Menelisik Kehidupan Kaum Yahudi di Indonesia


Rumah Yahudi

GOLONGAN Yahudi di Eropa banyak yang jadi korban kekejaman Nazi Jerman. Bagaimana dengan di Indonesia, apakah juga ada kaum Yahudi pada zaman Perang Dunia II ? Theo Kamsma, pada thesis doktoralnya di Vrije Universiteit menuturkan kepada Jean van de Kok dari Radio Nederland Wereldomroep.

Menurut Theo, memang ada kaum Yahudi di Indonesia. Namun sama seperti kelompok etnis lain, keberadaannya tidak selalu jelas atau terang-terangan.

Sebelum PD II

Theo menjelaskan, jika menilik dari informasi soal kehidupan kaum Yahudi di Indonesia, yang paling ramai memang sejak pertengahan tahun 20-an hingga pendudukan Jepang. Kaum Yahudi ini tinggalnya menyebar.

Jika diteliti di kota-kota besar propinsi, pasti ada kelompok-kelompok kecil yang saling kontak satu sama lain lewat majalah atau semacamnya. Contohnya di Bandung, Jakarta, Yogyakarta, Semarang, Menado dan Medan.

Tapi bukan berarti di kawasan tersebut ada sinagoga besar atau kelompok besar, pertemuan dilakukan antarkeluarga, di rumah-rumah mereka. Hanya di Surabaya ada sinagoga, jadi Yahudi di sana lebih kentara kehadirannya.

Yahudi Baghdad

Secara umum kaum Yahudi sering diklasifikasikan sebagai Yahudi barat, yaitu mereka yang berkulit putih, dan Yahudi timur, yang juga sering disebut sebagai Yahudi Baghdad.

Jadi latar belakangnya, Yahudi Baghdad yang berasal dari Irak beremigrasi ke Asia selatan seperti ke Bombay, Kalkutta, tapi juga ke Singapura dan Surabaya. Salah satu alasannya adalah perdagangan India dengan Cina. Karena kelompok Yahudi yang saling berhubungan, mereka juga jadi punya hubungan dagang dengan India dan Cina.

Masa Pendudukan Jepang

Di masa pendudukan Jepang, klasifikasi Yahudi memang tidak jelas. Untuk kaum Yahudi Barat, klasifikasinya jelas Belanda.

Sementara Yahudi Baghdad awalnya sering dilihat sebagai bangsa oriental atau Arab. Setelah invansi Hitler, baru jelas, karena Jepang, sebagai penguasa Indonesia masa itu, juga mendapat instruksi bagaimana mengidentifikasi seorang Yahudi, dan dengan adanya ini, kaum Yahudi Baghdad ini juga ditangkap dan ditahan terpisah.

Setelah Kemerdekaan

Lalu apa yang terjadi dengan kaum Yahudi setelah kemerdekaan Indonesia? Menurut Theo, tidak semuanya hengkang, walaupun memang banyak juga yang setelah PD II pergi ke ke Amerika, Singapura, ke Israel tentu saja, ada sebuah aksi yang menampung mereka di sana. Mengenai Yahudi Baghdadnya sendiri, ada semacam konsentrasi besar di San Fransisco, Los Angeles.

Setelah reformasi, kehidupan Yahudi berkembang lagi di Menado. Yang menarik, ada juga ada grup Yahudi Kristen, agak kontroversial memang kata Theo. Kalau menilik grup mesianistis, mereka memang punya hubungan dengan Yahudi sangat kuat, tapi juga mempercayai ajaran Kristen, padahal Yahudi terkenal menolak Kristus.

Berdasarkan penilitian Theo, mereka ini kelompok yang mencoba menemukan akar mereka. Dengan menggunakan identitas Yahudi Belanda mereka mencoba menemukan akarnya. Mereka ingin mendalami, apakah mereka memang benar Yahudi dan bisa dikategorikan sebagai orang Yahudi.

Jadi di kalangan mereka sendiri ada dua kecenderungan kuat. Yaitu ketidaktahuan soal Yahudi, dan juga ada keinginan untuk diterima. Memang di Menado ada sebuah sinagoga yang dipimpin seorang pemuda yang keluarganya punya akar Yahudi.

Jadi dia ini termasuk yang sudah menemukan kembali identitasnya, dan mencoba membantu keluarga lain dengan akar Yahudi, untuk menemukan kembali identitasnya. — ( Republika online , Rabu, 05 Mei 2010, 16:45 WIB )

Red: Krisman Purwoko
Sumber: Radio Netherland

Source URL : http://www.republika.co.id/berita/breaking-news/nusantara/10/05/05/114469-menelisik-kehidupan-kaum-yahudi-di-indonesia

Cianjur, Rabu, 5 Mei 2010 | 23:38

27 Comments (+add yours?)

  1. alamendah
    May 05, 2010 @ 23:58:00

    (maaf) izin mengamankan PERTAMA dulu. Boleh kan?!
    Ternyata yahudi mempunyai sejarah di indonesia

    —————————————

    Betul mas, mereka sudah ada sejak dulu di negeri kita ini.
    Terima kasih.

    Reply

  2. didot
    May 06, 2010 @ 10:08:48

    katanya ahmad dhani juga yahudi ya pak??

    ——————————————-

    Memang, kakeknya bernama Jan Pieter Frederich Kohler, seorang Yahudi Jerman. Ia sangat menyukai simbol-simbol Yahudi, ia sering terlihat memakai kalung Bintang David.

    Lebih lengkapnya bisa dibaca di sini :
    * http://bacatanda.blogspot.com/2008/06/simbol-konspirasi-rahasia-di-album.html
    * http://udadede.blog.friendster.com/2005/05/siapakah-sebenarnya-dewa-dan-ahmad-dhani/

    Terima kasih.
    Salam

    Reply

  3. sedjatee
    May 06, 2010 @ 10:35:33

    yahudi,,. selalu memunculkan msteri dan kecurigaan…
    gak masalah… ambil baiknya, tinggalkan buruknya…
    salam sukses…

    sedj

    ———————————–

    Tepat sekali Mas, baik dan buruknya mereka bisa kita jadikan pelajaran.
    Terima kasih. Sukses selalu.
    Salam.

    Reply

  4. Kang Romly
    May 06, 2010 @ 12:06:23

    Jika Yahudi tunduk pada hukum di Indonesia maka Umat Islam Indonesia hrus menghargainya, jika sudah dg terang-dan jelas memusuhi Umat di sini serta dukungannya pada Israel, Islam harus tegas bersikap….begitu ya Kang…..
    mampir ni akang

    —————————————

    Sebaiknya memang harus begitu. Di Indonesia ini komunitas Yahudi mungkin sangat sedikit. Tapi kalau Zionis di negeri kita ini banyak.

    Kita masih ingat ketika Iran menyatakan bahwa Holocaust itu sebuah kebohongan, tapi di kita ada seorang tokoh yang menyatakan dengan simpatinya terhadap kebenaran Holocaust itu .

    Ketika penyanyi AS dengan simpatiknya menyanyikan Song For Gaza “We will not go down”, seorang tokoh kita malah menyalahkan orang-orang Palestina dan “membenarkan” kekejaman Israel di Gaza pada bulan Januari 2009.

    Terima kasih Kang sudah mampir.
    Salam.

    Reply

  5. andipeace
    May 06, 2010 @ 16:22:08

    yang penting saling pegang teguh pedoman pancasila sebagai landasan kepribadian bangsa…

    salam hangat

    ————————————————

    Sebagi warga negara Indonesia sebaiknya demikian. Kita hidup dengan saling menghargai sebagai sesama bangsa Indonesia.

    Terima kasih.
    Salam.

    Reply

  6. kopral cepot
    May 06, 2010 @ 17:55:52

    waktu baca republika langsung tertarik … sebuah wawasan yang patut di share ke siapapun dan ole siapapun .. btw kupasan lengkap pernah ditulis dalam buku “Fakta dan Data Yahudi di Indonesia” oleh Ridwan Saidi … tp banyak yang belum percaya, nah kalo orang Belanda yang buat pasti orang percaya.

    Hatur Tararenkyu ;)
    ———————————————-

    Entah mengapa bangsa kita begitu percaya kepada sejarawan Belanda. Banyak orang yang tidak percaya bahwa Islam masuk ke Indonesia dibawa oleh orang-orang Arab, walau pun orang-orang keturunan Arab di negeri ini sangat banyak. Sebaliknya meraka begitu yakin Islam masuk ke sini dibawa oleh orang-orang India (Gujarat ) seperti yang diuangkapkan orang-orang Belanda.

    Buku “Fakta & Data Yahudi di Indonesia” ini satu-satunya buku tentang Yahudi di Indonesia yang saya miliki. Buku itu diperoleh di Masjid Salman tahun 1994. Adakah buku yang lainnya Kang tentang Yahudi ini ? Mohon infonya.

    Hatur nuhun.
    Salam.

    Reply

  7. dedekusn
    May 06, 2010 @ 23:21:00

    Ternyata Yahudi pernah berkembang di Indonesia… Info baru kanggo abdimah kang.. nuhun pisan infonyah…

    —————————————–

    Sami-sami, ieu ge keleresan kenging nu kieu.
    Nuhun Kang De.

    Reply

  8. dykapede
    May 07, 2010 @ 13:46:14

    Mari kita bersama-sama mempererat tali persaudaraan sesama bangsa dan negara RI, salam :-D

    ——————————————–

    Tentu, kita satu bangsa satu negara berkewajiban untuk memajukan negeri kita ini dalam suatu kebersamaan.
    Terima kasih.
    Salam.

    Reply

  9. Usup Supriyadi
    May 07, 2010 @ 16:17:58

    http://degoblog.wordpress.com/2010/05/07/berguru-kepada-seorang-yahudi/

    selamat sore .
    ada lomba kecil-kecilan nih . ikutan ya .
    http://degoblog.wordpress.com/2010/05/07/de-go-blog-competition-2010/

    terima kasih .

    ——————————————

    Terima kasih artikel tentang Yahudinya.
    Semoga lombanya sukses.
    Salam.

    Reply

  10. The Fachia
    May 07, 2010 @ 17:59:17

    Yahudi memang ada dimana-mana, termasuk juga di Indonesia…
    ———————————

    Benar, Yahudi ada di mana-mana, termasuk di negeri kita dan juga di negara-negara Arab. Bahkan bisnis milik orang-orang Yahudi di negeri tercinta ini sudah merasuk kemana-mana.

    Terima kasih.

    Reply

  11. Pen Lab
    May 07, 2010 @ 23:20:40

    menambah pengetahuan saya ne mas…
    ———————————————

    Mudah-mudahan ada manfaatnya.
    Terima kasih.

    Reply

  12. Dangstars
    May 09, 2010 @ 09:29:04

    Wah..ternyata Yahudi ada di Indonesia..
    lengkap sekali ya Kang di Indonesia ini…sagala aya

    ———————————————-

    Betul Kang, sejak dulu mereka juga sudah ada. Mereka menyebar di mana-mana, di seluruh dunia. Bahkan ekonomi dunia juga sudah lama dikuasai mereka.

    Reply

  13. Vulkanis
    May 09, 2010 @ 09:31:24

    Makasih Kang infonya..agar saya hati-hati

    —————————————–

    Terima kasih juga kunjungannya.

    Reply

  14. delia4ever
    May 09, 2010 @ 12:25:46

    Terima kasih pak infonya….. yahudi mungkin juga ada disekitar kita..
    mudah2an dengan ini kita waspada… :)

    —————————————————-

    Memang sudah lama mereka ada di negeri kita walau populasinya tidak banyak. Keberadaan mereka tidak diketahui pasti berapa banyak. Tapi yang lebih banyak di sini adalah para zionis.

    Terima kasih sudah menyempatkan berkunjung ke sini.

    Reply

  15. sawali tuhusetya
    May 09, 2010 @ 21:32:33

    wah, agaknya yahudi di indonesia menjadi kelompok yang sangat minoritas, mas azis. karena minoritasnya itu, seringkali apa yang mereka lakukan tak terpantau sepenuhnya oleh publik. sebuah karya ilmiah yang layak dijadikan rujukan.

    ———————————————

    Betul, di samping jumlahnya tidak banyak, mereka juga tidak mau “menampakkan” diri. Yang dikenal luas, paling juga hanya Ahmad Dhani vokalis Dewa 19. Kakeknya adalah Jan Pieter Frederich Kohler ,seorang Yahudi Jerman.

    Terima kasih.

    Reply

  16. Afif logicprobe10
    May 10, 2010 @ 00:26:53

    wah, saya baru tahu ini soal sejarah Yahudi di Indonesia.. trims atas infonya pak, salam kenal :) baru mampir

    ———————————————-

    Salam kenal kembali.
    Terima kasih atas kunjungannya.

    Reply

  17. dira
    May 10, 2010 @ 17:16:54

    Memang kajian sosiologi terkait topik ini sangat langka ya Pak. Saya juga selama ini tidak terpikir apakah ada yahudi di Indonesia..

    ————————————————

    Sepengetahuan saya belum ada kajian komprehensif tentang Yahudi di Indonesia. Sejauh ini sepanjang yang saya ketahui baru ada satu buku tentang hal itu. Buku tersebut berjudul “Fakta & Data Yahudi di Indonesia” karangan Ridwan Saidi pertama kali diterbitkan pada tahun 1993 oleh penerbit LSIP ( Lembaga Studi Informasi Pembangunan ).

    Terima kasih.

    Reply

  18. bidansmart
    May 10, 2010 @ 20:44:43

    Yahudi itu kaum yang disebut-sebut dalam alquran sebagai musuh nyata umat islam ya pak

    Alloh bersama muslimin/muslimat tuk memerangi kaum yahudi laknatulloh..

    ——————————————————

    Dalam sejarah pada zaman nabi-nabi memang demikian sebagaimana diungkapkan dalam Al-Quran. Mereka ingkar kepada Allah dan menetang rasul-Nya, pada hal banyak di antara nabi-nabi itu bangsa Yahudi, karena itu mereka dilaknat Allah.

    Sekarang Yahudi ada di mana-mana, di Barat, di negera-negara Arab, juga di negeri kita. Kita tentu sebaiknya saling menghargai dan hidup berdampingan secara damai.

    Terima kasih.
    Salam

    Reply

  19. yanrmhd
    May 11, 2010 @ 21:58:54

    ternyata ada juga yahudi di indonesia,
    meskipun kaum muslimin harus hidup berdampingan,
    tetap kewaspadaan jangan sampai hilang…
    terutama zionis yang memang tidak akan pernah ridha
    terhadap Islam…

    salam, :)

    ———————————————

    Yahudi menyebar di mana-mana. Di negara-negara Arab, di Barat, di Timur mereka ada. Hanya di negeri kita jarang kedengaran, karena populasinya juga sedikit. Dan mereka tidak terbuka terhadap masyarakat lain.

    Yang paling banyak di negeri kita adalah orang-orang yang memiliki watak Zionis.

    Terima kasih.
    Salam.

    Reply

  20. bundadontworry
    May 13, 2010 @ 08:03:49

    Alhamdulillah, tiap kali mampir kesini, selalu ada yg bisa dibawa pulang, ilmu yg bermanfaat memang hrs dibagi2kan ya Pak Abdaz.
    Melaui blog inilah, baru tau kalau yahudi punya sejarah juga di indonesia.
    terimakasih krn telah berbagi Pak Abdaz.
    salam hangat utk keluarga
    semoga selalu sehat
    salam

    ——————————————————-

    Sejak lama komunitas Yahudi ini sudah ada di negeri kita, hanya belum pernah ada kajian yang komprehensif tentangnya. Baru ada satu buku yang ditulis oleh Ridwan Saidi berjudul “Fakta & Data Yahudi di Indonesia” diterbitkan pertama kali pada tahun 1993 oleh penerbit LSIP ( Lembaga Studi Informasi Pembangunan ). Tapi tidak begitu detail.

    Terima kasih Bu, doa saya buat seluruh keluarga.
    Salam.

    Terima kasih.

    Reply

  21. sejutainfo
    May 14, 2010 @ 11:07:20

    wahhh saya baru tau juga nih ternyata ada yahudi di Indonesia
    ————————————————-

    Memang sudah sejak lama, sejak zaman penjajahan dulu, tapi informasi tentang mereka sulit diperoleh.
    Terima kasih.

    Reply

  22. Goendul.Net
    May 22, 2010 @ 11:10:00

    Yahudi tersebar diseluruh belahan bumi tapi selamanya mereka tidak akan pernah bisa bersatu karena itu sudah menjadi bagian dari kutukan Tuhan

    ——————————————–

    Di mana-mana memang Yahudi bisa ditemukan termasuk di negeri kita ini. Di negeri kita sebetulnya orang Yahudi ini hanya sedikit, tapi yang banyak itu orang-orang yang memiliki spirit Zionis.
    Terima kasih.

    Reply

  23. john
    Jun 07, 2010 @ 13:56:11

    andai saja Hitler hidup lagi … pasti Yahudi ketakutan :)

    ——————————————–

    Mungkin juga, tapi kini ia ternyata tidak takut siapa pun. Sebaliknya, bahkan presiden Amerika pun takut sama mereka, karena lobi-lobinya sangat kuat dan mereka menguasai dunia perbankan dan bisnis.

    Terima kasih atas kunjungannya.

    Reply

  24. kangmas ian
    Oct 01, 2010 @ 08:30:12

    memang kalao yahudi di kita gak kentara..cuma paling keliatan dari simbol2 yang mereka gunakan ^^

    Reply

  25. kang emut
    Jan 29, 2012 @ 15:25:58

    sejak dulu yahudi melakukan diasfora ke seluruh penjuru dunia. yang penting bagi kita … waspadalah.

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

IP
My Popularity (by popuri.us)
Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 39 other followers

%d bloggers like this: