawasan sy tentang keislaman nih. Makasih pak atas postingannya..

    ————————————–

    Terima kasih sudah mampir. Semoga ada manfaatnya.
    Salam.

    Reply

  3. Web Hidup Mulia
    Dec 29, 2009 @ 12:59:17

    Benar Pak. Bahwa puncak ciri-ciri manusia yang beriman adalah tunduk dan patuh secara kaffah menerapkan hukum-hukum Allah SWT sebagai solusi dalam kehidupan sehari-hari (sebagai bukti nyata pembenaran aplikatif), sebagaimana Ayat Allah SWT:”Dan tidaklah patut bagi laki-laki yang beriman dan tidak (pula) bagi perempuan yang beriman, apabila ALLAH dan RasulNya telah menetapkan suatu ketetapan, akan ada bagi mereka pilihan (yang lain) tentang urusan mereka.” (QS Al Ahzab:36)
    ——————————————————-

    Senang sekali mendapat kunjungan Ibu. Setiap Ibu mampir saya memperoleh tambahan ilmu.
    Terima kasih banyak.
    Salam buat kelurga.

    Reply

  4. alfarolamablawa
    Dec 29, 2009 @ 16:54:17

    great posting…
    kalo diajaran agama saya, disebutkan iman tanpa perbuatan adalah mati. bagaimana?

    ————————————————–

    Ya memang begitu. Iman bukan cuma di hati dan pernyataan saja. Tanpa diaplikasikan dalam keseharian hidup kita tidak banyak berarti.
    Terima kasih banyak atas kehadirannya di sini.
    Salam.

    Reply

  5. arkasala
    Dec 29, 2009 @ 19:46:30

    kelihatannya memiliki rasa malu ini yang sudah berkurang ya Kang. Saya mungkin terlalu melihat berita, Sekilas kebatilan semakin menjamur dan menghiasi berita kita. Mungkin itu akibat dari rasa malu yang mulai memudar. Hatur nuhun Kang atas pencerahannya.
    Salam hangat selalu🙂

    ———————————————

    Berdasarkan hadis Nabi, orang yang beriman itu akan merasa malu untuk berbuat yang tidak baik. Rasa malu yang memudar tentu karena keimanannya juga sudah memudar.
    Terima kasih Kang.
    Salam buat keluarga .

    Reply

  6. arkasala
    Dec 29, 2009 @ 20:05:59

    Themesnya Mantaps Kang !!!
    ———————————————

    Ya Kang, yang kemarin hurufnya cukup besar, hanya kolomnya kecil. Yang ini kolomnya lebar tapi hurufnya kecil-kecil.
    Hatur nuhun.
    Salam.

    Reply

    • yayat38
      Dec 29, 2009 @ 23:55:13

      Punten nyelip sakedap : parantos diwaler di blog abdi Kang mengenai patarosan Akang. Mugia katampi.
      Salam🙂
      ————————————————-

      Aduh nuhun pisan Kang. Punten we ngarepotkeun.
      Nuhun katampi pisan.

      Reply

  7. Siti Fatimah Ahmad
    Dec 30, 2009 @ 00:18:06

    Assalaamu’alaikum

    Subhanallah… rumah baru ya Pak Abdaz. Nampak ceria dan menarik sekali. Alhamdulillah.

    Penulisan yang menarik. Tentang iman yang telah lama bersemadi dalam jiwa kita yang bernama muslim. Mengetahui pengertiannya sejak dibangku sekolah dasar hingga ke pusat pengajian tinggi. Makna dari segi bahasa dan istilah tetap sama tidak berubah walau zaman dan tempat berubah.

    Namun iman akan berada dalam putaran masa bagi pemiliknya. Ini bermaksud iman juga mempunyai pasang surutnya mengikut gaya kehidupan. Iman akan pasang naik, jika amalan baik yang sesuai dengan syari’at Islan bertambah. Iman akan mengalami kesurutan jika amalan sebaliknya menjadi pegangan hidup.

    Oleh itu, berusahalah meningkatkan kadar iman kita dari semasa ke semasa agar hidup kita tenang dan dirahmati Allah swt. Salam mesra dari Sarikei, Sarawak.

    —————————————–

    Wa’alaikumussalam,

    Terima kasih Bu, malam-malam masih sempat berkunjung ke sini. Blognya masih yang lama, hanya themenya diganti. Terima kasih juga atas tambahan infonya.
    Mudah-mudahan keimanan kita tidak semakin surut, tapi semakin kuat dan kadarnya meningkat.

    Sekali lagi, terima kasih.

    Salam juga dari Indonesia.

    Reply

  8. Sawali Tuhusetya
    Dec 30, 2009 @ 01:49:16

    wah, tulisan yang bagus dan mencerahkan, mas azis, semakin banyak menambah wawasan saya tentang masalah iman yang menjadi fondamen hamba Allah dalam bersikap dan bertingkah laku yang kelak akan menentukan nasib kita di zaman keabadian. terima kasih, mas azis.

    ————————————————

    Pertama, saya menulis untuk mengingatkan diri saya sendiri. Syukurlah kalau bisa bermanfaat bagi saudara-saudara yang lain. Dan bisa meningkatkan keimanan kita.
    Terima kasih Pak atas kedatangannya malam-malam begini.

    Salam.

    Reply

  9. solusidigitalku
    Dec 30, 2009 @ 05:10:19

    semoga saya digolongkan pada kelompok orang2 yang beriman. amiin…
    kalo blog ini bapak jadikan ajang silaturrahim dan menyambung ukhuwah. saya mau tuh dijadikan pesertanya… hehe..
    oia, ada UNDANGAN BUKU GRATIS nih… Langsung meluncur ke TKP ya kalo berminat…🙂
    salam kenal

    —————————————————————-

    Mudah-mudahan, kita berharap demikian. Nanti blognya saya tautkan di halaman link.
    Saya tadi langsung ke sana, blognya bagus Mas.
    Terima kasih.

    Salam kenal kembali.

    Reply

  10. liudin
    Dec 30, 2009 @ 11:59:32

    artikel yang sangat detail dan sangat bermanfaat. terima kasih atas infonya. semoga bisa meningkatkan iman dan tetap menjaganya hingga akhir hayat.

    ——————————————————–

    Mudah-mudahan Mas. Semoga kita dapat menjaga dan meningkatkan keimanan kita. Amin.
    Terima kasih Mas atas kunjungannya.

    Salam.

    Reply

  11. حَنِيفًا
    Dec 30, 2009 @ 17:13:08

    Assalamu’alaikum @Kang Abdaz
    Ngiringan pangaosan di sinih, boleh kan😀

    Hatur tengkiu, mantab’s jadi nambah wawasan soal definisi dan banyak lagih.

    Salam hangat selalu.

    #Haniifa.
    ———————————————————————

    Wa’laikumussalam,
    Kita sama-sama belajar Kang. Kita saling berbagi di sini. Semoga kita lebih konsisten dalam keimanan dan keberagamaan kita. Amin,

    Salam juga buat keluarga.

    Reply

  12. Dangstars
    Dec 30, 2009 @ 22:36:57

    Assalamualaikum…
Semoga kita ditetapkan dalam kenikmatan iman
Amiinn,
Link sudah ada Pak,,Monggo di cek 😛

    ——————————————————

    Wa’alaikumussalam,

    Mudah-mudahan Kang, kita diberi kekuatan iman dan bisa menikmatinya. Amin.
    Terima kasih.

    Salam.

    Reply

  13. kepinghidup
    Dec 30, 2009 @ 23:10:06

    Assalamualaikum ww saya mampir nih pak Abdul Aziz di Cianjur….iya pak ada kesamaan renungan saat kita menulis pada waktu yang bersamaan.. semoga keimanan ini bisa kita bawa sampai akhir hayat.. amiin

    ———————————————————–

    Wa’alaikumussalam,

    Tentu Mas, kita berharap semoga dikuatkan iman sampai akhir hayat, serta senantiasa dalam lindungan-Nya.
    Terima kasih Mas, malam-malam berkunjung ke Cianjur.

    Salam buat keluarga di Ciputat.

    Reply

  14. blogger pengamen ilmu
    Dec 30, 2009 @ 23:52:18

    iman itu nggak “neko-neko” atas perintah-NYA

    ————————————————

    Betul Mas, seorang mu’min senantiasa tunduk dan berserah diri kepada-Nya.
    Terima kasih atas kunjungannya.
    Salam buat keluarga.

    Reply

  15. M Mursyid PW
    Dec 31, 2009 @ 01:24:05

    Selamat tahun baru 2010.
    Salam hangat dari pekalongan.

    ——————————————————

    Selamat Tahun Baru juga Pak. Semoga di tahun ini segalanya lebih baik. Kekeliruan di waktu-waktu yang lalu tidak terulang kembali.

    Salam buat keluarga di Pekalongan.

    Reply

  16. Fitri
    Dec 31, 2009 @ 08:48:16

    Informatif sekali.🙂

    ————————————————

    Terima kasih kunjungannya.

    Reply

  17. dedekusn
    Dec 31, 2009 @ 09:51:10

    Betu pisan kang, & no komen…😀

    ——————————————–

    Hatur nuhun Kang. Ku naon enggal-enggalan ?

    Reply

    • dedekusn
      Dec 31, 2009 @ 11:43:06

      Artikelna ibaca secara Off kang, disave dulu. Artikel2nya kang Abdaz TOP

      ———————————————-

      Hatur nuhun Kang. Mudah-mudahan aya pulunganeun.

      Reply

  18. kopral cepot
    Dec 31, 2009 @ 11:25:02

    dina qudrah anu ieu abdi bakti ka dzat Allah ..
    Di dieu kieu ayeuna abdi bakti ka dzat Allah

    ———————————————

    Mung ka Gusti Allah urang bakti….

    Reply

  19. sedjatee
    Dec 31, 2009 @ 15:43:10

    Kami menyampaikan selamat tahun baru, semoga senantiasa sukses dalam menjalani kehidupan… tetap semangat…

    sedj
    http://sedjatee.wordpress.com

    ———————————————————————-

    Kami pun sekeluarga mengucapkan Selamat Tahun Baru, semoga di waktu-waktu yang akan datang kita tetap berada di jalan yang diridhai-Nya, disertai dengan limpahan rahmat dan berkah-Nya.
    Amin.

    Reply

  20. Abula
    Dec 31, 2009 @ 23:51:44

    Selamat Tahun Baru 2010

    Salam Hangat Selalu
    AbulaMedia.com

    ——————————————————-

    Selamat Tahun Baru juga.
    Semoga tambah sukses.
    Terima kasih.

    Salam

    Reply

  21. yayat38
    Jan 01, 2010 @ 04:09:51

    Mengawali di hari pertama tahun ini, Wilujeng beraktifitas di tahun 2010, mugia semakin baik segala langkah kita Kang. Amiiin.
    Salam hangat selalu🙂

    ———————————————————-

    Kita tentu berharap di tahun ini segalanya lebih baik, lebih sukses, dan tetap dalam rahmat-Nya. Amin.

    Salam hangat juga buat seluruh keluarga.

    Reply

  22. BOY
    Jan 01, 2010 @ 06:31:20

    Kita hanya bisa beriman tapi tidak mau tunduk dan patuh dengan Allah swt. Kita membangkang, kita menyombongkan diri, kita hanya mengharapkan iman sebesar zarrah saja sebagai penolong. Islam Yes but Live with Islam No.

    ——————————————-

    Betul sekali , ketiga unsur iman itu semuanya harus kita miliki, baru bisa dikatakan kita beriman.
    Terima kasih atas kehadirannya dan sudah berbagi di sini.

    Salam hangat dari Cianjur.

    Reply

  23. Riyanti
    Jan 01, 2010 @ 11:03:18

    Blogwalking…
    Selamat tahun baru 2010 ea pakde mg di tahun ini qt semua selalu dlam lindungan-Nya dan kesuksesan sll menyertai qt. Amien..

    Salam sayank

    ————————————————————–

    Selamat tahun baru juga.
    Semoga kekeliruan ditahun lalu tidak berulang kembali. Tahun ini, mudah-mudahan, segalanya lebih baik, lebih sukses, lebih banyak beroleh limpahan kasih dan ridha-Nya. Amin.

    Salam sayank juga.

    Reply

  24. حَنِيفًا
    Jan 01, 2010 @ 12:48:00

    Selamat tahun baru 2010, mari kita awali dengan niat dan kemauan yang kuat semoga Allah melancarkan dan memudahkan semua usaha kita, Amin.

    Salam hangat selalu,

    #Haniifa.

    —————————————————

    Selamat tahun baru juga Kang. Tahun baru ini tidak berarti apa-apa bila kita tidak memiliki spirit seperti yang diajarkan Rasulullah SAW, hari ini harus lebih baik dari kemarin, dan esok harus lebih baik dari hari ini. Mudah-mudahan kita bisa memiliki spirit ini.
    Terima kasih.
    Salam buat seluruh keluarga.

    Reply

  25. zulhaq
    Jan 01, 2010 @ 16:34:06

    penyegaran jiwa di tahun genap, tahun 2010

    —————————————————————-

    Semoga semakin sukses di tahun ini.

    Reply

  26. casrudi
    Jan 01, 2010 @ 19:57:01

    Wilujeng wengi Kang Abdaz… Selamat tahun baru 2010 kanggo Kang Abdaz sareng kulawargi, mugia Gusti nangtayungan urang sadaya… Sukses Kanggo Kang Abdaz…

    —————————————————

    Wilujeng wengi. Selamat tahun baru. Semoga kita memperoleh yang terbaik di tahun ini dan tahun-tahun berikutnya. Sukses dalam limpahan rahmat-Nya. Amin.
    Hatur nuhun.
    Salam hangat dari Cianjur

    Reply

  27. yusupman
    Jan 01, 2010 @ 21:35:51

    Assalamu’alaikum..
    Selamat Tahun Baru 2010,smoga tambah sukses dan jaya selalu sobat…dalam lindungan Allah dalam iman dan Islam,..amiin
    ———————————————————————

    Wa’alaikumussam,

    Selamat tahun baru juga Mas. Mudah-mudahan tahun ini kita bisa mengurangi kesalahan-kesalahan yang pernah kita lakukan tahun lalu, dan bisa memperbaikinya. Tetap semangat dan sukses meraih limpahan rahmat dan karunia Allah. Amin.

    Salam dari Cianjur.

    Reply

  28. Ruang Hati
    Jan 01, 2010 @ 21:36:48

    Renung jiwa saat malam berganti siang
    Awan biru seakan tak mau berpisah
    Angin pun bertiup ungkapkan sebuah hasrat
    Burungpun ingin berenang bersama ombak
    Pasir tak mau terpisahkan oleh pantai
    Semua ingin menatap hari esok
    Suara riuh gundah sepanjang malam
    Menyambut suasana haru yang terdalam
    Akankah hadirku membawamu terbang
    Lambaian tanganku menemani langkahmu
    Peluk eratku mendekap kehadiranmu
    Tahun yang lalu adalah guruku
    Tahun yang akan datang adalah asaku

    Ruang Hati Berbagi
    ===============
    http://ruanghati.com

    ———————————————————————–

    Kita berharap, semoga tahun depan bukan hanya asa, tapi menjadi kenyataan.
    Mudah-mudahan tahun ini dan berikutnya, kita bisa menikmati kehidupan ini dengan rasa syukur , optimistis, sukses , dan tetap dalam lindungan-Nya. Amin.

    Selamat Tahun Baru 1431 / 2010

    Reply

  29. ih54n
    Jan 01, 2010 @ 22:21:00

    Selamat Tahun Baru Semoga di tahun ini segalanya lebih baik, dan ingat segala sesuatu harus diawali dengan niat.
    —————————————————————-

    Selamat Tahun Baru. Semoga tahun ini dan tahun berikutnya lebih baik dari tahun kemarin, dan tidak mengulangi kesalahan yang sama. Sukses selalu.
    Thanks

    Reply

  30. abifasya
    Jan 02, 2010 @ 00:45:52

    Seratan iyeu nu nuju dipalirian ku abdi kang, ku abdi disimpen nya kang kanggo lenyepaneun, upami teu kaabotan tiasa terang teu sumberna tina kitab/buku naon wae ?
    Selamat tahun Baru 1431 H + 2010
    Salam kasadayana

    —————————————————————————————-

    Assalamu’alaikum,

    Selamat Tahun Baru, semoga tahun ini dan di waktu-waktu yang akan datang kita bisa lebih banyak beramal shaleh dengan didasari iman yang semakin kuat dan di dalam limpahan rahmat dan ridha-Nya . Amin.

    Bahan utama sebagai rujukan tulisan di atas adalah :

    1. Azra, Azyumardi (ed) , Ensiklopedi Islam, Cet. 9, Jakarta : Ichtiar Baru Van Hoeve, 2001
    2. Glasse, Cyril, Ensiklopedi Islam – Ringkas ( The Concise Encyclopedia of Islam ) , Cet. 3, Jakarta : PT RajaGrafindo Persada, 2002
    3. Harahap, Syahrin dan Hasan Bakti Nasution (ed), Ensiklopedi Aqidah Islam, Cet. 1, Jakarta : Kencana, 2003

    Nuhun perhatosannana.
    Salam ka sadayana di Bogor.

    Reply

  31. sangsaka
    Jan 02, 2010 @ 16:47:26

    Ngiringan nangkring ah di dieu..:mrgreen:

    —————————————————————————–

    Ka lebet atuh Kang, tong nangkring di dinya. Urang ngopi.

    Reply

  32. jalandakwahbersama
    Jan 02, 2010 @ 20:12:30

    Assalamu’alaikum,
    Selamat Tahun Baru, semoga ditahun ini, semakin bertambah ketakwaan kita kepada Allah Swt, dan semoga kita bisa lebih sukses dari tahun sebelumnya. Maaf, saya lama absen ngeblog, jadi baru sempat balas kunjungan sekarang. (Dewi Yana)

    ————————————————–

    Wa’alaikumussalam,
    Selamat tahun baru juga, semoga tahun ini dan tahun-tahun berikutnya kita tetap berada di jalan-Nya.
    Syukurlah kalau sudah aktif lagi. Semoga sukses.

    Terima kasih.
    Salam

    Reply

  33. Agung Suparjono
    Jan 02, 2010 @ 21:48:30

    insya allah, ahlusunnah bmenjadi manhaj kita semua

    ———————————————————————-

    Ya, ahlussunnah itu mengikuti pemahaman Asy’ariyah.
    Terima kasih.
    Salam

    Reply

  34. Abula
    Jan 02, 2010 @ 22:02:49

    pidua’na pak guru, mugia kakiatan iman salawasna manteng dina diri ulah ngirangan sakedik oge,,,

    baktos,
    Abula

    ———————————————————————

    Kantenan, urang silih du’akeun. Mugia urang ngagaduhan spirit Rasulullah SAW dina mayunan pikahareupeun. Dinten ayeuna kedah langkung sae ti batan kamari, enjing kedah langkung sae ti batan dinten ayeuna. Insya Allah.

    Salam ka urang Bandung

    Reply

  35. pakwo
    Jan 02, 2010 @ 23:17:28

    salam bahagia, yah cukup lengkap pencerahannya….tapi, yang menarik bila kita amati dalam masyarakat. Aplikasi beriman itu sering seorang muslim mencampur adukkan iman dengan kebudayaan…bagaimana sahabat menyikapinya ?

    ——————————————————————————-

    Aplikasi keberagamaan dalam kehidupan sehari-hari yang memasukkan nilai-nilai budaya sebenarnya tidak menjadi masalah. Yang menjadi masalah bila dalam nilai-nilai budaya itu ada unsur yang bertentangan dengan nilai-bilai keimanan dan keberagamaan kita.

    Para ulama kita juga banyak yang menempatkan produk budaya tertentu dalam kehidupan keagamaannya. Bahkan Nabi SAW sendiri banyak menyerap nilai-nilai budaya Arab yang tidak bertentangan dengan ajaran Islam.

    Terima kasih atas kehadirannya di sini.

    Salam.

    Reply

  36. endang kusman
    Jan 03, 2010 @ 00:00:42

    buat sahabat-sahabatku tersayang…

    kini hari terakhir 2009
    tepat pukul 00..
    buku harianku tlah penuh dengan catatanku
    semuanya kutulis..
    apapun yang kutulis.. semua kuingat..
    yang pahit, yang manis.
    silih berganti ..
    semua berpasangan..
    kini, pelan-pelan catatanku kututup..
    kulupakan semua kejadian…
    selamat tinggal… lembaran lama
    selamat datang harapan baru…
    selamat datang tahun baru 2010
    semoga kesuksesan menyertai kita semua..

    ————————————————————————————

    Selamat Tahun Baru 2010. Semoga tahun ini dan tahun-tahun berikutnya kita semakin semangat, semakin sukses dan tetap dalam lindungan-Nya. Amin.
    Terima kasih.

    Salam.

    Reply

  37. atmakusumah
    Jan 03, 2010 @ 06:19:11

    Asalamu’alaikum…
    Mudah2an di tahun yang baru ini, menambah semagat untuk memupuk keimanan….
    Tulisan pak Azis, mencerahkann Alhamdulillah…

    Selamat taun baru pak

    Salam Baktos…
    ——————————————————————————-

    Wa’alaikumussalam,

    Tentu kita berharap da memohon kepada Allah agar di tahun ini dan berikutnya segalanya lebih baik , lebih sukses, dan tetap berada di jalan-Nya. Amin.
    Selamat Tahun Baru.

    Salam.

    Reply

  38. dedekusn
    Jan 03, 2010 @ 09:53:16

    Wilujeng enjing Cianjur…?
    Damang Kang?

    ————————————————————————-

    Wilujeng sonten Ciamis !
    Alhamdulillah pangesto. Kumaha sawangsulna ?
    Mudah-mudahan urang sadayana aya dina panangtayungan Gusti Nu Maha Suci . Amin.

    Reply

  39. Budy Santoso
    Jan 03, 2010 @ 14:48:12

    Assalamu’alaikum wah sudah lama tidak berkunjung karena kesbikan kang punten,masuk lagi semakin ciamik aja nih blog hehehe…Selamat tahun baru 2010 semoga kedepan kita menjadi pribadi yg lebih bermanfaat buat orang lain.Amin.

    Salam sukses n ay lap yu pulll

    ————————————————————————-

    Wa’alaikumussalam,

    Terima kasih Kang, di sela-sela kesibukan bisa menyempatkan hadir di sini. Mudah-mudahan di tahun baru ini dan di waktu-waktu yang akan datang lebih sukses, lebih banyak berarti bagi diri sendiri maupun orang lain, dan tetap dalam limpahan rahmat-Nya. Amin.

    Selamat tahun baru.
    Salam dari Cianjur.

    Reply

  40. حَنِيفًا
    Jan 03, 2010 @ 16:35:14

    @Kang Abdas
    Damang juragan, ieu aya oleh-oleh manawi kersa.:mrgreen:

    ————————————————————————–

    Al-hamdulillah, pangesto.
    Hatur nuhun.
    Salam.

    Reply

  41. andipeace
    Jan 03, 2010 @ 20:20:04

    tersa mendengar pengajian pak.
    terimaksih banyak masukan ilmunya tentang islam,saya jadi lebih mengerti.

    salam sejahtera

    —————————————————————

    Terima kasih kembali. Mudah-mudahan ada manfaatnya.
    Sukses selalu.

    Salam.

    Reply

  42. bluethunderheart
    Jan 03, 2010 @ 22:58:14

    dan blue berharap sellau ada keimanan dalm setiap gerak kita
    salam hangat dari blue

    —————————————————————-

    Tentu Blue, kita berharap semoga dalam setiap nafas kita dibalut keimanan yang kuat. Dan setiap gerak kita digerakkan dengan iman.
    Terima kasih Blue.

    Salam hanagt dari Cianjur.

    Reply

  43. ahsinmuslim
    Jan 04, 2010 @ 13:44:27

    Assalamu’alaikum, Pak Abdul
    mohon maaf baru bisa bersilaturahmi sekarang.
    terima kasih atas postingan yang mencerahkan ini.
    semoga perbedaan yang ada tidak menimbulkan permusuhan diantara umat muslim. dan kita dapat saling menghargai setiap perbedaan dan menyikapinya secara bijak.

    dan tentang iman, saya sangat setuju bahwa definisi iman adalah diyakini dalam hati, diucapkan dalam lisan, dan diaplikasikan dalam perbuatan. insyaallah jika ketiga unsur tersebut ada pada setiap muslim, sempurnalah imannya. semoga demikian pulalah iman kita kepada Allah Ta’ala, senantiasa tumbuh…dan tumbuh..Amin

    ————————————————————————————

    Wa’alaikumussalam,

    Setiap perbedaan yang dilandasi keimanan yang benar dan kokoh , insya Allah, tidak akan menimbulkan perselisihan apalagi permusuhan.

    Perselisihan biasanya hanya karena ingin menonjolkan egoisme dan arogansi pribadi saja, bahwa dirinya paling benar. Dan mereka itu belum mengaplikasikan keimanannya secara benar.

    Terima kasih atas kehadirannya di sini.

    Wassalamu’alaikum.

    Reply

  44. BaNi MusTajaB
    Jan 04, 2010 @ 14:38:45

    Menambah pengetahuan, Pak.
    terima kasih atas postingannya.

    ———————————————————————–

    Terima kasih Mas atas kunjungannya.
    Mudah-mudahan ada setitik manfaat yang bisa diraih.

    Salam.

    Reply

  45. qarrobin
    Jan 04, 2010 @ 22:47:24

    @Kang Abdaz,
    tolong tanggepin yang ini http://qarrobin.wordpress.com/2009/12/28/iid-al-jumuah/#comment-1342 karna ilmu al quran ku masih sangat kurang, saya serahkan ke akang

    —————————————————————

    Mas, mohon maaf, semalam sudah datang ke tempat Mas tapi belum bisa memberikan tanggapan apa-apa. Ilmu saya pun tentang Ulum al-Qur’an ini masih terlalu dangkal.

    Saya tidak berani mengungkapkan sesuatu yang belum saya pahami betul mengenai ayat Al-Qur’an tersebut.

    Sekali lagi mohon maaf.
    Terima kasih.

    Salam.

    Reply

  46. Siti Fatimah Ahmad
    Jan 04, 2010 @ 23:35:49

    Assalaamu’alaikum

    Indahnya DUNIA hanya sementara.
    Indahnya CINTA hanya seketika.
    Indahnya MIMPI kadang tak pasti.
    Tapi……. Indahnya PERSAHABATAN sesama kita sukar dicari ganti.

    Maaf sahabatku… kerana lambat berkunjung balas; banyak urusan mengulit diri dan perlu dibereskan. Terima kasih atas ingatan berpanjangan. Mudahan kita semua diredhai Allah swt.

    Selamat Tahun Baru 2010. Salam mesra dari Sarikei, Sarawak.

    ————————————————————————————

    Wa’alaikumussalam,

    Semoga persahabatan ini semakin erat ya Bu. Saya pun mohon maaf belum bisa berkunjung ke tempat Ibu.
    Mudah-mudahan Ibu sekeluarga baik-baik saja di Malaysia.
    Selamat Tahun Baru.

    Salam hangat dari Indonesia

    Reply

  47. Ruang Hati
    Jan 05, 2010 @ 11:38:47

    Sapaan di tahun baru,
    Mari kita pertebal iman kita di tahun baru 2010 dan saling mengingatkan akan keberadaan kita didunia yang hanya sementara saja.

    —————————————————————-

    Terima kasih Mbak, saya belum sempat mampir lagi ke Ruang Hati. Mudah-mudahan tahun ini keimanan kita semakin tebal untuk mengisi kehidupan yang sementara ini.

    Salam hangat dari Cianjur.

    Reply

  48. GoenduL.Net
    Jan 11, 2010 @ 22:14:11

    Assalamualikum, mas Aziz. Ini adalah kunjungan saya yg pertama. Alhamdulillah, postingan mas Aziz sangat mencerahkan pikiran. Saya jadi iri neh mas, I’ll come back again later

    ——————————————————-

    Wa’alaikumussalam,

    Terima kasih sudah berkunjung ke sini. Saya juga barusan sudah mengunjungi GoenduL.Net. Isinya bagus-bagus dan beragam. Islamic Stuffnya juga sangat bagus.
    Ditunggu kunjungan selanjutnya.

    Terima kasih.
    Salam.

    Reply

  49. bundadontworry
    Jan 13, 2010 @ 21:34:59

    bagaimana dgn kalimat ” malu adalah sebagian dari iman”
    karena ternyata di negeri ini, kian langka rasa malu itu, apakah ini menandakan lemahnya keimanan dlm perbuatan makin menjadi Pak ?
    terima kasih utk tulisan yg sangat informatif ini.
    Salam hangat utk keluarga.
    salam.

    ——————————————————-

    “Malu adalah sebagian dari iman” adalah pernyataan Rasulullah SAW. Malu di sini artinya perasaan malu yang dimiliki seseorang bila akan melakukan perbuatan yang dilarang atau perbuatan yang bisa merugikan diri sendiri maupun orang laian. Jadi perasaan malu ini menjadi indikator keimanan seseorang.

    Terima kasih Bu.
    salam hangat juga untuk keluarga.

    Reply

  50. rental mobil
    Jan 30, 2010 @ 12:34:42

    menambah ilmu agama islam
    wassalam

    ———————————————————————————

    Terima kasih atas kunjungannya ke sini. Semoga bermanfaat.
    Salam

    Reply

  51. darahbiroe
    Feb 10, 2010 @ 11:00:12

    maaf saya baca artikel ini lagi yaw heheh

    kmrin udah baca jadi inget ada sesuatu jd pingin baca ulang hahah

    sambil berkunjung

    ———————————————————————

    Alhamdulillah, saya senang sekali kalau artikel-artikel di sini bermanfaat.
    Terima kasih , semoga sukses dengan segala aktivitasnya.
    Salam.

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

IP
My Popularity (by popuri.us)
%d bloggers like this: