Teman-teman Sang Rasul


peperonity.com / GoogleSEEING is Believing, kata orang sana. Walaupun tidak selalu benar, bila seseorang melihat sesuatu lebih memungkinkan bagi dia untuk mempercayainya. Karena ia secara langsung akan dapat memperhatikan hal tersebut dan akan lebih memiliki potensi untuk bisa mempengaruhi persepsi, pemikiran, dan keyakinannya.

Seorang yang dengan puncak kemarahannya berniat untuk membunuh Nabi SAW, tapi ketika bertemu dengan beliau dan menyaksikan sesosok manusia dengan keluhuran akhlaknya, kelembutan tutur katanya dan smiling face –nya, ia langsung menyatakan diri untuk menjadi seorang Muslim.

Seorang pengemis Yahudi di Madinah yang tidak dapat melihat, setiap hari mendapat sentuhan kasih Rasulullah SAW yang dengan setianya membawa makanan dan menyuapinya. Pengemis ini dengan penuh kebencian menyatakan niatnya untuk membunuh sang utusan Allah itu. Pada hal ia menyatakan hal itu kepada orang yang menjadi sasaran kebenciannya, tapi beliau tetap datang memberikan makanan kepadanya.

Suatu hari si pengemis merasakan ada sesuatu yang berbeda. Ia merasakan kehilangan sentuhan kasih yang lembut dari orang yang biasa memberinya makanan. Ia yakin hari ini yang datang bukan orang yang biasa setiap hari mendatanginya. Ia kemudian bertanya kemana orang yang biasa datang setiap hari itu.

Orang yang menemui dan ditanya pengemis itu  adalah Abu Bakar Ash-Shiddiq, ia menggantikan Rasulullah SAW. Abu Bakar memberitahukan bahwa yang biasa datang itu sudah meninggal dan ia adalah Nabi Muhammad SAW. Dan si  pengemis pun masuk Islam.

Mereka mengenal sosok Rasulullah secara langsung, merasakan sendiri kelembutan dan ketulusan hatinya, merasakan sendiri sentuhan kasih sayangnya dengan tutur bahasanya yang enak di telinga dan di hati , sehingga mereka tertarik dengan ajaran yang dibawa Rasulullah.

Walaupun demikian tidak sedikit yang menolak ajaran yang dibawa beliau dengan berbagai alasan, terutama alasan bisnis dan status sosial.

Bila mereka menerima Islam, tentu kepentingan bisnisnya akan terganggu. Kota Makkah pada waktu itu sudah menjadi pusat bisnis di kawasan itu. Makkah banyak dikunjungi orang-orang dari seluruh penjuru.

Status sosial yang mereka nikmati juga akan terganggu, karena Islam sangat mengahargai kesamaan derajat. Mereka kalau masuk Islam harus mengakui hak-hak dan derajatnya sama dengan rakyat biasa, bahkan dengan budak-budak yang mereka miliki.

Ibnu Abbas mengisahkan, Nabi Muhammad SAW berkata, “Tahukah kalian, siapa yang imannya paling menakjubkan Allah?”

Mereka menjawab,”Tentu saja, Malaikat, wahai Rasulullah”.

“Itu jelas. Bagaimana para Malaikat tidak beriman kepada Allah, sedang mereka tahu apa yang diperintahkan-Nya,” jawab Nabi.

Para sahabat meneruskan,”Para nabi Allah, wahai Rasulullah.”

“Bagaimana para Nabi tidak beriman kepada Allah, sedangkan Jibril datang kepada mereka dengan perintah-Nya.”

“Para sahabat Baginda, wahai Rasulullah.”

“Bagaimana para shabatku tak beriman kepada Allah, sedang mereka menyaksikan mukjizatku, dan aku selalu memberitahukan wahyu-wahyu yang kuterima.”

Para sahabat adalah orang yang pernah hidup bersama Nabi SAW atau sekurang-kurangnya pernah bertemu beliau, dan ia adalah seorang Muslim dan meninggal sebagai seorang Muslim.

Kemudian Nabi SAW melanjutkan,”Orang yang imannya sangat menakjubkan adalah mereka yang datang setelah aku, beriman kepadaku, padahal mereka tidak pernah melihatku. Mereka membenarkan aku padahal tak  kenal aku. Mereka itulah teman-temanku”.

Di dalam hati kita tentu bertanya-tanya, apakah kita sudah menjadi teman beliau. Kita akan bisa memberikan jawaban masing-masing walau tidak terucapkan. Bagaimana jawaban Anda ?

***

Pic © peperonity.com/Google

Cianjur, Kamis, 25 Februari 2010 | 23 : 03

55 Comments (+add yours?)

  1. alamendah
    Feb 26, 2010 @ 00:40:49

    (maaf) izin mengamankan PERTAMA dulu. Boleh kan?!
    Nabi MUhammad emang suri tauladan terbaik bagi kita. Rahmatan lil alamin termasuk bagi binatang;
    http://alamendah.wordpress.com/2010/02/25/nabi-muhammad-pencinta-dan-penyayang-binatang/

    ————————————————————————–

    Betul Mas, beliau teladan yang baik dalam segala hal. Beliau selalu melimpahkan kasihnya terhadap apa pun dan siapa pun. Bukan hanya kepada sesama manusia, tapi tehadap binatang dan tumbuhan pun beliau sangat menyayanginya.

    Terima kasih Mas.
    Salam

    Reply

  2. Batavusqu
    Feb 26, 2010 @ 08:23:19

    Salam Takzim
    Sahabat Nabi merupakan figur insan terdekat yang bagus pula untuk ditauladani
    Salam Takzim Batavusqu

    ———————————————————————————–

    Salam,
    Terima kasih , mohon maaf saya belum bisa ke mana-mana dan belum bisa mengunjungi Bang Ontelis. Mudah-mudahan kita bisa meneladani Rasulullah SAW.

    Terima kasih dan semoga sukses
    Salam.

    Reply

  3. Rizal islami
    Feb 26, 2010 @ 17:09:50

    semoga kita bisa mengikuti uswah beliau

    ————————————————————————————

    Mudah-mudahan kita diberi Allah kemudahan untuk meneladani beliau. Amin.
    Terima kasih.
    Salam

    Reply

  4. huzny
    Feb 26, 2010 @ 19:02:42

    hanya berusaha tuk slalu mengikuti jalan beliau..
    jika pun ada yng bertanya apakah kita sudah seperti teman beliau ?? ku serahkan semuanya kepada sang pencipta

    ———————————————————————————

    Tentu, kita hanya berusaha seoptimal mungkin untuk selalu mengikuti apa yang diajarkan Rasulullah SAW. Kita akan sulit, bahkan tidak mungkin bisa menilai amal baik yang pernah kita lakukan, karena yang menilai amal kita itu Allah.

    Tapi kalau kita introspeksi terhadap hal-hal yang seharusnya tidak kita lakukan, mungkin sedikit banyak kita mengetahuinya. Sesering apakah kita meninggalkan kewajiban yang seharusnya kita lakukan, misalnya.

    Memang saya pun sangat merasakan betapa sulitnya untuk bisa menjadi teman Rasul seperti yang diungkapkan dalam ucapan Rasulullah SAW itu.

    Terima kasih.
    Salam.

    Reply

  5. didot
    Feb 26, 2010 @ 21:39:43

    Aku bersaksi tiada Tuhan selain Allah,dan aku bersaksi Muhammad adalah rasul Allah,dan aku beriman kepada para malaikat ,hari pembalasan,kepada kitab2 suci berikut para nabi yg membawanya.

    dulu awal2 memeluk islam ,saya takut mencintai rasul pak,karena dulu saya masih terbayang2 sosok Yesus (nabi isa) yg dituhankan oleh agama yg saya peluk sebelumnya,jadi takut mencintai seorang manusia seperti itu lagi,tapi alhamdulillah hari ini saya dengan bangga berani mencintai sunnah2 rasul,mempelajari peninggalannya beliau dalam kata2 dan perbuatan,walaupun masih jauh prakteknya dari contoh beliau.

    semoga di hari akhir kelak beliau mengakui saya sebagai umatnya di hadapan Allah,amin:)

    ———————————————————————————————

    Alhamdu lillahi rabbil alamin. Komentar-komentar maupun tulisan Mas sudah menunjukkan komitmen keberagamaan yang kuat. Suatu hal yang sangat saya syukuri dari Anda yaitu spirit untuk lebih kaffah dalam menjalanai kehidupan beragama ini tercermin dari apa yang diungkapan dalam tulisan-tulisan itu.

    Saya pun selalu berdoa agar dimudahkan Allah untuk mencintai-Nya dan mencintai Rasulullah, sehingga menjadi Muslim yang kaffah.

    Dengan keyakinan yang tulus, In sya Allah kita bisa menjadi umatnya. Amin.
    Terima kasih, semoga sukses.
    Salam.

    Reply

    • didot
      Mar 01, 2010 @ 22:42:12

      terimakasih pak ,saya juga ikut berdoa semoga mampu istiqomah dan mendapat akhir yg baik ,karena kita gak pernah tau kan? insya Allah kita selalu dalam bimbingan rahmatNYA,amin:)
      —————————————————–

      Amin.

      Reply

  6. BaNi MusTajaB
    Feb 27, 2010 @ 04:15:16

    “Seeing is Believing…” adalah paradigma yang harus dikaji ulang..

    ——————————————————————————————

    Betul. Apa lagi terkait tulisan di atas. Orang yang melihat langsung Rasulullah, baik akhlaknya, mukjizatnya, dan keistimewaan lainnya, tidak bisa menjamin ia akan meyakini sepenuhnya kerasulan beliau.

    Dalam kehidupan kita sekarang pun tidak selalu demikian. Walaupun tidak bisa dipungkiri hal itu mungkin sedikit banyak ada pengaruhnya.

    Terima kasih .
    Salam

    Reply

  7. darahbiroe
    Feb 27, 2010 @ 10:42:46

    smoga kita smua mendapatkan syafaat nya kelak amiennn


    Berkunjung dan ditunggu kunjungan baliknya makasihh😀
    salam blogger

    ———————————————————————————-

    Tentu , kita semua berharap syafaatnya. Amin.
    Terima kasih kunjungannya.
    Semoga sukses.
    Salam.

    Reply

  8. Tomy Meilando
    Feb 27, 2010 @ 14:32:07

    Semoga kualitas ibadah saya terus meningkat&keyakinan saya akan tetap teguh sampai kapanpun, terima kasih mas, tulisan yang luar biasa

    ——————————————————————————

    Terima kasih kembali Mas, semoga kualitas keberagamaan kita semakin meningkat .
    Terima kasih kunjungannya.
    Salam.

    Reply

  9. Yuni Shara
    Feb 27, 2010 @ 16:59:30

    Terima kasih pak atas postingannya yang penuh pencerahan ini.. ditunggu kunjungan baliknya ya

    —————————————————-

    Terima kasih kembali Pak. Insya Allah nanti saya menemui Bapak.
    Salam dari Cianjur.

    Reply

  10. M Mursyid PW
    Feb 27, 2010 @ 18:50:56

    Aduh, Pak. Masih terlampau banyak sunnah beliau yang belum saya lakukan dengan baik. Sering mengunjungi blog ini adalah sebagian dari usaha saya dalam belajar mengelola iman saya.

    ———————————————————————————–

    Kita — atau siapa pun — tentu akan mengalami kesulitan dalam menjalankan semua sunnahnya, tapi kewajiban kita berusaha meneladaninya semampu kita. Insya Allah, apa yang kita lakukan dengan keikhlasan akan mendapat nilai tersendiri dari Allah SWT.

    Terima kasih Pak atas kunjungannya. Maaf saya belum bisas menjumpai Bapak.
    Salam.

    Reply

  11. dedekusn
    Feb 28, 2010 @ 00:17:15

    Belajar dari keteladan Rasulullah Muhammad SAW tak akan pernah surut oleh waktu, semoga kita bisa terus mencontoh keteladanan beliau.

    ————————————————————

    Sebagai seorang Muslim, tentu kita tidak boleh surut meneladaninya. Kita berkewajiban meneladaninya, karena beliau Teladan yang paling baik.

    Hatur nuhun Kang. Punten teu acan tiasa nganjang ka Akang.
    Salam ti urang Cianjur.

    Reply

  12. sundacamp.com
    Feb 28, 2010 @ 02:58:30

    ahli ibadah geningan si akang teh,,.. salam kenal ny kang?????

    ———————————————————

    Ahli ibadah ? Ah aya-aya wae . Mudah-mudahan we atuh amal urang ditampi ku Gusti Nu Maha Suci.
    Saha tea ieu teh ? Urang Sunda ? Tapi siga teu nyunda geuning.
    Mudah-mudahan sanes waktos tiasa deu silaturahmi.

    Baktos abdi ti Cianjur.

    Reply

  13. mycorner
    Feb 28, 2010 @ 13:47:43

    Sahabat-sahabat Nabi adalah kelompok orang yang pertama kali masuk Islam dan bersama-sama Beliau berjuang menegakkan kalimat Tauhid.. semoga kita bisa juga menjadi pengikut yang menjalankan sunahnya amiin..

    —————————————————

    Sebagai Muslim kita berkewajiban meneladaninya. Mudah-mudahan kita dapat meneladaninya sebaik mungkin. Amin.
    Terima kasih.
    Salam.

    Reply

  14. nurhayadi
    Mar 01, 2010 @ 00:07:55

    Mengimani adanya Nabi Muhammad termasuk salah satu kategori mengimani hal yang ghaib

    ————————————————————————–

    Kewajiban pertama kita kepada Nabi Muhammad adalah mengimaninya. Kemudian kita berkewajiban melaksanakan sunnahnya dengan penuh keikhlasan .

    Terima kasih.

    Reply

  15. Mas Ben
    Mar 01, 2010 @ 09:36:31

    Kebaikan tidak harus selalu dikenal lewat pertemuan langsung atau melihat langsung. Perkataan dan perilaku baik yang langgeng terwariskan dari tradisi ke tradisi sudah akan membawa kepada kepercayaan akan ajaran kebaikan 🙂

    Salam bentoelisan

    Mas Ben

    —————————————————————-

    Betul sekali Mas Ben. Kehidupan ini berlangsung terus, tidak mungkin kita semua bisa bertemu langsung dengan para utusan-Nya. Mereka mewariskan tradisi yang bersumberkan dari Tuhan yang harus kita laksanakan sebaik mungkin sebagai orang yang beriman.

    Terima kasih banyak atas masukannya.
    Salam.

    Reply

  16. sedjatee
    Mar 01, 2010 @ 11:33:27

    “Mereka membenarkan aku padahal tak kenal aku. Mereka itulah teman-temanku”.
    semoga sabda Rasul tadi bisa menyemangati kita, bahwa kita berada di zaman yang jauh dari masa kenabian, namun kita bisa menjaga keberimanan kita kepada Rasul..
    salam sukses…

    sedj

    ——————————————————————————-

    Mudah-mudahan Mas, kita tidak pernah bertemu beliau tapi nanti bisa menjadi temannya di surga. Amin.

    Terima kasih, semoga sukses.
    Salam buat kelurga.

    Reply

  17. Jamil
    Mar 03, 2010 @ 00:16:58

    Seandainya saja saya hidup bersama dengan Rosululloh SAW…

    —————————————————————

    Perjalanan hidup manusia terus berjalan, dan kita hidup sekarang, bukan pada zaman Rasulullah. Tapi, seperti yang diungkapkan beliau, kita bisa menjadi teman-temannya nanti di surga bila kita mengimani Allah dan menjalankan sunnah-sunnah Rasulullah.

    Terima kasih.

    Reply

  18. indra1082
    Mar 03, 2010 @ 08:53:34

    semoga saya dapat meneladaninya..🙂

    ———————————————————————-

    Kita semua berharap demikian. Amin.

    Terima kasih.

    Reply

  19. Pesona Muslim
    Mar 04, 2010 @ 20:46:46

    Subhanallah..postingan yg indah,melalui komentar ini kami mengajak sahabat untuk bergabung di aggregasi web kami,caranya cukup memasang banner kami di blog sahabat,insya Allah setiap kali sahabat posting terbaru akan muncul di web kami,teruslah berkarya untuk islam

    ———————————————–

    Terima kasih supportnya. Insya Allah nanti mengunjungi Pesona Muslim.
    Salam.

    Reply

  20. sns
    Mar 05, 2010 @ 06:08:55

    sudahkah kita meniru atau meneladani sedikit saja keaklhakan Rosulloh dalam kehidupan kita sehari hari…

    ————————————————————————–

    Sebuah pertanyaan yang seharusnya setiap hari kita pertanyakan kepada diri kita yang mengaku sebagai umatnya. Mudah-mudah pertanyaan ini dapat mengusik setiap Muslim dalam keseharian hidupnya. Amin.

    Terima kasih Mas.
    Salam.

    Reply

  21. abifasya
    Mar 05, 2010 @ 14:54:23

    Kumaha kang Damang ?
    Salaaaam.

    Reply

  22. dedekusn
    Mar 06, 2010 @ 08:57:27

    Lagi sibuk persiapan UN ya Kang?
    Semoga sukses selalu🙂

    Reply

  23. Ruang Hati
    Mar 06, 2010 @ 14:07:34

    Tak terasa waktu terus berjalan, detik demi detik kita lalui, posting demi posting kita karyakan, komen demi komen kita sapakan pada sabahat, tak terasa semua cepat sekali berlalu. rasanya baru kemarin akhir pekan, sekarang sudah akhir pekan. Apa yang sudah kita peroleh dipekan ini?

    Datang menyapa sobat tercinta di akhir pekan ini sembari berharap kesejahteraan dan kedamaian penuh cinta kasih serta kebahagiaan menyertai seluruh sobat beserta keluarga tercinta.

    Salam hangat selalu dari ruang hati terdalam buat Pak Abdul Aziz Sekeluarga

    ruanghati.com

    Reply

  24. bluethunderheart
    Mar 07, 2010 @ 00:00:12

    tak pernah bosan untuk menyimak atas postingan abangku ini
    sellau ada sesuatu yg bisa blue dapatkan
    salam hangat

    Reply

  25. andipeace
    Mar 09, 2010 @ 12:15:14

    saya sudah serng mendengarkan cerita para sahabat – sahabat nabi..tapi yang satu ini belum pernah😀

    salam hangat

    Reply

  26. Desain Lansekap
    Mar 09, 2010 @ 16:00:46

    Semoga kelak kita menjadi teman-teman Rasulullah… terima kasih postingannya… benar-benar memberi pencerahan untuk kita semua…

    Reply

  27. sawali tuhusetya
    Mar 10, 2010 @ 08:26:52

    subhanallah. Rasulullah memang sososk uswatun hasanah, mas azis. sudah mendapat jaminan masuk syurga, tapi amal dan ibadahnya jalan terus. semoga kita bisa meneladani jejak dan sifat2nya, amiiin.

    Reply

  28. dafiDRiau
    Mar 11, 2010 @ 08:31:44

    Semoga kita termasuk didalmnya pak

    Reply

  29. Noni fyrdha
    Mar 11, 2010 @ 09:17:36

    semoga kita sekalian termasuk didalam golongan umat yang menjadi teman-teman Rasulullah

    Reply

  30. ipan ripai
    Mar 13, 2010 @ 10:24:17

    bags mas artikelna, saya sekarang bau tahu tentang kalimat ini.
    “”Orang yang imannya sangat menakjubkan adalah mereka yang datang setelah aku, beriman kepadaku, padahal mereka tidak pernah melihatku. Mereka membenarkan aku padahal tak kenal aku. Mereka itulah teman-temanku”.”
    saya pikir, sahabat raullah dalam artian benakku hanya sahabat yang hidup dan beremu rasallullah saja.. terna a bukan ya??? mudah-mudahan kita slalu betambah iman ya mas.. amin ya rabba alamin..

    Reply

  31. Catatan Febri
    Mar 15, 2010 @ 06:08:32

    Pagi………..
    Febri berkunjung ke sini untuk menyambung silahturahmi
    Selamat menjalani pagi yang begitu indah
    Mengawali minggu ini dengan senyuman

    Reply

  32. Catatan Febri
    Mar 15, 2010 @ 06:10:00

    saya mencoba mengikuti nasehat diatas…

    Reply

  33. Anak Karanganyar
    Mar 15, 2010 @ 06:11:12

    mengikuti sabda Nabi di postingan ini

    Reply

  34. IMM UNS
    Mar 15, 2010 @ 06:12:00

    kami mengikuti Nasehat ini…

    Reply

  35. andipeace
    Mar 16, 2010 @ 12:08:31

    datang menyapa sahabat tercinta…

    salma adem ayem

    Reply

  36. BaNi MusTajaB
    Mar 18, 2010 @ 01:32:06

    tulisan mencerahkan…semoga kita tergolong Umat Muhammad SAW.

    Reply

  37. Digituck
    Mar 18, 2010 @ 07:57:16

    sungguh mulia akhlak beliau, Nabi Muhammad Saw. mudah2an qt termasuk golongan yg dimaksud oleh beliau .. amiin.

    Reply

  38. dedekusn
    Mar 18, 2010 @ 17:09:32

    Semoga ita bisa menjadi hamba ALlah pengikut Rasulululah Muhamad SAW.

    Reply

  39. aa' dalimunthe
    Mar 18, 2010 @ 21:46:04

    hallo salam kenal

    Reply

  40. zipoer7
    Mar 19, 2010 @ 09:57:43

    Salam Takzim
    Semoga menjadikan ingatan betapa cintanya Rosul kepada semua sahabatnya
    Salam Takzim Batavusqu

    Reply

  41. dira
    Mar 22, 2010 @ 12:25:18

    Memang banyak sudut2 keindahan Islam ya Pak.. meskipun begitu masih banyak manusia2 yg menghina dan merendahkan agama yg mulia ini.
    Lama tidak berkunjung ke blog Pak Aziz nih..

    —————————————————————

    Ya begitulah manusia, dengan kepicikannya selalu merasa lebih baik.
    Terima kasih.
    Salam buat Indramayu.

    Reply

  42. balantrax
    Mar 23, 2010 @ 14:18:51

    ikut bergabung ah semoga dpt exis…(amiin).

    ————————————————————–

    Senang sekali kalau Anda mau bergabung.
    Hatur nuhun.

    Reply

  43. dedekusn
    Mar 26, 2010 @ 10:55:41

    Assalamu’alaikum…
    Wilujeng enjing, semoga Kang Abdul Aziz dalam keadaan sehat walafiat.

    —————————————————–

    Wa’alaikumussalam,

    Wilujeng wengi ( waktu Cianjur ). Alhamdulillah sehat-sehat saja.
    Terima kasih.

    Reply

  44. bidansmart
    Mar 27, 2010 @ 04:42:48

    assalamualaikum…dah lama ga berkunjung pak…
    pertanyaan “apakah kita sudah menjadi teman beliau”, masing2 akan menjawab dengan versi yang berbeda…sejauh mana mereka menerapkan sunnah beliau…

    ————————————————————-

    Wa’alaikumussalam,

    Betul Bu bidan, seorang Muslim yang dengan sepenuh hati meyakini kebenaran-Nya dan mengaplikasikan ajaran Allah dan rasul-Nya akan mejadi teman beliau di sorga nanti. Insya Allah.

    Terima kasih.
    Salam

    Reply

  45. zipoer7
    Mar 27, 2010 @ 05:37:01

    Salam Takzim
    Sahabat mohon maap mau ngajak ikutan Earth Hour nanti malam, ikutan yuk kesini
    Terima kasih
    Salam Takzim Batavusqu

    ———————————————————————————

    Terima kasih undangannya Bang.
    Salam buat semuanya.

    Reply

  46. Ruang Hati Blog
    Mar 27, 2010 @ 13:31:04

    Selamat berakhir pekan ria, semoga bahagia penuh cinta bersama keluarga dan handai taulan. Sukses selalu untuk sahabatku nun jauh dimata namun dekat di lubuk hati
    Salam hangat dari ruang hati terdalam

    —————————————————————————

    Reply

  47. banny
    Mar 28, 2010 @ 10:49:26

    numpang lewat dulu neh….

    ——————————————-

    Tidak mampir dulu nih ?

    Reply

  48. m2s
    Mar 29, 2010 @ 03:02:25

    password masuk surga nih sob 24434 hehe

    movie2satu | download all movie

    —————————————-

    Terima kasih sudah mampir.

    Reply

  49. Trackback: Kilas Balik Batavusqu « Batavusqu
  50. Filar Biru
    Apr 02, 2010 @ 01:34:40

    Hebat.

    Lam kenal

    ———————————————————————–

    Terima kasih.
    Salam kenal kembali.

    Reply

  51. abifasya
    Apr 10, 2010 @ 09:06:20

    Kumaha kang damang ?

    —————————————————————-

    Alhamdulillah, pangesto. Mung aya kasibukan anu teu pararuguh , janten teu tiasa ka mana-mana. Sawangsulna kumaha atuh daramang di Bogor ?
    Hatur nuhun kana kasumpingannana.

    Salam ka sadayana di Bogor.

    Reply

  52. FILARBIRU
    Apr 29, 2010 @ 21:12:50

    Wah ini blog hebat.

    Kunjungan balasan sob. Lanjut terus dan terus sampaikan walau satu ayat begitulah pesan nabi.
    Salam

    ——————————————————————–

    Terima kasih supportnya.
    Semoga sukses.
    Salam.

    Reply

  53. Trackback: Dimana kamu sahabat | Batavusqu
  54. Trackback: Pencarian sahabat blogger | Batavusqu

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

IP
My Popularity (by popuri.us)
%d bloggers like this: