“Inspired by Muhammad” , Sebuah Kampanye untuk Meningkatkan Citra Islam di Inggris


Sultana Tafadar, barrister

INSPIRED BY MUHAMMAD dirancang untuk meningkatkan pemahaman publik Inggris terhadap Islam dan Muslim. Kampanye ini untuk menunjukkan bagaimana Muhammad mengilhami komunitas Muslim untuk memberikan kontribusi kepada masyarakat, dengan fokus pada hak-hak perempuan, keadilan sosial dan lingkungan.Kampanye ini dilakukan menyusul jajak pendapat nasional yang dilakukan oleh YouGov yang menunjukkan bahwa 69% orang percaya bahwa Islam mendorong penindasan perempuan, hanya 6% yang mengasosiasikan Islam dengan keadilan dan juga hanya 6% percaya bahwa Islam mempromosikan langkah-langkah aktif untuk melindungi lingkungan. Secara keseluruhan, hampir separuh dari semua orang di Inggris percaya bahwa Islam tidak memiliki dampak positif pada masyarakat Inggris.

The Exploring Islam Foundation ( EIF ), sebuah organisasi yang dikelola profesional Muslim berbasis di London meluncurkan kampanye ini pada 7 Juni lalu untuk memperbaiki dan meningkatkan citra Islam khususnya di mata masyarakat Inggris dan masyarakat dunia umumnya.

Kampanye “Inspired by Muhammad” ini diilhami oleh ajaran-ajaran Nabi Muhammad SAW, yang bertujuan untuk menyajikan dan menampilkan Islam sebagai agama yang memiliki kontribusi positif bagi masyarakat luas.

Kampanye ini menampilkan kalangan profesional Muslim, termasuk seorang Muslimah, mantan presenter MTV, Kristiane Becker.

Kampanye dilakukan dengan menggunakan poster dengan gambar seorang pengacara berjilbab diikuti tulisan , “Saya percaya terhadap hak-hak perempuan. Begitu juga Muhammad”.

Poster lainnya menunjukkan seorang lelaki pekerja sosial dengan tulisan dibawahnya,”Saya percaya terhadap keadilan sosial. Begitu juga Muhammad”.

Rupon Miah, Frontline worker for a homeless charity

Sebuah poster lain memperlihatkan seorang presenter televisi kelahiran Jerman, Kristiane Backer. Posternya bertuliskan ,”Saya percaya akan perlindungan lingkungan. Begitu juga Muhammad”.

Beragam poster dipasang oleh EIF di berbagai penjuru London, mulai dari stasiun kereta bawah tanah, perhentian bus, hingga taksi-taksi kota London.

Kristiane Backer, salah seorang pendukung kampanye ini mengenalkannya dalam acara televisi. “Sejauh ini citra negatif tentang Islam telah menyebar dan hal itu merupakan alasan di balik kebutuhan mendesak untuk melakukan kampanye ini, serta alasan untuk menyebarkan citra positif yang mencerminkan kenyataan tentang Islam itu sendiri dan menunjukkan semangat Islam.”

Ia menambahkan: “Nilai-nilai seperti perdamaian, kasih sayang dan kebaikan, dan hak-hak perempuan dan keadilan sosial adalah bagian dari Islam, kami akan mencoba untuk fokus pada beberapa nilai-nilai saja, dan beberapa pesan yang mencerminkan Islam sejati di kalangan mainstream umat Islam.”

Selanjutnya , Backer, mantan presenter MTV yang menjadi Muslimah pada

Kristiane Backer, an eco-Muslim and former MTV presenter

tahun 1995 ini mengemukakan,Islam is a very beautiful religion that contains highly ethical principles, spiritual principles, but nobody knows about that.”

“Tujuan kami sekarang” kata Remona Aly, direktur kampanye dari the Exploring Islam Foundation “adalah menampilkan nilai-nilai univesal yang menjadi pegangan Muslim, seperti keadilan, kasih sayang, saling mengerti dan toleransi”. Ia sendiri menyatakan, “We are proud of being British and being Muslim.”


”Kami menyambut “Inspired by Muhammad” sebagai langkah bernilai dan tepat waktu untuk membantu memperbaiki hubungan dan mendorong pemahaman yang lebih dalam di antara warga Inggris. Kampanye ini penting karena dapat membantu non-Muslim untuk lebih memahami keyakinan Islam yang mengilhami dan menjadi panduan Muslim yang adalah teman-teman, tetangga, atau rekan kerja mereka.” Demikian dikemukanan seorang juru bicara Quilliam, sebuah counter-extremism think tank .

Are You Inspired ?

õõõ

Sumber : Inspired by Muhammad; Islam Today; Deutsche Welle, Republika
Pics : Inspired by Muhammad

Cianjur, Selasa, 22 Juni 2010 | 15:57

31 Comments (+add yours?)

  1. didot
    Jun 22, 2010 @ 19:56:05

    yes i am inspired by Muhammad🙂
    ———————————————-

    Yeah, it’s a must, bro !

    Reply

  2. M Mursyid PW
    Jun 23, 2010 @ 08:35:47

    Di negara kita juga tetap perlu menkampanyekan hal ini pak, ya?

    —————————————————

    Betul Pak, walau negeri kita merupakan negeri dengan jumlah Muslimnya terbesar di dunia, tidak berarti kita semua memahami betul nilai-nilai luhur agama yang kita anut ini.

    Terima kasih.

    Reply

    • Usup Supriyadi
      Jun 23, 2010 @ 16:46:24

      di Indonesia ini double, kita mesti meng-Islam-kan orang Islam K-T-P😉

      ———————————————-

      Ya, ini kewajiban kita bersama.

      Reply

  3. Wong Kam Fung
    Jun 23, 2010 @ 09:58:06

    perempuan memang perlu diberdayakan pak
    salam kenal

    —————————————

    Islam tidak membedakan antara laki-laki dan perempuan. Kita semua harus memberdayakan diri kita.
    Terima kasih .
    Salam kenal kembali.

    Reply

  4. dira
    Jun 23, 2010 @ 10:46:13

    Peran media memang luar biasa kuat terhadap persepsi masyarakat. Pendapat media hampir saja identik dengan pendapat masyarakat. Sementara kita tahu bahwa media-media dunia itu siapa yg menguasai, dari situlah persepsi tentang Islam dibentuk…
    Dunia Islam sangat mendesak untuk membuat satu media nasional dan internasional yg kuat, agar citra Islam membaik. Tetapi saya selalu percaya bahwa Allah SWT mempunyai cara tersendiri untuk “mengkampanyekan” Islam..

    ———————————————

    Ungkapan yang sering kita dengar di dunia komunikasi benar sekali. “Siapa yang menguasai informasi, ia akan menguasai dunia”.
    Kita berharap semoga Islam dan umatnya ke depan bisa lebih baik.
    Amin.

    Terima kasih.

    Reply

  5. NoRLaNd
    Jun 23, 2010 @ 15:13:09

    setiap statement selalu berakhiran
    “So did Muhammad”
    mingkin artinya, bila kita telisik lagi kata-kata Muhammad terdahulu ada yang isinya mengenai peningkatan citra islam y =)

    ———————————————-

    Kampanye ini bertemakan “Terinspirasi oleh Muhammad”, dan menampilkan nilai-nilai Islam yang diajarkan dan dicontohkan Nabi Muhammad. Dan kampanye ini untuk “menjawab” hasil jajak pendapat yang dilakukan akhir Mei lalu tentang persepsi publik Inggris tentang Islam dan Muslim.

    Terima kasih.

    Reply

  6. Usup Supriyadi
    Jun 23, 2010 @ 16:48:22

    Menarik sekali,
    tadi pagi saya dengar berita disebuah radio islami
    kalau di london inggris ada unjuk rasa menuntut diterapkan syariat Islam di Inggris. Saluut ama muslim di Inggris.

    ——————————————–

    Mudah-mudahan Islam semakin dipahami oleh setiap komunitas, sehingga kecurigaan, kebencian, dan permusuhan bisa semakin menurun. Semoga tumbuh saling menghargai, saling mengerti dan menghormati ajaran dan kehidupan beragama masing-masing.

    Terima kasih.

    Reply

  7. Adi
    Jun 23, 2010 @ 17:48:12

    @usup, wah syariat islam di ingGris? Di negara kita saja blm, pdhl muslimnya bnyk.

    ——————————————

    Saya belum mendengar / membaca berita tersebut, tapi mungkin yang dimaksud dengan penerapan syariat Islam itu adalah nilai-nilai luhur ajaran Islam yang diamalkan umat Muslim dihormati oleh mereka. Sejak lama Muslimah di sana kan tidak boleh memakai jilbab ke sekolah atau di tempat kerja.

    Di Inggris ekonomi syariah sudah berkembang. Islamic Bank, yang di kita dikenal dengan bank syariah, kebanyakan nasabahnya adalah non-Muslim.

    Terima kasih.

    Reply

  8. Keping Hidup
    Jun 24, 2010 @ 02:50:50

    Assalamualaikum ww.. Alhamdulillah setelah sistem perbankan syariah dan perpajakan yang mulai dilirik barat sekarang juga masalah wanita dan lingkungan ya pak..

    Semoga blog Islam4All juga diklik dan dibaca oleh masyarakat dunia untuk mengenal Islam lebih baik Amiin.. – salam saya

    ————————————————

    Wa’alaikumussalam wr.wb.

    Islamic Bank ( Bank Syariah ) sudah lama berkembang di sana, karena sistem yang diajarkan Islam ini menguntungkan mereka. Tapi untuk bisa dengan bebas memakai jilbab masih sulit, seperti di sekolah atau tempat kerja. Kita masih ingat beberapa tahun lalu seorang siswi Muslimah harus keluar sekolah ( public school ) karena memakai jilbab, walau sudah diperjuangkan sampai pengadilan.

    Terima kasih.
    Salam

    Reply

  9. sedjatee
    Jun 24, 2010 @ 07:41:16

    Muhammad adalah inspirasi
    muhammad adalah teladan
    muhammad adalah penggugah
    salam sukses…

    sedj

    —————————————

    Muhammad adalah uswah hasanah.

    Semoga sukses selalu.
    Salam

    Reply

  10. Vulkanis
    Jun 24, 2010 @ 10:53:23

    Sampai segitunya ya Pak

    ——————————————————

    Begitulah, di negara-negara yang Muslimnya minoritas kampanye seperti ini cukup efektif. Tahun lalu Muslim AS juga memasang poster-poster seperi itu di puluhan bus.

    Mereka juga ikut-ikutan menggunakan cara seperti ini. Di AS bulan lalu mereka “menyerang” Islam dengan memasang poster-poster yang berbunyi ” Leaving Islam? Fatwa on your head? Is your family threatening you?” Mereka menawarkan bantuan bagi Muslim yang takut melepas keyakinannya. Poster itu dipasang pada puluhan bus di New York, Miami dll.

    Kampanye ini dilakukan oleh aktivis konservatif , Pamella Geller, yang juga pemimpin organisasi Stop Islamization of America.

    Terima kasih Kang
    Salam

    Reply

  11. Ivanku
    Jun 24, 2010 @ 14:38:57

    Semua itu karna cinta, betul tidak kang abdul ???

    ——————————————————

    Betul, setiap umat beragama wajib mencitai agamanya, mencintai Tuahnya, dan Rasul-Nya.

    Terima kasih.

    Reply

  12. kang ian
    Jun 24, 2010 @ 23:37:16

    waw keren pak haha
    mari dakwahkan islam dimana aja ^^
    haturnhun pak infonya🙂

    ———————————————-

    Keren ??? ha ha
    Okey, dakwah kewajiban kita semua sebagi Muslim.

    Hatur nuhun.

    Reply

  13. Daiichi
    Jun 25, 2010 @ 14:21:29

    Kereen… Betul2 keren dan menginspirasi.. Keep Spirit.. Goo Muslim… ^_^

    ——————————————

    Semoga kita terinspirasi.
    Terima kasih supportnya.
    Salam.

    Reply

  14. NoRLaNd
    Jun 25, 2010 @ 17:22:45

    ditunggu artikel trbaru nya y =)

    ——————————————–

    Insya Allah, sedang diusahakan.
    Terima kasih.

    Reply

  15. Kang Romly
    Jun 25, 2010 @ 20:05:02

    Islam ada pembawa kedamaian di dunia….dan Nabi Muhammad adalah Rahmat bagi seluruh alam….amin

    ————————————————

    Mudah-mudahan semakin banyak orang yang terinspirasi oleh nilai-nilai yang dibawa Nabi Muhammad SAW.

    Terima kasih.

    Reply

  16. kopral cepot
    Jun 26, 2010 @ 12:45:17

    knp istilahnya “Kampanye” ? ngak apalah smoga maksudnya adl berdakwah ..
    tp herannya di Indonesia “kampanye” Nabi Muhammad hanya pas maulid nabi saja .. padahal pemahaman tentang Nabi Muhammad juga beda2 tipis dengan ingglis😉

    —————————————————

    Dari sononya memang disebut ” The Inspired by Muhammad Campaign”, mungkin karena mereka menggunakan poster yang dipasang di berbagai tempat dan di taksi-taksi. Tapi jelas maksudnya untuk berdakwah.
    Biasanya untuk dakwah meraka menggunakan istilah call, da’wa, atau da’wah.

    Di kita memang banyak Muslim yang merasa cukup beriman saja kepada Rasul, tapi tidak cukup mengenal Sang Rasul itu, pada hal kita wajib meneladaninya.

    Hatur nuhun.

    Reply

  17. hanyanulis
    Jun 26, 2010 @ 14:41:18

    Ternyata artikel ini nggak kalah inspired dari judulnya…makasih ya pak atas tulisannya yang bagus ini….Like this

    ———————————————–

    Terima kasih banyak atas supportnya.
    Salam.

    Reply

  18. Nanang Abdullah
    Jun 26, 2010 @ 16:39:58

    Assalamu’alaikum. Kumaha damang Kang? Mudah-mudahan masyarakat Inggris lambat laun akan berubah dan percaya bahwa Islam itu rahmatan lil alamin, syariat islam itu adil, ekonomi islam itu adil.

    ———————————————————

    Wa’alaikumusslam,
    Alhamdu lillah , pangesto.
    Mudah-mudahan, bukan hanya di Inggris, Islam dan kaum Muslim semakin berkebang dengan baik.

    Hatur nuhun.
    Salam

    Reply

  19. millati
    Jun 28, 2010 @ 15:07:33

    Kampanye yang bagus…

    —————————————–

    Semoga berhasil dengan baik.
    Thanks.

    Reply

  20. Sawali Tuhusetya
    Jun 29, 2010 @ 00:26:43

    sebuah upaya yang bagus utk menciptakan image dan pencitraan yang bagus buat perkembangan islam, mas azis. jangan sampai terjadi, karena ndak paham islam, dengan sewenang2 menyatakan bahwa islam identik dengan teror dan kekerasan. bisa makin repot! salam….

    ——————————————–

    Tentunya kita harapkan citra Islam semakin baik. Persepsi yang negatif muncul karena pemahaman yang kurang terhadap nilai-nilai luhur Islam.

    Terima kasih.
    Salam.

    Reply

  21. yanrmhd
    Jun 29, 2010 @ 00:44:24

    kenali Muhammad maka kita akan mengenal Islam,,,🙂
    semoga Islam akan lebih mudah lagi diterima di inggris bahkan oleh dunia…

    —————————————————–

    Ya, tentu. Selain mengimaninya, kita juga wajib mengenal dan meneladaninya, karena beliau adalah uswatun hasanah.

    Mudah-mudahan Islam semakin diterima di mana pun di dunia ini.

    Terima kasih.

    Reply

  22. investasi emas
    Jun 30, 2010 @ 18:50:32

    yup bener bgt tuh,.. kenali muhammad trus kenali islam,…

    ————————————————-

    Untuk mengenal Islam, tentu harus melalui rasul-Nya, Muhammad SAW. Tidak mungkin mengenal Islam tanpa mengenal beliau.
    Terima kasih.

    Reply

  23. fahrudin
    Jul 01, 2010 @ 22:19:19

    jujung tinggi nama islam dan nabi muhammad…..!!

    —————————————————-

    Menjungjung tinggi Islam dan rasul-Nya merupakan kewajiban kita sebagai Muslim.
    Terima kasih.

    Reply

  24. dira
    Jul 02, 2010 @ 17:21:06

    Mampir sore pak…

    Reply

  25. Bee'J
    Jul 04, 2010 @ 17:21:22

    yang terpuji nabi Muhammad namanya indah sekali…

    Reply

  26. CahNdeso
    Jul 06, 2010 @ 19:55:58

    Postingan ini mengandung banyak hikmah, sungguh saya suka….

    Reply

  27. febri
    Jul 07, 2010 @ 21:21:27

    sebuah kampanye yang sangat baik dan bermoral…

    Reply

  28. Alrisblog
    Jul 14, 2010 @ 23:01:41

    Sebuah langkah yang bisa kita apresiasi dengan baik. Semoga lebih mencerahkan.
    Salam,
    http://PakOsu.wordpress.com/

    Reply

  29. fatah
    May 06, 2012 @ 09:30:09

    كم عمر سلطانة تفادار وهل هي متزوجةام عزباء

    Reply

  30. Ukir Jepara
    May 10, 2012 @ 20:48:22

    Islam adalah agama yang sempurna….

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

IP
My Popularity (by popuri.us)
%d bloggers like this: