Bahasa dan Agama


PEMBELAJARAN bahasa , baik bahasa Indonesia, daerah, atau bahasa asing, lebih difokuskan kepada empat keterampilan berbahasa, yaitu membaca ( reading ), menulis ( writing ), berbicara ( speaking ), dan mendengarkan ( listening ). Keempat keterampilan ini sangat penting dikuasai, karena dalam berbagai aktivitas kita sehari-hari, termasuk aktivitas keberagamaan, sangat diperlukan.

Di pesantren, ilmu-ilmu kebahasaan dikenal dengan ilmu alat. Hal tersebut dikarenakan bahasa itu merupakan alat untuk berkomunikasi, menyampaikan gagasan dan pemikiran, menimba ilmu, mentransfer ilmu, juga untuk menyampaikan pesan-pesan keagamaan.

Perintah Allah kepada kita melalui Nabi Muhammad SAW yang pertama kali adalah perintah membaca ( QS Al-Alaq [96] : 1 ). Al-Quran, kitab suci umat Muslim, secara literal berarti bacaan. Membaca di sini bermakna mempelajari, bukan sekedar membaca huruf-huruf. Karena itu, di dalam ayat 3 dan 4 disebutkan :

“Yang mengajar manusia dengan perantaran qalam. Dia mengajarkan kepada manusia apa yang tidak diketahuinya.”

Kata al-qalam dapat dipahami sebagai segala macam alat untuk memperoleh pengetahuan, seperti alat tulis, komputer, alat penyimpan data, memori dan alat riset canggih lainnya.

Sebagian komunitas Muslim kita masih membaca Al-Quran dengan membaca huruf-hurufnya saja, tidak berusaha untuk memahaminya. Padahal Al-Quran itu diturunkan sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan mengenai petunjuk tersebut , serta pembeda antara yang hak dan yang bathil ( QS Al-Baqarah [2] : 185 ).

Wahyu pertama yang turun adalah lima ayat dari surat Al-‘Alaq. Surat ini diawali dengan perintah membaca ( iqra’ ). Perintah membaca tersebut tidak diikuti dengan penjelasan objek bacaannya. Dalam kaidah ilmu Al Quran, jika suatu kata dalam susunan redaksi tidak disebutkan objeknya – seperti perintah iqra’ di atas, tidak disebutkan objek yang harus dibaca – maka objek yang dimaksud bersifat umum, mencakup segala sesuatu yang dapat dijangkau oleh kata tersebut. Berdasarkan kaidah ini, Nabi dan seluruh kaum Muslim diperintahkan membaca, baik yang tertulis ( teks, naskah, buku, bacaan ) maupun yang tidak tertulis ( fenomena alam dan sosial ). Karena itu, iqra juga bermakna menelaah, meneliti, merenungkan, bereksperimen, berkontemplasi dan sebagainya. Objeknya bisa berupa bacaan suci yang berasal dari Allah SWT, hadis shahih, maupun hasil karya manusia berupa kajian ilmu pengetahuan.

Dalam ayat itu, Allah mengaitkan kata “membaca” dengan “nama Allah”. Ini berarti kegiatan membaca ini harus dilakukan dengan keikhlasan dalam rangka mencari ridha Allah.”Bacalah dengan menyebut nama Tuhanmu yang Menciptakan” ( QS Al-Alaq [96] : 1 ).

Bacaan sangat kita perlukan, karena itu keterampilan menulis menjadi kebutuhan yang tidak bisa diabaikan. Salah satu nama lain Al-Quran adalah Al-Kitab, yang berarti buku atau tulisan. Kita mengenal ajaran agama, memahami sunnah Nabi, pemikiran para ulama melalui tulisan. Karya tulis mereka merupakan warisan yang tak ternilai harganya.

Melalui tulisan juga , Rasulullah SAW menyampaikan sebagian pesan-pesannya. Beliau pernah berkirim surat berisi pesan dakwah kepada penguasa adidaya pada waktu itu, kaisar Romawi di Barat, dan raja Persia di Timur.

Beliau kalau berkhutbah Jumat atau Id selalu menyiapkan khutbahnya secara tertulis, kemudian beliau bacakan. Ditulis terlebih dahulu karena khutbah harus relatif pendek, tidak bertele-tele, sistematik, dan menggunakan kalimat-kalimat efektif agar dengan mudah bisa dipahami jamaah.

Di toko-toko buku banyak dijumpai buku-buku yang berisi khutbah untuk shalat Jumat maupun shalat Id untuk dijadikan referensi para khatib. Tapi, kita sering menemukan banyak khatib yang membacakan buku itu di mimbar masjid, padahal isi khutbah itu belum tentu cocok atau bisa dengan mudah dipahami oleh jamaah masjid tersebut. Mereka terkesan hanya membacakan saja, bahkan terkadang tampak sekali tidak mereka pelajari terlebih dulu.

Selain membaca dan menulis, seorang Muslim hendaklah memiliki keterampilan berbahasa lainnya, yaitu berbicara. Kita dituntut untuk mampu menyampaikan pesan, pendapat, dan pemikiran secara lisan, karena setiap Muslim berkewajiban untuk berdakwah, mengajak ke jalan Allah.

Ketika Nabi Musa diperintahkan Allah untuk menyampaikan pesan-Nya kepada Firaun, beliau sempat ragu dengan kemampuannya. Apalagi Firaun ini seorang raja kejam yang pernah berupaya membunuh keturunan Yahudi di Mesir termasuk Musa ketika masih bayi.

Berdoalah Nabi Musa :
“Ya Tuhanku, lapangkanlah untukku dadaku, dan mudahkanlah untukku urusanku, dan lepaskanlah kekakuan dari lidahku, supaya mereka mengerti perkataanku,… “
( QS Thaha [20] : 25-28 )

Selain harus mampu berbicara, kita juga harus memiliki keterampilan mendengarkan. Mungkin Anda pernah bertanya kepada seorang jamaah seusai shalat Jumat tentang isi khutbah yang baru beberapa saat ia ikuti. Apakah ia mampu menjadi pendengar yang baik ?

Begitu pentingnya untuk menjadi seorang pendengar yang baik, maka ketika khutbah sedang berlangsung kita dilarang untuk menegur anak yang berisik, misalnya. Mengapa ? Karena ketika kita menegur, kita tidak bisa mendengarkan khutbah dengan baik.

Dengan demikian, seorang Muslim dalam menjalankan aktivitas keberagamaannya sangat memerlukan keempat keterampilan berbahasa tersebut : membaca, menulis, berbicara, dan mendengarkan.

Cianjur, 13 November 2010 | 22 : 56

Pics :  http://twowritingteachers.wordpress.com

28 Comments (+add yours?)

  1. Maren Kitatau
    Nov 14, 2010 @ 00:07:38

    Sebelum bahasa ada kata.

    Kata adalah awal utk bicara,
    Bicara adalah awal utk berpikir,
    Berpikir adalah awal utk bekerja,
    Bekerja adalah awal utk menjadi,
    Menjadi adalah akhir dari segalanya!
    Lalu, “Jadilah rahmat lil alamin saja!”

    Salam Kenal!

    ————————————————-

    Dan kata berawal dari hati yang ikhlas dan pikiran yang jernih.
    Kemudian tumbuhlah akhlaqul karimah.

    Terima kasih atas kehadiran Anda di sini.

    Salam

    Reply

  2. alamendah
    Nov 14, 2010 @ 06:01:33

    Setuju banget, Pak. Keterampilan berbahasa merupakan alat dasar dalam memahami dan mentelaah berbagai ilmu guna meningkatkan keimanan dan ketaqwaan kita kepada Allah Swt.

    ———————————————-

    Kita menerima dan menyampaikan sesuatu melalui bahasa.
    Bahasa merupakan bagian kehidupan keseharian dan keberagamaan kita.
    Terima kasih.

    Reply

  3. dedekusn
    Nov 14, 2010 @ 23:36:21

    Iya kang, nuhun infonya. Islam memang udah mengatur semuanya. termasuk Bicara dan Mendengarkan.
    Semoga kita termasuk orang yang bisa bicara dengan tepat & bisa juga menjadi pendengar yang baik.

    ————————————————————–

    Mudah-mudahan kita tidak termasuk orang-orang yang seperti diungkapkan Allah SWT :

    “Allah telah mengunci-mati hati dan pendengaran mereka, dan penglihatan mereka ditutup. Dan bagi mereka siksa yang amat berat” ( QS Al-Baqarah : 7 )

    Mereka tidak dapat menerima petunjuk, dan segala macam pesan-pesan agama tidak akan berbekas padanya.
    Mereka tidak dapat memperhatikan dan memahami ayat-ayat Al Quran yang mereka baca, mereka dengar dan tidak dapat mengambil pelajaran dari tanda-tanda kebesaran Allah.

    Terima kasih
    Salam dari Cianjur

    Reply

  4. M Mursyid PW
    Nov 15, 2010 @ 19:03:36

    Benar dan setuju sekali, Pak. Keempat keterampilan berbahasa tersebut mulai dari mendengarkan, berbicara, membaca, dan menulis harus dikuasai. Orang belum dapat dikatakan menguasai suatu bahasa dengan sempurna apabila belum menguasai keempatnya.

    ———————————————

    Keempat keterampialn berbahasa itu, memang bukan hanya dibutuhkan dalam aktivitas kita sehari-hari, tapi dalam aktivitas keberagamaan kita pun sangat diperlukan. Tidak ada moment penting yang terlepas dari bahasa.

    Terima kasih.

    Reply

  5. SITI FATIMAH AHMAD
    Nov 16, 2010 @ 12:21:05

    Assalaamu’alaikum Pak Abdul Aziz…

    Sahabat…. Tiada embun yang lebih bening selain beningnya hati
    Di bulan Zulhijjah, Iedul Adha kembali menyapa hari
    Kemaafan dipohon untuk khilaf dan salah jika mengkhianati
    Sebuah pengorbanan tulus jadi iktibar membaiki diri

    Mohon Maaf Lahir dan Bathin

    Salam keindahan Iedul Adha 1431 H dari saya di Sarikei, Sarawak.

    ———————————–

    Wa’alaikumussalam,

    Selamat Idul Adha buat Ibu sekeluarga dan buat saudara-saudara di Malaysia. Dengan penuh ketulusan saya pun mohon maaf lahir batin.

    Terima kasih.
    Salam.

    Reply

  6. sawali tuhusetya
    Nov 16, 2010 @ 15:21:53

    saya sangat sepakat dengan isi tulisan ini, mas azis. empat keterampilan berbahasa ini memang penting dimiliki oleh setiap orang, lebih2 bagi umat muslim yang mengemban misi sebagai khalifah di atas bumi. selamat merayakan idul adha, mas, semoga kita bisa meneladani semangat nabiyullah ibrahim bersama putranya ismail, amiiin.

    ——————————————-

    Saya pernah membaca berita beberapa tahun lalu tentang jemaah haji yang tidak bisa berbahasa Indonesia. Pembimbing haji menghadapi kesulitan dalam menjalankan tugasnya, sang jemaah haji pun kebingungan apa yang harus diperbuat.

    Ini merupakan contoh kecil tentang pentingnya keterampialn berbahasa. Karena itu tugas Bapak sebagai guru bahasa Indonesia memiliki nilai ibadah yang sangat tinggi.

    Terima kasih.

    Selamat Idul Adha.

    Reply

  7. tips beli rumah
    Nov 16, 2010 @ 17:02:19

    pelajaran yang mantap bgt

    —————————————

    Terima kasih.

    Reply

  8. Ummu Kamilah
    Nov 17, 2010 @ 04:10:31

    Assalamu’alaikum, Pak.

    Empat hal tersebut adalah hal pokok dalam berbahasa. Dengan membaca kita dapat menemukan kata-kata baru, dengan menulis kita melatih pengolahan kata, dengan berbicara kita berlatih untuk bisa berucap/berbahasa yang lebih baik, dengan mendengarkan kita dapat memahami secara lebih baik.
    Bahasan ini mengingatkan saya dengan masa-masa belajar dulu. Yang mana keempatnya adalah sesuatu yang menjadi aktifitas pokok semasa sekolah.

    Selamat Idul Adha, semoga semangat berkurban semakin tumbuh bdan membesar pada diri kita. Aamiin.

    ——————————————————-

    Keempat keterampilan berbahasa itu dulu kita pelajari di sekolah, sekarang kita merasakan pentingnya bahasa. Karena dalam aktivitas keberagamaan pun kita memerlukan keterampilan berbahasa.

    Selamat Idul Adha. Semoga kita senantiasa memilki spirit pengurbanan Nabi Ibrahim AS. Amin.

    Terima kasih.
    Salam.

    Reply

  9. Vulkanis
    Nov 17, 2010 @ 15:20:42

    Hatur nuhun tulisannya mantep,,pisan..

    ———————————————

    Mudah-mudahan tiasa katampi sareng aya mangpaatna. Amin.

    Reply

    • Vulkanis
      Nov 20, 2010 @ 10:40:43

      Seueur pisan manfaatnya,,atuh Akang…

      ———————————————-

      Hebat lah Kang, tos lami ninggalkeun Tatar Sunda ge masih keneh apal kana EU. Barudak ayeuna mah nulis seueur teh jadi seer.

      Hatur nuhun pisan.

      Reply

  10. Maren Kitatau
    Nov 18, 2010 @ 00:57:03

    In the beginning was the Word
    And the Word was with God
    And the Word was God.

    Salam Damai!

    ——————————————-

    Kita kenal Dia karena Firman-Nya.
    Kita iman karena Firman-Nya.
    Kita hidup dan kembali dengan Firman-Nya.

    Shalom, Salam, Peace !

    Reply

  11. Keping Hidup
    Nov 18, 2010 @ 09:33:53

    Alhamdulillah saya pertama kali baca doa itu waktu mau presentasi tugas akhir waktu kuliah dulu.. sekarang insya Allah sering membacanya sebelum presentasi selama kerja – salam saya😀

    —————————————————

    Doa yang pernah dibacakan Nabi dan termuat dalam Al-Quran merupakan doa yang sangat baik untuk diamalkan.

    Semoga sukses.
    Salam.

    Reply

  12. Smile _ Happy
    Nov 18, 2010 @ 16:58:05

    Silakan kunjungi blog sehat di http://www.wisnuvegetarianorganic.wordpress.com/

    ——————————————————

    Blognya bagus sekali. Saya senang sekali dengan tulisan tentang gaya hidup sehat.

    Terima kasih.

    Reply

  13. nurrahman
    Nov 18, 2010 @ 18:36:04

    saya pernah membaca komentar seorang ilmuwan (maaf,saya lupa namanya), dia berkata bahwa ilmu yang bisa menguasai semua ilmu bukanlah hitung2an atau matematika. tetapi adalah bahasa, maka kamu akan kaya akan wawasan dan ilmu pengetahuan🙂

    ————————————————

    Barangkali dasar pemikiran sang ilmuwan itu bahwa semua ilmu hanya bisa digali bila seseorang memiliki keterampilan berbahasa yang baik. Karena dengan kemampuannya yang baik dalam berbahasa ia bisa memahami berbagai ilmu dengan lebih mudah.

    Terima kasih.

    Reply

    • Maren Kitatau
      Nov 18, 2010 @ 22:20:59

      Aku setuju dgn Ilmuwan itu, Nur!
      Bahasalah yg membuat kita berpikir.

      Apa jadinya kita jika tanpa kata.
      Segala sesuatu hrs dimulai dgn kata.
      Kita adalah apa yg kita katakan.

      Salam Damai!

      ———————————-

      “Segala sesuatu harus dimulai dengan kata”.
      Saya setuju sekali. Baik kata yang terucapkan, tertulis, maupun kata hati.

      Terima kasih.
      Salam

      Reply

  14. Rama
    Nov 19, 2010 @ 09:37:33

    Bahasa Arab memang dijadikan bahasa Quran.
    tapi tampaknya ada perbedaan ya antara bahasa arab percakapan
    dengan bahasa arab Quran?

    ———————————————-

    Bahasa Arab dalam Al-Quran atau dalam buku-buku lainnya merupakan bahasa yang baku. Bahasanya harus dipelajari betul-betul untuk bisa memahaminya. Jadi seseorang yang pernah tinggal di Arab, menjadi TKI misalnya, belum tentu bisa membaca buku berbahasa Arab dengan baik.

    Terima kasih.

    Reply

  15. Bikin Website Mudah Murah Menguntungkan
    Nov 20, 2010 @ 13:04:13

    4 keterampilan berbahasa : membaca, menulis, berbicara, dan mendengarkan.

    4 keterampilan yg hrs menjadi fokus prosesi dlm setiap proses pembelajaran.

    ———————————————-

    Betul, setiap pembelajaran apa pun tidak bisa lepas dari keharusan memiliki keterampialn berbahasa tersebut, termasuk untuk memahami nilai-nilai yang bersumber dari ajaran Tuhan.

    Terima kasih.

    Reply

  16. ardiyansarutobi
    Nov 28, 2010 @ 11:53:53

    secara teori, klo pngertian membaca, menulis, dll itu apa ya?

    ———————————————————

    Membaca merupakan kegiatan seseorang untuk memperoleh pengetahuan melalui sumber-sumber tekstual, seperti artikel, koran, majalah, buku dll.

    Menulis merupakan sebuah proses kreatif menuangkan gagasan dalam bentuk bahasa tulis untuk tujuan tertentu, misalnya memberi tahu, menginformasikan, meyakinkan, atau menghibur.

    Reply

    • pak gusti
      Jul 15, 2013 @ 11:17:57

      NGIN MERASAKAN KEMENANGAN DI DALAM BERMAIN TOGEL TLP KI ANGEN JALLO DI NMR (_0_8_5_2_8_3_7_9_0_4_4_4_) JIKA INGIN MENGUBAH NASIB KAMI SUDAH 7X TERBUKTI
      TRIM’S ROO,MX SOBAT
      =-

      Reply

  17. Kerajinan Jepara
    Aug 04, 2011 @ 03:32:52

    hemmmmmmmm menarik di simak nie…
    thx gan.

    furniture jepara
    furniture rotan sintetis jepara
    kaligrafi jepara

    Reply

  18. Maren Kitatau
    Sep 02, 2011 @ 17:40:50

    Lama sudah tak jumpa …
    Seramat Hari Idul Fitri 1432 H
    Mohon maaf lahir dan batin!

    Ya!
    Minta maaf tidak menjadikan kita hina
    Memaafkan tak pula menjadikan kita bangga
    Saling memaafkan bisa menjadikan kita mulia, kan?

    Tiada maaf adalah kegiragan bagi si Iblis:
    Kebencian, kedengkian, iri dan dendam-kesumat,
    Itulah celah yg hangat utk dia bertelur dan berbiak!

    Selamat Hari Idul Fitri, Kang Abdaz!
    Biarkan si Iblis gigit jari
    Salam Damai!

    Reply

  19. nuraeni
    Sep 27, 2011 @ 12:59:27

    inilah yang harus kita capai:
    membaca, menulis, berbicara, dan mendengarkan……….

    Reply

  20. obatasamurat34
    Jan 17, 2012 @ 11:30:04

    ea sipp

    Reply

  21. Jelly Gamat luxor
    Apr 24, 2012 @ 07:11:02

    like this … (y)

    Reply

  22. Mebel Jati, Jati Mebel, Mebel Jepara
    Apr 26, 2012 @ 22:54:50

    info yang bagus mas,,,mungkin kita bisa tuker linx di http://meubeljati.com _thaks_

    Reply

  23. pak gusti
    Jul 15, 2013 @ 11:16:33

    NGIN MERASAKAN KEMENANGAN DI DALAM BERMAIN TOGEL TLP KI ANGEN JALLO DI NMR (_0_8_5_2_8_3_7_9_0_4_4_4_) JIKA INGIN MENGUBAH NASIB KAMI SUDAH 7X TERBUKTI
    TRIM’S ROO,MX SOBAT

    Reply

  24. pak gusti
    Jul 15, 2013 @ 12:29:39

    BANTUAN BANTUAN AKI SANGAT BERHARGA BAGI
    KEHIDUPAN KELUARGA KAMI,
    BILA TEMAN2 PENCINTA JIKA
    INGIN MERASAKAN KEMENANGAN
    DI DALAM BERMAIN TOGEL
    TLP KI RUSMAN DI NMR (_082_334_222_676)
    KAMI BETUL2 SUDAH 7X TERBUKTI
    TRIM’S ROO,MX SOBAT

    Reply

  25. cara mengobati keseleo
    Jan 15, 2015 @ 09:20:47

    infonya sangat bermanfaat sekali dan menamabah wawasan keren

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

IP
My Popularity (by popuri.us)
%d bloggers like this: