Doa Orang-orang Shaleh


Oleh : Dr. A. Ilyas Ismail

Pada suatu hari, Umar bin al-Khathab, memergoki sahabat Mu’adz bin Jabal sedang menangis, dekat makam Rasulullah SAW. “Apa yang membuatmu menangis, hai Mu’adz? tanya Umar. Jawabnya, aku teringat baginda Rasulullah pernah berkata: “Sedikit riya adalah syirik. Siapa memusuhi kekasih Allah, Ia pasti memeranginya, dan Allah mencintai orang-orang takwa dan orang-orang yang menyembunyikan kebaikannya, yaitu orang-orang yang jauh dari popularitas, namun hati mereka bagaikan obor penerang.” ( HR Ibn Majah dan Baihaqi dari Umar bin Khathab ).

Pada hakekatnya, hadis ini menceritakan keberadaan orang-orang takwa alias orang-orang shaleh, yang kelihatannya sekarang semakin langka.

Inilah yang membuat risau  sahabat Mu’az bin Jabal. Orang-orang shaleh itu, menunjuk hadis di atas,  memiliki setidak-tidaknya tiga sifat unggulan yang tak dimiliki oleh orang lain.

Pertama, mereka memiliki akidah yang kuat, dalam arti bebas dari unsur-unsur syirik, baik yang terang ( jaliy ) maupun yang laten ( khafiy ). Tak ada kekuatan lain yang mendominasi jiwa mereka, selain Allah SWT. Mereka, tutur Sayyid Quthub, selalu tunduk dan patuh  kepada Allah dan Rasul. Mereka tak pernah mencari alternatif lain manakala Allah dan Rasul-Nya telah menetapkan keputusan buat mereka. (QS al-Ahzab [33]: 36).

Kedua, mereka senantiasa mendekatkan diri kepada Allah SWT. Al-Quran menyebut mereka  “Pelopor Kebaikan”, sabiqun bi al-khairat ( QS Fathir [35]: 32 ). Menurut Ibn Taimiyah, mereka adalah orang-orang yang mampu menjalankan perintah Allah, baik yang wajib  maupun sunah. Mereka juga mampu menjauhi larangan Allah  baik yang makruh apalagi yang haram. Bahkan, mereka rela meninggalkan sebagian dari yang boleh  sekiranya hal itu berpotensi menjerumuskan mereka kepada sifat lupa dan alpa.

Ketiga, mereka senantiasa membersihkan diri dari dosa-dosa dan maksiat. Mereka bermandikan cahaya. Hati mereka adalah cahaya. Kebaikan mereka juga cahaya. Dalam diri mereka ada cahaya di atas cahaya, nurun  ‘ala nur ( QS al-Nur [24]: 35 ). Dengan begitu, mereka menjadi obor penerang di tengah-tengah kegelapan dunia.

Mereka itulah orang-orang yang dituju oleh sabda Nabi dalam hadis lain yang berbunyi: “Di antara hamba-hamba Allah, ada orang yang apabila bersumpah, maka Allah pasti memberinya kebaikan.” ( HR Bukhari dari Muhammad ibn Abdillah al-Anshari ).

Maksud hadis ini, menurut pakar hadis Ibn Hajar al-‘Asqalani, ialah apabila ia berdoa, maka Allah pasti mengabulkannya. Pendapat lain mengatakan, dunia belum binasa, meski sarat dengan dosa-dosa dan kejahatan, justru karena kebaikan dan doa dari orang-orang shaleh ini. Wallahu a’lam!

ØØØ

Sumber  : Hikmah , Republika, Rabu, 9 Maret 2011

107 Comments (+add yours?)

  1. BaNi MusTajaB
    Apr 01, 2011 @ 01:51:29

    Tulisan yang mencerahkan….Semoga kita tergolong orang-orang yang shaleh…amin

    Reply

  2. Batavusqu
    Apr 01, 2011 @ 10:57:40

    Salam Takzim
    Lama tidak berkunjung, karena hal yang mustahal
    izin menyimak agar mampu berbuat menjadi anak sholeh pak
    Salam Takzim Batavusqu

    Reply

  3. info non muslim
    Apr 08, 2011 @ 18:46:01

    Artikel nya Bagus ,,,
    Tolong Kunjungi balik Ya Bozt,,,
    Salam Kenal,

    Reply

  4. info non muslim
    Apr 08, 2011 @ 18:47:12

    salh link bozt

    Reply

  5. M Mursyid PW
    Apr 08, 2011 @ 19:47:26

    Lama banget tidak silaturahim ke sini. Moga pak Abdaz sehat selalu.

    Reply

  6. Mediasiana
    Apr 10, 2011 @ 11:15:50

    artikel yang mencerahkan hati dan pikiran ….Semoga kita tergolong orang-orang yang shaleh…amin

    Reply

  7. nurrahman18
    Apr 16, 2011 @ 09:41:30

    belajar sholeh dr sini, lbh baik memang mengajak kesalehan drpd mencela yg dianggap tidak saleh dgn kata lain menganggap diri sudah saleh

    Reply

  8. yanrmhd
    Apr 16, 2011 @ 22:48:20

    semoga makin banyak orang-orang soleh yang masih berdoa untuk kebaikan, sehingga keberkahan masih bis dirasakan penduduk bumi…
    semangat! do the best…😉

    Reply

  9. holichaxor
    Apr 17, 2011 @ 16:10:02

    Amin..amin semoga saja banyak orang yang berdoa untuk kebaikan bersama dunia akherat

    Reply

  10. kopral cepot
    Apr 18, 2011 @ 19:28:50

    Assalamu’alaikum wr.wb
    Pertama, maaf lama tak bersilaturahmi kemari … moga bapak sekeluarga sehat wal afiat.
    Kedua, mohon do’anya untuk senantiasa memiliki spirit kanggo teras ngahontal hidup jalmi nu sholeh … amin
    Ketiga, rindu wejangan n nasehatnyah😉

    Sakali deui hapunten anu kasuhun …

    Reply

  11. setoelkahfi
    Apr 25, 2011 @ 02:39:03

    Nice share, perlu di bookmark blog seperti ini, salam kenal :shakehand
    Kunjung balik + komen blog saya jika berkenan http://setoelkahfi.wordpress.com

    Reply

  12. Harga Hotel Indonesia
    May 03, 2011 @ 17:39:18

    Terima kasih infonya pak

    Reply

  13. Trackback: Award award itu begitu menggoda « Batavusqu
  14. Batavusqu
    May 05, 2011 @ 10:13:24

    Salam Takzim
    Izin menyampaikan Award pak, semoga berkenan
    Salam Takzim Batavusqu

    Reply

  15. IG Jepara
    May 06, 2011 @ 14:59:06

    ikut menyimak artikelnya kang. mohon ijinnya

    Reply

  16. Otak Kanan
    May 07, 2011 @ 12:56:42

    Sungguh luar biasa orang-orang shaleh itu.
    Sukron infonya,,

    Reply

  17. Tivisiana
    May 11, 2011 @ 17:53:09

    Amin..amin semoga saja banyak orang yang berdoa untuk kebaikan bersama dunia akherat

    Reply

  18. Batavusqu
    May 15, 2011 @ 11:53:40

    Apa kabr pak

    Reply

  19. zidnihusna
    Jun 15, 2011 @ 10:10:58

    semoga di jaman ini masih baqnyak orang-orang shaleh.

    Reply

  20. trazo212
    Jul 02, 2011 @ 06:46:25

    Sungguh luar biasa….semoga kita selalu terjaga

    Reply

  21. amin, S
    Jul 03, 2011 @ 22:44:48

    makasih atas infonya boss..
    semoga kita selalu di kasih kesehatan

    Reply

  22. info kesehatan
    Jul 06, 2011 @ 21:11:43

    Terima kasih infonya pak
    ijin bookmark

    Reply

  23. Travel Haji
    Jul 14, 2011 @ 08:16:54

    maksih infonya,…sekarng smakin sulit menemukan org yg soleh,ahli ibadah yg mukhlisisn

    Reply

  24. kerajinanmonel
    Jul 19, 2011 @ 09:50:25

    Subhanallah……….

    Reply

  25. Aries
    Jul 20, 2011 @ 11:35:58

    Terimakasih atas infonya pak. Semoga di balas oleh allah swt

    Reply

  26. Aries
    Jul 20, 2011 @ 11:38:42

    Bagus itu pak

    Reply

  27. tempat berlibur
    Aug 01, 2011 @ 05:55:43

    Makasih pencerahannya pak,,,

    Reply

  28. ardi
    Aug 03, 2011 @ 05:57:17

    doa orang shaleh memang tidak tertolak

    Reply

  29. nbasis
    Aug 07, 2011 @ 03:27:10

    Jadi seleh itu: akidah yang kuat, taqarrub ilallah, bersih dari dosa dan maksiat.

    Reply

  30. Arabic All Videos
    Aug 14, 2011 @ 00:02:49

    salam silaturahmi di bulan ramadhan.. setelah membaca artikel ini mudah2an kita jadi termotivasi lgi untuk berusaha jadi orang yang soleh.. amiiin

    Reply

  31. yusuf
    Aug 14, 2011 @ 13:44:19

    amiin….
    salam silaturahim.

    Reply

  32. galeri tenun troso
    Aug 17, 2011 @ 22:34:14

    sebuah cerita yang bisa buat masukan diri kita,,,,
    makasih atas artikelnya,,,,

    Reply

  33. Nuraeni
    Aug 22, 2011 @ 12:28:55

    artikel yang mencerahkan hati…:)

    Reply

  34. agus
    Aug 23, 2011 @ 10:36:02

    Semoga Allah selalu menjauhkan kita semua dari sifat riya, dan syirik. Amin

    Reply

  35. M Mursyid PW
    Aug 28, 2011 @ 22:05:35

    Selamat Idul Fitri 1432 H. Mohon maah atas segala khilaf.

    Reply

  36. jelly gamat
    Sep 07, 2011 @ 13:29:51

    sebuah artikl, yang menyadarkan da mmotifasi..
    terimakasih atas artikelnya🙂

    Reply

  37. abedsaragih
    Sep 17, 2011 @ 16:21:27

    kunjungan dan komentar balik gan sekalian tukaran link
    saya datang untuk berbagi seputar informasi komputer dan internet

    Reply

  38. jualvcd
    Sep 29, 2011 @ 21:01:21

    TERIMAKASIH artikelnya sangat menarik

    Reply

  39. Membuat Blog Gratis
    Oct 04, 2011 @ 17:24:40

    artikelnya sangat bermanfaat .

    salam kenal🙂

    Reply

  40. Jus Ekstrak kulit Manggis
    Oct 15, 2011 @ 20:44:56

    cerita yang sangat bermanfaat ,,,,

    Reply

  41. ridho
    Oct 31, 2011 @ 10:38:23

    sangat mencerahkan hati… izin mencuplik mas

    Reply

  42. beni
    Nov 17, 2011 @ 15:27:55

    i love islam., forever….

    Reply

  43. Jepara Antique furniture
    Dec 02, 2011 @ 16:56:45

    Motifasi yang membuka Pintu Hati Setiap Umat Muslim
    Amien…Amien… Ya robbal Alamien…

    Reply

  44. kursi jati
    Dec 08, 2011 @ 10:22:41

    artikel yang mencerahkan hati…

    Reply

  45. Supeno PutraAquarius
    Dec 09, 2011 @ 20:54:39

    Gue CINTA islam,, tapi Gue ngga teu bagaimana Cara menCINTAi islam yang sesungguhnya,,, mungkin diSini akan Gue temuin Jawabannya….

    Tolong diBantu ea ?…………

    Reply

  46. abdidobeldntea
    Dec 14, 2011 @ 12:09:16

    Salam kenal …artikelnya sangat bermanfaat…..Jazakallahu khair

    Reply

  47. mebel indonesia
    Dec 19, 2011 @ 12:24:18

    artikelnya bagus gan,,, salam kenal ya

    Reply

  48. furniture-jati
    Dec 26, 2011 @ 22:37:31

    setuju,,,,,

    Reply

  49. patungpahat
    Dec 26, 2011 @ 22:39:43

    terimakasi atas infonya,,
    sangat bagus sekali artikelnya,,,
    salam kenal

    Reply

  50. Toko Furniture Jepara
    Jan 15, 2012 @ 09:01:52

    artikelnya bagus sekali gan! i like it.
    semangat terus semoga sukses….

    Reply

  51. Fajar Y Koswara
    Jan 16, 2012 @ 11:42:29

    Subhanalloh..postingan yang bermanfaat..sangat berkesan..salam kenal dari saya ..syukron

    Reply

  52. agen xamthone plus batam
    Jan 18, 2012 @ 10:37:00

    artikel yang bagus nih pa haji….
    mioga semua doa orang2 apa saja di terima …
    AMIN

    Reply

  53. msulhan
    Feb 23, 2012 @ 21:19:51

    Nice post,salam kenal doa yang tak tertolak:

    doa orang tua pada anaknya
    doa orang yang berpuasa
    doa pemimpin yang adil
    trus apalagi…?

    Reply

  54. Ayu mustika
    Feb 25, 2012 @ 19:20:29

    sangat menyentuh hati..semoga kita semua selalu dalam rahmat dan ampunan Nya..Amin

    http://www.batu-mustika.indonetwork.co.id/jual-beli-delima

    Reply

  55. outbond malang
    Mar 07, 2012 @ 14:49:53

    sangat menyentuh hati🙂

    Reply

  56. Noer Mancunk
    Mar 21, 2012 @ 22:00:12

    Salam Jabat Silaturahmi🙂

    trimaksih infonya,ditunggu kunjungannya yaaa http://www.nurmancunk.wordpress.com

    Reply

  57. Kaligrafi
    Mar 26, 2012 @ 21:51:51

    kok gak diupdate lagi pak??

    Reply

  58. dira
    Apr 10, 2012 @ 15:39:55

    Tulisan yang memotivasi kita utk senantiasa ikhlas dalam setiap amalan. Tks pak. lama tak berkunjung ke blog ini.

    Reply

  59. Jelly Gamat luxor
    Apr 24, 2012 @ 07:04:01

    semoga kita termasuk orang-orang yang sholeh-sholehah amiin ..

    Reply

  60. alfian
    May 02, 2012 @ 09:35:29

    wah bagus juga itu gan…?

    Reply

  61. what is Islam
    May 06, 2012 @ 14:27:55

    Nice man nice nice keep it up. Keep informing about this

    Reply

  62. endang Kusman
    Aug 07, 2012 @ 20:31:21

    Makasih pencerahannya..

    Reply

  63. wunfi
    Aug 19, 2012 @ 21:25:01

    ya pastinya dikabulin oleh Allah. kalau gak didunia pasti diakhirat doanya dikabulin

    Reply

  64. Kamil
    Aug 22, 2012 @ 02:26:37

    Wah pak, mantap nih.. bikin terharu pula..

    semoga saya juga digolongkan menjadi orang-orang sholeh pak😳

    Reply

  65. Zulkifli Rahman
    Sep 21, 2012 @ 23:40:29

    inspiratif..

    Reply

  66. taufikridhoo
    Dec 17, 2012 @ 10:41:01

    Bagus blognya

    Reply

  67. SOLUSI AMAN MENGOBATI VERTIGO
    Dec 27, 2012 @ 12:42:57

    amin… doa orang orang sholeh kan selalu didengar Allah SWT

    Reply

  68. mepo
    Apr 15, 2013 @ 16:53:55

    harus mempelajari lebih dalam dalam tentang hal ini nih.

    Jasa SEO

    Reply

  69. Obat Maag
    Apr 27, 2013 @ 10:55:37

    saya suka bacaan informatif seperti ini,,, lanjutkan

    Reply

  70. obat maag ampuh
    Apr 27, 2013 @ 15:45:43

    terima kasih atas informasi yang telah diberikan

    Reply

  71. obat maag ampuh
    Apr 29, 2013 @ 07:57:01

    ini adalah informasi terbaik, salam kenal ya

    Reply

  72. Furniture Kamar Tidur
    May 03, 2013 @ 06:38:17

    Semoga saja kita semua menjadi orang2 yang shaleh

    Reply

  73. hipnoterapi surabaya
    May 17, 2013 @ 14:35:59

    doa orang shaleh berkah bagi kedia orang tua nya

    Reply

  74. Jasa SEO
    May 22, 2013 @ 14:25:28

    semoga kita menjadi orang2 saleh

    Reply

  75. cara pesan jelly gamat
    May 30, 2013 @ 09:15:05

    makasih banyak yah

    Reply

  76. oba tumor
    Jun 03, 2013 @ 07:35:20

    selamat pagi, terima kasih atas informasi yang telah di berikan, sukses selalu ya

    Reply

  77. SITI FATIMAH AHMAD
    Aug 07, 2013 @ 04:33:40

    Assalaamu’alaikum wr, Bapa Abdul Azizi yang dihormati….

    Subhanallah, lama sekali tidak bersama kita di ruangan maya ini. Didoakan Pak Abdul Aziz sihat dan bahagia bersama keluarga sepanjang Ramadhan dan Syawal yang bakal menjelang.

    Salam sejahtera selalu dari Sarikei, Sarawak.😀

    Reply

  78. carbon monoxide detector beeping
    Aug 19, 2013 @ 21:39:54

    Artikel yang sangat mencerahkan. Saya adalah salah satu pembaca Replubika yang sangat menyukai kolom yang satu ini..

    Reply

  79. Cara Pemesanan Tricajus
    Aug 22, 2013 @ 11:32:10

    artikel yg sangat bermakna🙂

    Reply

  80. Obat Asma
    Sep 04, 2013 @ 11:31:17

    informasi yang kreen banget

    Reply

  81. Kabar Makkah
    Dec 06, 2013 @ 05:06:22

    masyaallah

    Reply

  82. Tozca Leather
    Dec 26, 2013 @ 01:15:10

    doa orang shaleh doa yang mudah di kabulkan artikel bermakna dan bermanfaat..

    Reply

  83. cara mengobati leukemia
    Jan 21, 2014 @ 12:20:47

    doa orang shaleh emang benar2 terbukti

    Reply

  84. hotel murah dijakarta
    Feb 09, 2014 @ 07:12:15

    Thanks a bunch for sharing this with all folks you actually understand
    what you are speaking about! Bookmarked. Please also seek advice from my web site =).
    We may have a link change agreement between us

    Reply

  85. Agen Sbobet
    Apr 08, 2014 @ 08:49:47

    Penuh Inspirasi dan Bermakna

    Reply

  86. kursi rotan
    May 25, 2014 @ 00:40:12

    sangat bermakna dan penuh inspirasi

    Reply

  87. jual tempat tidur
    Jun 07, 2014 @ 03:10:46

    keren banget pkoknya mah

    Reply

  88. sofa tamu rotan
    Jul 15, 2014 @ 01:03:44

    terima kasih banyak untuk infonya

    Reply

  89. Agen Bola Terpercaya
    Jul 18, 2014 @ 17:29:51

    Agen Bola Terpercaya Info Berita Sepakbola, Bursa Pasaran Bola, Jadwal Sepakbola Terupdate.

    Reply

  90. RIZKI OKTOPRIADI
    Jul 21, 2014 @ 00:07:49

    salam ta’aruf, mbak.. saya baru mampir ke sini, eh, sudah closing, yaa?

    Reply

  91. cara mengobati kesemutan
    Sep 09, 2014 @ 09:28:19

    doa orang shaleh biasanya langsung di kabulkan oleh allah swt

    Reply

  92. ricalinu
    Oct 02, 2014 @ 09:09:52

    doa seorang yang shaleh akan selalu di dengar oleh allah swt

    Reply

  93. cara mengobati kram
    Nov 25, 2014 @ 11:29:58

    doa yang bagus sekali

    Reply

  94. Toko Jati
    Nov 27, 2014 @ 22:23:54

    terima kasih atas informasinya pak,saya sangat senang sekali bisa menerima informasi yang anda share

    Reply

  95. cara mengobati asam urat
    Nov 28, 2014 @ 09:44:30

    makasih infonya menambah wawasan

    Reply

  96. cara mengobati flu tulang
    Dec 13, 2014 @ 12:10:13

    kunjungan siang

    Reply

  97. ricalinu
    Dec 18, 2014 @ 09:59:22

    doa yang baik akan jadi doa akan di kabulkan

    Reply

  98. cara mengobati sakit pundak
    Dec 29, 2014 @ 15:30:43

    mantap dan sungguh bermanfaat sekali infonya

    Reply

  99. cara mengobati jari baal
    Feb 19, 2015 @ 09:01:27

    doa yang bagus sekali

    Reply

  100. cara mengobati encok
    Feb 26, 2015 @ 09:09:59

    doa orang shaleh memang bagus

    Reply

  101. Cara Mengobati Pegal Linu
    Apr 22, 2015 @ 10:20:18

    memang bermanfaat sekali infonya

    Reply

  102. Ricalinu
    May 04, 2015 @ 08:14:28

    doa orang shaleh memang luar biasa sekali

    Reply

  103. Cara Mengobati Nyeri Sendi
    May 13, 2015 @ 09:29:35

    menarik dan bermanfaat artikelnya

    Reply

  104. Cara Mengobati Asam Urat
    May 18, 2015 @ 11:03:45

    menambah wawasan sekali artikelnya

    Reply

  105. Cara Menambah Nafsu Makan
    Jul 22, 2015 @ 09:34:52

    doa yang paling indah

    Reply

  106. duniajilbabindonesia
    Sep 21, 2015 @ 23:59:36

    Semoga bisa selalu menjadi panduan kebaikan bagi kita semua🙂 Berani Hijrah Aamiin.

    Reply

  107. agoesman
    Oct 06, 2015 @ 16:16:11

    Sudah lama juga ni blok ditinggalin yg punyeee

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

IP
My Popularity (by popuri.us)
%d bloggers like this: